SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Pembelajaran Teks Prosedur

Nurul Khotimah

Abstrak


ABSTRAK

 

Khotimah, Nurul. 2015. Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Pembelajaran Teks Prosedur. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd (2) Drs. Dwi Saksomo, M.Si

 

Kata kunci: media, permainan, ular tangga, pembelajaran teks prosedur

 

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk permainan ular tangga untuk pembelajaran teks prosedur. Tujuan umum tersebut kemudian dijabarkan menjadi beberapa tujuan khusus, yaitu (1) mengembangkan media permainan ular tangga untuk pembelajaran teks prosedur yang memenuhi kelayakan isi, (2) mengembangkan media permainan ular tangga untuk pembelajaran teks prosedur yang memuhi kelayakan struktur, dan (3) mengembangkan media permianan ular tangga yang memenuhi kelayakan tampilan. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan rancangan penelitian pengembangan model pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi. Prosedur pengembangan tersebut terdiri dari: (1) pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) mengembangkan produk, (4) validasi ahli dan praktisi (5) revisi produk, (6) melakukan uji produk, serta (7) desiminasi produk. Validasi media dilakukan terhadap tiga validator, yaitu: ahli, praktisi, dan siswa. Jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli, praktisi, dan siswa terhadap produk. Data kualitatif tertulis berupa catatan, komentar, kritik, dan saran-saran yang telah dituliskan oleh subjek uji pada angket penilaian; sedangkan data kualitatif lisan berupa informasi yang disampaikan secara lisan ketika wawancara dengan ketiga kelompok uji. Angket penilaian dan pedoman wawancara bebas digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil pengembangan pada penelitian ini terdiri atas tiga aspek. Pertama, aspek isi yang menghasilkan kartu wawasan, kartu pertanyaan, dan buku petunjuk. Kedua, aspek struktur yang menghasilkan: (1) susunan petak yang telah disesuaikan dengan indikator dan rentangan maksimal dadu, (2) susunan pertanyaan sesuai dengan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran, (3) susunan materi yang sesuai dengan pembelajaran, (4) peletakan gambar ular dan tangga yang telah disesuaikan dengan urutan petak, dan (5) sistematika permainan. Ketiga, aspek tampilan yang menghasilkan tampilan papan permainan, tampilan kartu perintah, tampilan buku pintar, tampilan buku panduan permianan, tampilan buku panduan guru, tampilan pion, tampilan dadu, serta tampilan kemasan produk.

Hasil uji produk dengan uji validasi dan uji lapangan, dapat menghasilkan skor: (1) hasil uji media aspek isi memperoleh skor total 91% dengan kualifikasi valid dan dapat diimpelementasikan, (2) hasil uji media aspek struktur memperoleh skor total 87,4% dengan kualifikasi valid dan dapat diimplementasikan, dan (3) hasil uji media aspek tampilan mendapatkan memperoleh skor total 86,4% dengan kualifikasi valid dan dapat diimplementasikan. Berdasarkan komentar dan saran perbaikan ahli dan praktisi, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, yakni (1) aspek isi dengan mengganti jenis huruf dan ukuran huruf pada soal latihan agar menarik dan mudah dibaca, (2) aspek struktur denga penambahan waktu pembelajaran, dan (3) aspek tampilan dengan memperbaiki ukuran papan lebih lebar, memperbaiki ketebalan kartu media, mengganti dadu dan pion dengan material yang lebih berat.

Simpulan penelitian pengembangan ini adalah media permian ular tangga untuk pembelajaran teks prosedur menunjukan bahwa produk tergolong layak dan siap diimplementasikan dalam pembelajaran teks prosedur siswa kelas VIII SMP/Mts. Langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan adalah, (1) guru disarankan untuk memanfaatkan media ini sebagai media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia serta (2) peneliti lain disarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran teks lain. Selanjutnya, penyebarluasan produk dapat dilakukan dengan cara menerbitkan artikel ilmiah yang dikoordinasi oleh Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra melalui media internet.