SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Ragam Teks dalam Media Massa Cetak

Itsnaini Fahmi Islami Imania

Abstrak


ABSTRAK

 

Imania, Itsnaini Fahmi Islami. 2015. Ragam Teks dalam  Media Massa Cetak. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing  (1) Prof. Dr. Suyono, M. Pd (2) Dr. Roekhan, M. Pd.

 

Kata Kunci: ragam  teks, media massa cetak

 

Pada era globalisasi di zaman sekarang,  anak-anak begitu tertarik pada berita teraktual yang terdapat dalam media massa  walaupun kadang hanya sebatas berita tentang idola, gaya pakaian dan rambut, serta lagu terbaru. Berdasarkan fakta itulah, dapat dipastikan bahwa anak-anak masih menemui berbagai macam teks dalam bacaan di luar teks yang ada pada buku pelajaran. Teks-teks tersebut dapat mereka temui di surat kabar majalah, iklan, buletin, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan ragam teks dalam media massa cetak berdasarkan isi, (2) mendeskripsikan  ragam teks dalam media massa cetak berdasarkan cara pengungkapan gagasan, dan (3) mendeskripsikan  ragam teks dalam media massa cetak berdasarkan genre.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tabel-tabel yang merupakan sistematika data hasil analisis.  Berdasarkan analisis data, ditemukan tiga hasil  penelitian. Pertama, ragam teks berdasarkan isi, yaitu (1) teks politik, (2) teks ekonomi, (3) teks sosial, (4) teks budaya, (5) teks olahraga dan kesehatan, (6) teks hukum dan kriminalitas, (7) teks agama,  (9) teks pendidikan, (10) teks ilmu pengetahuan  dan teknologi, (11) teks kuliner, (12) teks hiburan, (13) teks otomotif, dan teks mode dan kecantikan. Kedua, ragam teks berdasarkan cara pengungkapan gagasan, yaitu (1) teks naratif, (2) teks deskriptif, (3) teks argumentatif, (4) teks persuasif, dan (5) teks eksposisi. Ketiga, ragam teks berdasarkan genre, yaitu (1) teks cerita ulang, (2) teks respon, (3) teks eksplanasi, (4) teks diskusi, (5) teks prosedur, (6) teks editorial, (7) teks berita, (8) teks iklan, (9) teks feature, (10) teks cerpen, (11) teks puisi, (12) teks anekdot, (13) teks wawancara, (14) teks esai, (15) teks cerita sejarah, (16) teks surat pembaca, (17) teks observasi, (18) teks laporan informasi, (19) teks pengumuman, (20) teks survey, (21) teks permintaan maaf, (22) teks cerita ulang sejarah, dan (23) teks kartun editorial.

Siswa sebagai pembelajar yang aktif tidak hanya mengetahui ragam teks yang terdapat pada buku pembelajaran karena pada kenyataannya siswa akan tetap menemui banyak teks, bahkan ketika tidak membaca buku pembelajaran.

Guru sebagai pendidik tidak hanya menggunakan media buku ajar saat  pembelajaran teks. Guru dapat pula memanfaatkan media  massa cetak agar siswa tidak mengalami kejenuhan.