SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sikap Moral Tokoh dalam Novel Ramayana Karya Wawan Susetya

Indra Wasista Dwandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Dwandari, Indra Wasista. 2015. Sikap Moral Tokoh dalam Novel Ramayana Karya Wawan Susetya. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sunoto, M.Pd, (II) Karkono, S.S, M.A.

 

Kata Kunci: sikap moral, tokoh, konflik

 

Karya sastra merupakan hasil seni kreatif  yang menceritakan sesuatu yang bersifat rekaan, khayalan, sesuatu yang tidak ada dan terjadi sungguh-sunguh, sehingga tidak perlu kebenarannya di dunia nyata. Sebagai karya imajinatif, karya sastra menawarkan berbagai permasalahan manusia dan kemanusiaan, serta hidup dan kehidupan. Salah satu bentuk karya sastra adalah novel. Pada umumnya, novel menceritakan hal yang luar biasa, keganjilan, kejadian aneh, dan peristiwa tidak biasa yang dialami oleh tokoh. Beberapa karya sastra yang berbentuk novel banyak mengandung nilai-nilai moral yang terdapat pada tokoh. Novel Ramayana banyak mempertunjukkan konflik-konflik yang dialami oleh tokoh, dari konflik-konflik tersebut dapat menunjukkan sikap moral tokoh ketika menghadapi konflik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yaitu sikap moral tokoh protagonis ketika mengalami konflik batin, sikap moral tokoh protagonis ketika mengalami konflik sosial, sikap moral tokoh antagonis ketikamengalami konflik batin, sikap moral tokoh antagonis ketika mengalami konflik sosial dalam novel Ramayana karyaWawanSusetya.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa teks monolog, dialog, dan narasi dalam novel. Sumber data padapenelitian ini, yaitu novel Ramayana karyaWawan Susetya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca novel secara intensif. Instrumen kunci dalam penelitian adalah peneliti sendiri, namun penulis juga menggunakan instrumen pembantu berupa tabel panduan pengumpul data dan table analisis data. Kegiatan analisis dimulai dari tahap memilih data, menganalisis data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkanhasilanalisis data, diperoleh empat hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, sikap moral tokoh protagonis ketika mengalami konflik batin diketahui sikap moral tokoh, yaitu jujur, bijaksana, berani, dan tanggungjawab. Kedua, sikap moral tokoh protagonis ketikamengalami konflik sosial diketahui sikap moral tokoh, yaitu bijaksana, suka menolong, jujur, berani, relaberkorban, patuh, dan sabar. Ketiga, sikap moral tokoh antagonis ketika mengalami konflik batin diketahui sikap moral tokoh, yaitu bijaksana dan jujur. Keempat, sikap moral tokohantagonis ketika mengalami konflik sosial, yaitu berani dan patuh.

Berdasarkan keempat hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat sikap moral tokoh baik tokoh protagonis maupun tokoh antagonis ketika mengalami konflik batin, serta konflik sosial dalam novel Ramayana karyaWawanSusetya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pengajar sastra, pembacasastra, serta sastrawan.