SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Garum Blitar Tahun Ajaran 2014/2015

Monika Shinta Omega

Abstrak


ABSTRAK

 

Omega, Monika Shinta. 2014. Kemampuan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Garum Blitar Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Widodo Hs, M.Pd. (2) Karkono, S.S., M.A.

 

Kata kunci: menulis, aksara Jawa, pembelajaran menulis

 

Menulis aksara Jawa sudah diajarkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Garum Blitar. Pedesaan identik dengan peninggalan budaya yang masih kental dalam masyarakatnya. Letak sekolah yang berada di pedesaan menarik peneliti untuk meneliti kemampuan menulis aksara Jawa siswa yang duduk di bangku kelas VII. Penelitian ini berjudul “Kemampuan Menulis aksara Jawa Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Garum Blitar Tahun Ajaran 2014/2015”. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif deskriptif. Data yang berupa nilai didapat dari hasil kerja siswa pada tes instrumen yang sudah divalidasi. Data diolah dengan rumus statistik sederhana dengan Penilaian Acuan Patokan (PAP).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, siswa mampu dalam menulis aksara Legena dan Sandhangan. Skor diperoleh dengan nilai rata-rata siswa yaitu 93 dengan kualifikasi nilai sangat baik. Kedua, siswa mampu dalam menulis aksara Pasangan. Skor diperoleh dengan nilai rata-rata siswa yaitu 87 dengan kualifikasi nilai baik. Ketiga, siswa mampu dalam menulis aksara mawa panambang. Skor diperoleh dengan nilai rata-rata siswa yaitu 85 dengan kualifikasi nilai baik. Keempat, siswa mampu dalam menulis aksara mawa ater-ater. Skor diperoleh dengan nilai rata-rata siswa yaitu 84 dengan kualifikasi nilai cukup. Secara umum, kemampuan menulis aksara Jawa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Garum Blitar memiliki kualifikasi baik karena nilai rata-rata seluruh kemampuan sudah melampaui nilai KKM 78, yakni 86. Adapun kekurangan 6,25% pada kemampuan menulis aksara Legena dan Sandhangan, 18,75% pada kemampuan menulis aksara Pasangan dan kemampuan menulis aksara mawa panambang, dan 28,125% pada kemampuan menulis aksara mawa ater-ater.