SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Memahami Teks Cerita Moral/Fabel Kelas VIII SMP

Restining Anditasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Anditasari, Restining. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Memahami Teks Cerita Moral/Fabel Kelas VIII SMP . Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd, (2) Indra Suherjanto, S.Pd., M.Sn.

 

Kata kunci: multimedia interaktif, pembelajaran memahami teks cerita moral/fabel di SMP

 

Memahami teks cerita moral/fabel merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII  SMP. Melalui kegiatan memahami teks cerita moral/fabel, siswa memperoleh manfaat yang bagus, seperti sikap teladan, motivasi, serta ajaran moral. Pembelajaran memahami teks cerita moral/fabel menjadi pembelajaran yang membosankan bagi siswa. Penyebabnya yaitu media pembelajaran yang umumnya masih menggunakan buku paket. Akibatnya, siswa kurang memahami materi teks cerita moral/fabel dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang bervariasi dan secara khusus di desain untuk mencapai kebutuhan siswa dalam kegiatan pembelajaran memahami teks cerita moral/fabel sehingga pembelajaran yang dilaksanakan dapat berlangsung secara menarik, efektif, dan efisien. Media pembelajaran yang dimaksud adalah multimedia interaktif.

Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk media pembelajaran yang dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran yang efektif, menarik, dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan khususnya adalah (1) menghasilkan produk multimedia interaktif yang layak untuk pembelajaran memahami teks cerita moral/fabel kelas VIII SMP, (2) mendeskripsikan kelayakan produk multimedia interaktif untuk pembelajaran memahami teks cerita moral/fabel kelas VIII SMP, (3) menghasilkan buku panduan penggunaan multimedia interaktif untuk pembelajaran memahami teks cerita moral/fabel untuk siswa kelas VIII SMP.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Borg dan Gall (1983). Berdasarkan model tersebut, dalam penelitian ini terdapat delapan tahapan prosedur yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaa penelitian, (3) pengembangan draf produk uji ahli dan praktisi, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk awal berdasarkan uji ahli dan praktisi, (6) uji lapangan terbatas, (7) revisi produk akhir, dan (8) desiminasi dan implementasi. Uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) ahli materi bahasa dan sastra Indonesia, (2) ahli media, (3) uji praktisi melibatkan guru Bahasa dan Sastra Indonesia, dan (4) uji lapangan melibatkan siswa kelas VIII SMP Brawijaya Smart School.

Jenis data penelitian ini adalah data numerik dan data verbal. Data numerik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli, praktisi, dan siswa terhadap produk. Data verbal tertulis berupa catatan, komentar, kritik, maupun saran-saran yang telah dituliskan oleh subjek uji pada angket penilaian; sedangkan data verbal lisan berupa informasi yang disampaikan secara lisan ketika wawancara dengan ketiga kelompok uji. Angket penilaian dan pedoman wawancara bebas digunakan sebagai instrumen pengumpulan data.

Hasil uji materi Bahasa dan Sastra Indonesia menunjukkan produk tergolong sangat layak dan siap diimplementasikan (96,3%). Hasil uji ahli media menunjukkan produk tergolong layak dan siap untuk diimplementasikan (80,5%). Hasil uji praktisi menunjukkan produk tergolong sangat layak dan siap untuk diimplementasikan (83,5%) dan hasil uji lapangan menunjukkan produk tergolong sangat layak dan siap untuk diimplementasikan (88,4%).

Berdasarkan komentar dan saran perbaikan dari ahli dan praktisi, ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki, yakni (1) cerita fabel tidak bisa disamakan dengan cerita moral, (2) kelengkapan video dan materi, (3) penggunaan istilah yang umumuntuk penggunaan kata soal dan kuis, (4) Perintah sebelum memasuki bacaan, (5) kelengkapan navigasi, dan (6) perpaduan warna.

Simpulan penelitian pengembangan ini adalah multimedia interaktif untuk pembelajaran memahami teks cerita moral/fabel yang dikembangkan menunjukkan bahwa produk tergolong layak dan siap diimplementasikan dalam pembelajaran menulis puisi bebas. Langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan, guru disarankan untuk mempergunakan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran, sehingga kendala-kendala dalam pembelajaran memahami teks cerita moral/fabel dapat teratasi. Peneliti lain disarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini untuk kompetensi lain. Selanjutnya, Penyebarluasan produk harus memertimbangkan efektivitas dan efisiensi. Oleh karena itu, penyebarluasan produk dilakukan melalui jurnal penelitian yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada guru dan instansi pendidikan lainnya mengenai pemanfaatan multimedia interaktif ini. Penyebarluasan juga dilakukan di forum MGMP Bahasa Indonesia, sehingga melalui forum ini para pendidik dapat memperoleh informasi mengenai pengembangan dan pemanfaatan produk multimedia interaktif ini.