SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA/SMK Kelas Xt

Anisa Isdiarini

Abstrak


ABSTRAK

 

Isdiarini, Anisa. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA/SMK Kelas X. Skripsi, Jurusan Sastra  Indonesia  Fakultas Sastra Universitas Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurchasanah, M.Pd, (II) Prof. Dr. Imam Suyitno. M.Pd.

 

Kata kunci: multimedia interaktif, menulis, teks eksposisi

 

Pembelajaran Bahasa Indonesia mengajarkan empat keterampilan berbahasa yaitu membaca, menyimak, menulis, dan berbicara. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada keterampilan menulis teks eksposisi. Latar belakang penelitian pengembangan ini adalah masih terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Pembelajaran menulis teks eksposisi masih bersifat teoretis. Guru kurang membelajarkan keterampilan menulis pada siswa. Guru belum menggunakan media dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Selain kendala yang dialami oleh guru, siswa juga mengalami beberapa kendala. Siswa kurang tertarik dan jenuh dengan pembelajaran menulis teks eksposisi.

Tujuan umum dari penelitian ini adalah menghasilkan produk multimedia interaktif pembelajaran menulis teks eksposisi. Sedangkan tujuan khususnya adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan siswa untuk mengembangkan produk multimedia interaktif, (2) mengembangkan multimedia pembelajaran menulis teks eksposisi, (3) mengembangkan buku panduan pemanfaatan multimedia, dan (4) mendeskripsikan hasil uji cobaproduk.

Model dari penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan media Sadiman. Model penelitian dan pengembangan ini dirumuskan dalam langkah-langkah berikut (1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) merumuskan tujuan instruksional, (3) pengembangan materi pembelajaran, (4) pengembangan alat evaluasi media, (5) penyusunan naskah media, (6) produksi media, (7) uji coba media, dan (8) revisi media.

Uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) ahli materi teks eksposisi, (2) ahli media pembelajaran, (3) praktisi, yakni guru Bahasa dan Sastra Indonesia, dan (4) lapangan, yakni siswa kelas X SMK 2 PGRI Malang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif merupakan data yang diperoleh dari skor pada angket yang pada saat uji produk. Sedangkan data kualitatif berupa saran dan komentar yang dituliskan oleh subjek uji pada saat uji produk.

Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari angket penilaian, (2) mentranskrip data verbal lisan, (3) menghimpun, menyeleksi, dan mengklasifikasikan data verbal lisan berdasarkan kelompok uji, dan (4) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan. Sedangkan analisis data kuantitatif dengan menghitung perolehan skor pada angket yang diberikan kepada subjek uji.

Uji produk oleh ahli menulis teks eksposisi menghasilkan rata-rata 78,9%, rata-rata uji oleh ahli media 81,5%, rata-rata uji produk oleh praktisi 87,5%, dan rata-rata uji produk oleh siswa 92,4%. Berdasarkan hasil uji tersebut produk tergolong layak dan siap untuk diimplementasikan. Akan tetapi, ada beberapa aspek yang perlu direvisi dan ditambahkan berdasarkan komentar dan saran perbaikan dari ahli.

Simpulan dari penelitian ini adalah produk multimedia interaktif pembelajaran menulis teks eksposisi yang dikembangkan oleh peneliti tergolong layak dan siap untuk diimplementasikan. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan,  guru disarankan untuk menggunakan multimedia interaktif ini dalam pembelajaran menulis teks eksposisi.

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Isdiarini, Anisa. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA/SMK Kelas X. Skripsi, Jurusan Sastra  Indonesia  Fakultas Sastra Universitas Malang. Supervisor: (I) Dr. Nurchasanah, M.Pd., (II) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd.

 

Keyword: interactive multimedia, writing, exposition text

 

In Indonesian language, there are four skills that be taught, they are reading, listening, writing and speaking. In this research, researcher focused on writing skill in exposition text. The background of the development of this research is there are some problems in writing an exposition text. The learning methods of exposition text still use theoretical system. The teachers are not focused on the students’ skill. Teachers have not used the media in learning process of writing an exposition text. The problem also comes from the students. Students are not interested to learn how to write an exposition text. They feel bored with theoretical system that used in writing an exposition text.

General purpose of this research is to produce interactive multimedia product in learning to write exposition text. Meanwhile, the specific purposes are (1) to describe the students’ need for developing interactive multimedia product, (2) develop the multimedia in writing exposition text, (3) develop the guide book of the development of multimedia, and (4) to describe the product through the test.

The model of this research development is use the research procedure and media development Sadiman. The model of research and development are describe in this steps (1) analyze the needs and the characteristic of the students, (2) make the instructional objective, (3) develop the learning subject, (4) development of evaluation media tools, (5) arrange the media script, (6) product the media, (7) test the media, and (8) media revision.

Test of the product consist of (1) the expert of exposition text, (2) the expert of media of learning, (3) practitioner, teacher of Indonesian language, (4) the field, students in grade X in SMK 2 PGRI Malang.In this research, the type of the data is quantitative and qualitative. Quantitative data is based on the score in questionnaire when the test is conduct. Meanwhile, the qualitative data is from the suggestion and comments that written by the subject of the test.

To analyze the qualitative data, researcher use the steps (1) collect the written verbal data that given from the questionnaire, (2) transcript the spoken verbal data, (3) collecting, selecting, and classify spoken verbal data based on test group, and (4) analyze the data make a conclusion of the analysis for the basic to do the next steps of the product that developed. Meanwhile, researcher counts the score in the questionnaire in this subject in quantitative data analysis.

Product test by the experts of writing exposition text have an average of 78,9%, average test by media expert is 81,5%, average of product test by the practitioner is 87,5%, the average of product test by the students is 92,4%. Based on that score, product is worth to be implemented. But, there are some aspects that need a revision and add the information based on the comment and the suggestion from the experts.

The conclusion of this research is interactive multimedia product of writing an exposition text that developed by researcher is worth to be implemented. As the steps of the use of the product, teachers are suggested to use this interactive multimedia in the learning process of writing an exposition text.