SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

POLA PENGEMBANGAN TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ENIF NURUL KHOIRUBIANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Khoirubianti, Enif Nurul. 2015. Pola Pengembangan Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri malang. Pembimbing: (I) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd, (II) Dr. Titik Harsiati, MPd.

 

Kata kunci: pola pengembangan, teks eksposisi

 

Teks eksposisi merupakan paparan bahasa yang menggunakan struktur atau pola pengembangan tertentu. Kegunaan teks eksposisi adalah untuk menjelaskan dan mengklarifikasi persoalan yang tengah dibahas dengan menyertakan beberapa pendapat penulis dalam menanggapi persoalan tersebut. Melalui kegiatan menulis teks eksposisi, siswa SMA kelas X diharapkan dapat bersikap aktif dan produktif dengan berani mengungkapkan pendapatnya secara pribadi terkait persoalan tentang topik tertentu kedalam bentuk tulis yang sesuai dengan struktur teks tersebut. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan pola pengembangan paragraf tesis, argumen, dan simpulan teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang tahun pelajaran 2014/2015.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber tertulis berupa teks eksposisi yang diproduksi oleh siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa pola pengembangan paragraf tesis, argumen, dan simpulan yang diproduksi oleh siswa. Tahapan analisis data pada penelitian ini adalah identifikasi, pengkodean, klasifikasi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi merupakan teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga simpulan sebagai berikut. Pertama, pola pengembangan paragraf tesis yang digunakan oleh siswa terdiri dari satu pola sampai dua pola pengembangan paragraf. Kedua, pola pengembangan paragraf argumen yang digunakan oleh siswa terdiri dari satu pola sampai dua pola pengembangan paragraf. Ketiga, pola pengembangan paragraf simpulan terdiri dari pola penegasan kembali, pola rekomendasi, dan pola ringkasan.

Saran penelitian ini ditujukan kepada dua pihak, yaitu guru bahasa Indonesia dan peneliti selanjutya. Bagi guru bahasa Indonesia disarankan agar melakukan tindak lanjut dalam pembelajaran menulis teks eksposisi, terutama pada aspek ketepatan pemilihan penggunaan pola pengembangan paragraf yang sesuai dengan pola pengembangan paragraf pada teks eksposisi. Bagi peneliti lainnya disarankan untuk mengembangkan penelitian baru yang masih berkaitan dengan permasalahan struktur isi pada teks eksposisi, khususnya yang berkaitan dengan pola pengembangan paragraf.