SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pola Kalimat Bahasa Indonesia dalam Karangan Siswa Kelas VII MTs Almaarif 01 Singosari

Devilla Widya Aryanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Aryanti, Devilla Widya. 2015. Pola Kalimat Bahasa Indonesia dalam Karangan Siswa Kelas VII MTs Almaarif 01 Singosari. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunaryo Hs., S.H. MHum (2) Dr. Mudjianto, M.Pd.

 

Kata Kunci: struktu frasa, fungsi sintaktis, pola kalimat

 

Kalimat merupakan rangkaian kata-kata yang disususn berdasarkan kaidah tata kalimat yang menduduki fungsi sintaktis tertentu. Fungsi sintaktis yang terdapat pada kalimat yaitu fungsi subjek (S), predikat (P), objek (O), pelengkap (Pel), dan keterangan (Ket). Rangkain kata-kata yang menduduki fungsi sintaktis pada sebuah kalimat disebut dengan pola kalimat. Sekurang-kurangnya kalimat dalam ragam lisan maupun tulis harus memiliki pola subjek (S) dan predikat (P). Jika tidak memiliki unsur tersebut, maka kalimat menjadi tidak bermakna. Penelitain ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur frasa dalam kalimat karangan siswa, (2) mendeskripsikan fungsi-fungsi sintaktis kalimat dalam karangan siswa, dan (3) mendeskripsikan pola kalimat dalam karangan siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sesain penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan tiga instrument, yaitu tes, panduan pengumpulan data, dan petunjuk analisis data. Berdasarkan analisis data, ditemukan tiga hasil penelitian. Pertama, struktur frasa kalimat dalam karangan siswa, yaitu struktur frasa fungsi S berupa kata, kelompok kata, dan bervalensi kata atau FB, struktur frasa fungsi P berupa kata, kelompok kata, dan bervalensi kata atau FB, struktur frasa fungsi O berupa kata, kelompok kata, dan bervalensi kata atau FB, strukur frasa fungsi Pel berupa kata, kelompok kata, dan bervalensi kata atau FB, dan struktur frasa fungsi Ket berupa kata dan kelompok kata. Berdasarkan pembentuk fungsi sintaktis S, P, O, Pel, dan Ket ditemukan struktur frasa fungsi sintaktis S berupa frasa benda (FB), kata benda (KB) dan klausa, struktur frasa fungsi P berupa frasa benda (FB), frasa kerja (FK), frasa sifat  (FS), frasa bilangan (FBil), kata benda (KB), kata kerja (KK), dan kata sifat (KS), struktur frasa fungsi O berupa frasa benda (FB) dan kata benda (KB), struktur frasa fungsi Pel berupa frasa benda (FB), frasa sifat (FS), frasa bilangan (FBil), frasa depan (FD), kata sifat (KS), dan kata kerja (KK), dan struktur frasa fungsi  Ket berupa frasa benda (FB), frasa sifat (FS), frasa depan (FD), dan kata sifat (KS). Kedua, fungsi-fungsi sintaktis kalimat dalam karangan siswa, yaitu kalimat-kalimat yang memiliki fungsi sintaktis subjek (S), predikat (P), objek (O), pelengkap (Pel), dan keterangan (Ket). Unsur-unsur sintaktis pembentuk kalimat tersebut dapat dibedakan menjadi unsur wajib yaitu unsur S dan P dan unsur tak wajib yaitu O, Pel, dan Ket. Ketiga, pola kalimat dalam karangan siswa, pola kalimat tunggal dan pola kalimat luas.

Siswa sebagai pembelajar yang aktif disarankan agar banyak berlatih menulis kalimat dengan memperhatikan pola kalimat yang digunakan dan lebih mempelajari kaidah-kaidah tata kalimat dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Guru sebagai pendidik disarankan agar turut melatih keterampilan menulis siswa terkait penggunaan pola kalimat dengan cara memberikan latihan menulis karangan dengan memperhatikan kaidah-kaidah tata kalimat dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar serta mengoreksi kembali kalimat-kalimat dalam karangan siswa agar terjadi perbaikan pada proses belajar mengajar selanjutnya.