SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI NOVEL REMAJA DENGAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM NURUL HUDA MALANG

Alifia Agustin

Abstrak


i
ABSTRAK
Agustin, Alifia. 2009. Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Novel Remaja
dengan Strategi Cooperative Learning Jigsaw pada Siswa Kelas VIII
SMP Islam Nurul Huda Malang Tahun Ajaran. Skripsi, Jurusan Sastra
Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr.
Mujianto, M.Pd.
Kata kunci: kemampuan mengapresiasi novel remaja, cooperative learning,
jigsaw.
Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk dapat meningkatkan sumber
daya manusia dan mengembangkan potensi diri. Salah satu jalur pendidikan yang
dapat ditempuh adalah jalur pendidikan formal yang memiliki beberapa jenjang
dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan
Perguruan Tinggi. Jenjang pendidikan tersebut memiliki tingkatan dalam
memberikan materi pembelajaran guna meningkatkan kualitas Sumber Daya
Manusia (SDM). Demikian pula yang terjadi dalam mata pelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia di sekolah. Dalam pembelajarannya, ada empat keterampilan
yang harus dikuasai siswa sebagaimana tercantum dalam materi sosialisasi
Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, yakni keterampilan
mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Sebagaimana tercantum dalam
standar Isi, salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa adalah keterampilan
bebricara. Adapun salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mengasah
keterampilan berbicara adalah kemampuan mengapresiasi novel remaja pada
siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.
Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran
mengapresiasi novel remaja adalah model cooperative learning dengan strategi
jigsaw. Untuk mengetahui kemampuan mengapresiasi novel siswa kelas VIII
dilaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Secara umum penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi novel ramaja dengan
penerapan cooperative learning dengan strategi jigsaw pada siswa kelas VIII SMP
Islam Nurul Huda Malang. Adapun fokus penelitian terletak pada apakah
penerapan cooperative learning dengan strategi jigsaw dapat meningkatkan
kemampuan siswa dalam menentukan tokoh dan penokohan, setting/latar, tema,
dan mengomentari novel remaja.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pada dan jenis
penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas digunakan untuk
meningkatkan kemampuan mengapresiasi novel siswa dengan memberikan
sebuah tindakan berupa penerapan cooperative learning dengan strategi jigsaw.
Penelitian dilakukan di SMP Islam Nurul Huda Malang pada bulan Oktober 2009.
Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah lembar penilaian
proses, human instrumen, dan catatan lapangan aktivitas siswa dan guru. Adapun
data penelitian ini adalah nilai kemampuan menentukan tokoh dan penokohan
ii
novel, menentukan setting/latar novel, tema novel, dan kemampuan mengomentari
novel yang dibaca secara lisan.
Hasil penelitian penerapan cooperative learning dengan strategi jigsaw
terhadap kemampuan mengapresiasi novel siswa menunjukkan hasil yang positif.
Penerapan cooperative learning dengan strategi jigsaw dapat meningkatkan
kemampuan mengapresiasi novel remaja pada tahap menentukan tokoh dan
penokohan, tahap menentukan setting/latar, tahap menentukan tema, dan tahap
mengomentari novel yang telah dibaca. Penelitian ini menunjukkan adanya hasil
yang baik pada perkembangan penggunaan model dan strategi pembelajaran
dalam kegiatan belajar mengajar. Saran bagi guru adalah hendaknya model
cooperative learning dengan strategi jigsaw ini diterapkan dalam pembelajaran
mengapresiasi novel dengan lebih inovatif dan kreatif. Saran bagi peneliti lain,
hendaknya mencoba mengembangkan model pembelajaran yang lain untuk
meningkatkan kemampuan mengapresiasi novel siswa agar ada perkembangan ke
arah yang lebih baik dalam dunia pendidikan kita.

Teks Penuh: DOC PDF