SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Keragaman Diksi Teks Pantun Berdasarkan Teori Ruang Persepsi Manusia Model Halley

Novia Anggraini

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraini, Novia. 2015. Analisis Keragaman Diksi Teks Pantun Berdasarkan Ruang Persepsi Manusia Model Haley. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Maryaeni, M. Pd. (II) Dra. Hj. Ida Lestari, M. Si.

 

Kata kunci: diksi, teks pantun, ruang persepsi manusia

 

Pantun adalah salah satu bentuk puisi lama asli Indonesia. Pada kurikulum 2013, pembelajaran teks pantun diajarkan di kelas XI SMA. Pantun yang dihasilkan oleh siswa kelas XI SMA akan mencerminkan tingkat imajinasi siswa yang tertuang melalui diksi yang digunakan. Diksi (pilihan kata) merupakan salah satu unsur penting dalam penciptaan suatu pantun. Dikatakan penting karena kata-kata yang dipilih haruslah dapat mewakili substansi atau maksud yang hendak disampaikan. Ruang persepsi manusia yang mempengaruhi daya cipta siswa terhadap pemilihan diksi akan dimulai dari lingkungan terdekat sampai ke lingkungan terjauh, dan berlangsung secara hierarkhis. Hierarkhi ruang persepsi manusia berdasarkan model Haley dibagi menjadi sembilan bagian, yaitu (1) kategori human, (2) kategori animate, (3) kategori living, (4) kategori object, (5) kategori terrestrial, (6) kategori substance, (7) kategori energy, (8) kategori cosmos, dan (9) kategori being.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan keragaman diksi dalam teks pantun karya siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Malang tahun pelajaran 2014/2015yang didasarkan pada teori ruang persepsi manusia model Haley.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis analisis dokumen. Data dalam penelitian ini ialah data verbal yang berupa diksi teks pantun yang dihasilkan oleh siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Malang tahun pelajaran 2014/2015. Teknik yang digunakan pada penelitian ini ialah pengumpulan dokumen teks pantun yang telah ditulis siswa pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan dokumen teks pantun ini dibantu oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 4 Malang. Langkah-langkah pengumpulan data yaitu (1) memberi tugas kepada siswa untuk mengumpulkan kembali teks pantun yang telah ditulis pada semester gasal, dan (2) mengumpulkan semua teks pantun dari siswa kelas XI IPA, XI IPS, dan XI Bahasa. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri atas (1) tahap reduksi, (2) tahap penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan melakukan ketekunan analisis data. Hasil analisis dibaca berulang-ulang oleh peneliti sebanyak tiga kali untuk menjamin validitas isi penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kategori keragaman diksi dalam teks pantun karya siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Malang menurut teori ruang persepsi manusia model Haley menunjukkan urutan kategori sebagai berikut: (1) human, (2) living, (3) animate, (4) terrestrial, (5) being, (6) cosmos, (7) object, (8) energy, dan (9) substance. Kategori human (311 data) meliputi subkategori jasad manusia, aktivitas badaniah manusia, aktivitas intelektual manusia, dan sifat-sifat manusia, dengan subkategori terbanyak aktivitas badaniah manusia. Kategori urutan kedua, ketiga, dan keempat yang paling banyak digunakan siswa yaitu kategori living, animate, dan terrestrial. Kategori living (29 data) meliputi subkategori tanaman hias, tanaman keras, tanaman konsumtif, dan tanaman liar, dengan subkategori terbanyak tanaman konsumtif. Kategori animate (23 data) meliputi subkategori binatang bersayap, binatang melata, binatang air, dan binatang berkaki empat, dengan subkategori terbanyak binatang berkaki empat. Kategori terrestrial (20 data) meliputi subkategori litosfer, hidrosfer, dan biosfer, dengan subkategori terbanyak biosfer. Kategori kelima, keenam, ketujuh, kedelapan, dan kesembilan ditempati oleh kategori being, cosmos, object, energy, dan substance. Kategori being sebanyak 18 data, kategori cosmos sebanyak 13 data, kategori object sebanyak 8 data, kategori energy sebanyak 5 data, kategori substance sebanyak 3 data.

Berdasarkan temuan penelitian dapat diberikan saran kepada (1) tenaga pendidikan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan (2) peneliti lain. Pertama, bagi tenaga pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia diharapkan untuk menciptakan strategi pembelajaran yang bisa mengarahkan siswa agar lebih mampu mengeksplor dan memperkaya perbendaharan kosakata ketika menulis teks pantun. Tenaga pendidik diharapkan bisa mengarahkan siswa untuk menggunakan kosakata mata pelajaran lain, seperti kosakata di bidang Fisika, Biologi, Geografi, Ekonomi, dan sebagainya agar diksi yang digunakan pada teks pantun siswa lebih kaya dan beragam.Kedua, dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat kesenjangan yang cukup signifikan terhadap penggunaan diksi antara kategori yang satu dengan kategori yang lain. Oleh karena itu, disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian eksperimentasi atau penelitian pengembangan media dan strategi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan kesembilan kategori diksi ruang persepsi manusia model Haley.