SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

analisis teks eksposisi tulisan siswa kelas x smk nasional malang tahun ajaran 2014/2015

sutarto - -

Abstrak


Analisis merupakan penguraian terhadap suatu peritiwa (karangan) yang memiliki tujuan untuk mengetahui keadaan yang sebenar-benarnya. Analisis dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tulisan siswa khususnya dalam menulis teks eksposisi.

Penelitian ini dilaksanankan dengan tujuan mendeskripsikan teks eksposisi karyasiswakelas X-TKJ SMK Nasional Malang dalamhalkelengkapan struktur isi, ketepatan rumusan tesis, kesesuaian tesis dengan argumen dan kebenaran simpulan. Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan evaluatif. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif evaluatif. Data dalam penelitian ini berupa tesis, argumen dan simpulan teks eksposisi tulisan siswa. Instrumen yang digunakan untuk menggumpulkan data berupa peneliti sendiri yang dibantu dengan instrumen tambahan, yakni panduan penelaah/analisis. Penggumpulan data dilakukan dengan memberi tes, mengumpulakan, membaca, mengidentifikasi, memasukan hasil ke tabel-tabel dan menganalisis teks eksposisi. Kegiatan analisis data dilakukan dengan tiga tahap pertama, membaca secara keseluruhan. Kudua, menemukan kelengkapan struktur isi, ketepatan tesis, kesesuaian tesis dengan argumen dan kebenaran simpulan. Ketiga, penyajian data.

Berdasarkan paparan, temuan dan pembahasan diperoleh 4 simpulan sebagai berikut. Pertama, kelengkapan struktur isi teks eksposisi tulisan siswa kelas X-TKJ SMK Nasional Malang kategori sangat tepat 60% (12 siswa), tepat 40% (8 siswa), kurang tepat  0% (0 siswa) dan tidak tepat 0% (0 siswa). Kedua, kesesuaian rumusan tesis teks eksposisi tulisan siswa kelas X-TKJ SMK Nasional Malangkategori sangat tepat 40% (8 siswa), tepat 45% (9 siswa), kurang tepat 15% (3 siswa) dan tidak tepat  0% (0 siswa). Ketiga, ketepatan tesis dengan argumen teks eksposisi tulisan siswa kelas X-TKJ SMK Nasional Malang kategori sangat tepat 25% (5 siswa), tepat 30% (6 siswa), kurang tepat 45% (9 siswa) dan tidak tepat 0% (0 siswa). Keempat, kebenaran simpulan teks eksposisi tulisan siswa kelas X-TKJ SMK Nasional Malang kategori sangat tepat 25% (5 siswa), kurang tepat 35% (7 siswa) dan tidak tepat 40% (8 siswa).

Saran disampaian kepada tiga pihak, yakni guru, peneliti dan siswa. Guru terutama guru Bahasa Indonesia diharapkan melakukan perbaikan pembelajaran menulis teks eksposisi. Khususnya dalam kesesuaian tesis dengan argumen dan kebenaran simpulan. Peneliti disarankan melakukan penelitian lain yang dapat menambah teori dalam pembelajaran teks eksposisi. Bagi siswa disarankan lebih giat dalam belajar khususnya dalam menulis teks eksposisi.