SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Citra Perempuan dalam Kumpulan Cerpen "Jangan Main-main (dengan Kelaminmu) Karya Djenar Maesa Ayu

Fajar Dwi Mulianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Mulianto, Fajar Dwi. 2015. Citra Perempuan dalam Kumpulan Cerpen Jangan Main-main (dengan Kelaminmu). Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunoto, M.Pd, (II) Karkono, S.S., M.A.

 

Kata kunci: Perempuan, Citra diri, Citra Sosial.

 

Pada dasarnya perempuan sama dengan laki-laki, yaitu sama-sama memiliki masalah tersendiri. Terkadang,masalah yang dihadapi perempuan lebih rumit daripada yang dihadapi laki-laki.  Hal tersebut tergambar dalam karya sastra. Karya sastra adalah replika kehidupan nyata. Meskipun fiksi, persoalan yang diangkat dalam karya sastra tentu tidak lepas dari kehidupan perempuan dalam dunia nyata. Jangan Main-main (dengan Kelaminmu) adalah karya sastra berupa kumpulan cerpen yang mencitrakan perempuan berbeda denganperempuan dalam konstruksi sosial masyarakat Indonesia.

 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan duahal dalam kumpulan cerpen Jangan Main-main (dengan Kelaminmu) karya Djenar Maesa Ayu, yaitu citra diri perempuan dan citra sosial perempuan. Citra diri perempuan ditinjau dari aspek fisik dan psikis. Sedangkan citra sosial perempuan ditinjau dari aspek peran dalam masyarakat danperan dalam keluarga.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kritik sastra feminis. Sumber data pada penelitian ini yaitu kumpulan cerpen Jangan Main-main (dengan Kelaminmu) karya Djenar Maesa Ayu. Data penelitian ini berupa dialog, monolog, dan narasi dalam kumpulan cerpen Jangan Main-main (dengan Kelaminmu). Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis cerpen secara intensif. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, namun penulis menggunakan instrumen pembantu berupa kodifikasi dan tabel panduan analisis. Kegiatan analisis dimulai dari tahap identifikasi, mengodifikasi data, menganalisis data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh empat hasil penelitian sebagai berikut. 1) Ditinjau dari aspek fisik, Djenar menciptakan citra perempuan yang tidak beruntung secara fisik dalam konstruksi sosial sebagai tokoh protagonis yang melawan dominasi laki-laki dan menciptakan citra perempuan yang beruntung secara fisik dalam konstruksi sosial sebagai tokoh antagonis yang melanggar moral, 2) ditinjau dari aspek psikis, Djenar menciptakan tokoh perempuan yang kuat tetapi masih menunjukkan ketersiksaan perempuan dari belenggu budaya patriarki,3) ditinjau dari aspek peran dalam masyarakat, Djenar menciptakan citra perempuan dengan peran yang bertentangan dengan moral budaya Indonesia seperti pacar gelap, selingkuhan, dan pelacur, dan 4) ditinjau dari aspek peran dalam keluarga, Djenar menciptakan citra perempuan dengan peran sebagai istri, anak, dan ibu yang selalu tertindas oleh sikap laki-laki dalam keluarga.

Bedasarkan hasil penelitian melalui empat aspek tersebut, dapat disimpulkan sebagai berikut. Citra perempuan dalam kumpulan cerpen Jangan Main-main (dengan Kelaminmu)menunjukkan bahwa secara fisik perempuan yang dicitrakan adalah sempurna, secara psikis yang dicitrakan adalah perempuan tersakiti, secara peran dalam masyarakat yang dicitrakan adalah perempuan menantang moral, dan secara peran dalam keluarga perempuan yang dicitrakan adalah perempuan tertindas.Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai tambahan wawasan tentang dunia perempuan bagi pembaca sastra, pengajar sastra, peneliti lain, dan masyarakat umum.