SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Siswa dalam Menulis Esai Berbahasa Indonesia (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Program Studi Bahasa SMA Negeri 1 Malang Tahun Ajaran 2005/2006)

Rochima Firmadhonna

Abstrak


Esai merupakan karya sastra yang khas. Kekhasan esai terutama terlihat pada segi isi, penalaran, dan bahasa. Menulis esai adalah kegiatan menghasilkan karya tulis berbentuk prosa yang membahas secara sepintas lalu suatu permasalahan yang menarik perhatian berdasarkan gagasan atau pemikiran penulis. Secara umum, menulis esai dapat melatih siswa untuk berpikir logis, kritis, dan sistematis. Penelitian ini bertujuan memaparkan kemampuan siswa kelas XI Program Studi Bahasa SMA Negeri 1 Malang Tahun Ajaran 2005/2006 dalam menulis esai berbahasa Indonesia.

            Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI Program Studi Bahasa SMA Negeri 1 Malang dalam menuangkan isi, menggunakan penalaran, menggunakan bahasa, dan menggunakan sistematika penulisan yang tepat ketika menulis esai berbahasa Indonesia dengan rangsangan tema bebas, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI Program Studi Bahasa SMA Negeri 1 Malang dalam menuangkan isi, menggunakan penalaran, menggunakan bahasa, dan menggunakan sistematika penulisan yang tepat ketika menulis esai berbahasa Indonesia dengan rangsangan beberapa pilihan tema yang telah ditentukan, dan (3) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI Program Studi Bahasa SMA Negeri 1 Malang dalam menuangkan isi, menggunakan penalaran, menggunakan bahasa, dan menggunakan sistematika penulisan yang tepat ketika menulis esai berbahasa Indonesia dengan rangsangan beberapa pilihan tema dan kerangka tulisan yang telah ditentukan.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan deskriptif studi kasus. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data kuantitatif dan sumber data kualitatif. Sumber data kuantitatif berasal dari data utama berupa hasil penilaian (skor) atas tulisan esai siswa kelas XI Program Studi Bahasa SMA Negeri 1 Malang tahun ajaran 2005/2006 dan dari data pendukung berupa jawaban angket tertutup, sedangkan sumber data kualitatif berasal dari data pendukung berupa jawaban angket terbuka yang diberikan oleh siswa. Data berupa (1) skor hasil tes menulis esai berbahasa Indonesia dengan tema bebas, (2) skor hasil tes menulis esai berbahasa Indonesia dengan beberapa pilihan tema yang telah ditentukan, dan (3) skor hasil tes menulis esai berbahasa Indonesia dengan beberapa pilihan tema dan kerangka tulisan yang telah ditentukan. Data dari angket berupa pendapat siswa tentang (1) tes menulis esai berbahasa Indonesia dengan tema bebas, (2) tes menulis esai berbahasa Indonesia dengan beberapa pilihan tema yang telah ditentukan, dan (3) tes menulis esai berbahasa Indonesia dengan beberapa pilihan tema dan kerangka tulisan yang telah ditentukan, dan (4) upaya-upaya yang dilakukan siswa agar menulis menjadi kegiatan yang mudah dan menyenangkan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan penyebaran angket kepada siswa. Analisis data utama dilakukan dengan langkah (1) persiapan, (2) tabulasi, dan (3) penilaian; sedangkan analisis data pendukung dilakukan dengan langkah (1) kategorisasi dan (2) persentase.

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) dalam menulis esai berbahasa Indonesia dengan tema bebas, siswa kelas XI Program Studi Bahasa tergolong mampu, karena 87% siswa memperoleh nilai cukup baik, baik, dan sangat baik, (2) dalam menulis esai berbahasa Indonesia dengan beberapa pilihan tema yang telah ditentukan, siswa kelas XI Program Studi Bahasa tergolong sangat mampu, karena 100% siswa memperoleh nilai cukup baik, baik, dan sangat baik, (3) dalam menulis esai berbahasa Indonesia dengan beberapa pilihan tema dan kerangka tulisan yang telah ditentukan, siswa kelas XI Program Studi Bahasa tergolong sangat mampu, karena 100% siswa memperoleh nilai cukup baik, baik, dan sangat baik. Berdasarkan data dari angket, dapat diketahui bahwa (1) 37% siswa mengalami kesulitan dalam menulis esai berbahasa Indonesia dengan tema bebas, (2) 21% siswa mengalami kesulitan dalam menulis esai berbahasa Indonesia dengan beberapa pilihan tema yang telah ditentukan, dan (3) 29% siswa mengalami kesulitan dalam menulis esai berbahasa Indonesia dengan beberapa pilihan tema dan kerangka tulisan yang telah ditentukan. Adapun upaya-upaya yang dilakukan siswa antara lain (1) 42% siswa akan menentukan tema tulisan terlebih dahulu, lalu mengumpulkan bahan-bahan tulisan (referensi) yang diperlukan, (2) 37% siswa akan menentukan tema dan outline-nya, kemudian mengumpulkan bahan-bahan tulisan (referensi) yang diperlukan, dan (3) 21% siswa akan menentukan judulnya dulu, baru menentukan tema. Pencapaian kemampuan siswa bergantung kepada beberapa faktor, yaitu (1) faktor psikologis siswa, (2) faktor kognitif siswa, (3) faktor afektif siswa, dan (4) faktor psikomotorik siswa.

            Berdasarkan penelitian ini, dapat disarankan kepada siswa agar

menentukan tema dan kerangka karangan terlebih dahulu jika ditugaskan menulis karangan tanpa tema. Kepada Guru Bahasa Indonesia, disarankan agar lebih intensif lagi membelajarkan teknik menulis kreatif kepada siswa. Kepada peneliti lanjutan, disarankan untuk mengadakan penelitian terhadap kemampuan menulis esai dengan variasi metode atau rumusan masalah yang berbeda. Kepada pembaca, penelitian ini dapat digunakan oleh pembaca khususnya mahasiswa sebagai informasi tentang kemampuan menulis esai berbahasa Indonesia siswa kelas XI Program Studi Bahasa SMA Negeri 1 Malang tahun ajaran 2005/2006.


Teks Penuh: DOC