SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Komposisi Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas X-IS 4 SMAN 7 Malang

Ratna Sari Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Ratna Sari. 2015. Komposisi Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas X-IS 4 SMAN 7 Malang. Skripsi, Program Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd, (II) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd.

 

Kata Kunci: struktur isi, susunan paragraf, dan penggunaan bahasa

 

Komposisi teks eksposisi terdiri atas struktur isi, susunan/organisasi paragraf, dan penggunaan bahasa. Ketiga aspek tersebut merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain dalam analisis teks. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan struktur isi, susunan/organisasi paragraf, dan penggunaan bahasa teks eksposisi karya siswa kelas X-IS 4 SMAN 7 Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian kajian dokumen yang berupa teks eksposisi. Teks eksposisi ini diambil dari kegiatan tes tulis yang dilakukan oleh guru. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung yang digunakan adalah pedoman analisis data. Sumber data yang digunakan adalah 21 karangan eksposisi. Data penelitian ini berupa deskripsi pola struktur isi, susunan/organanisasi paragraf, dan penggunaan bahasa teks eksposisi.

Kegiatan analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi data. Pertama, reduksi data dilakukan dengan melakukan pemilihan data yang akan dikode, data yang tidak digunakan, dan menentukan pola-pola yang meringkas bagian yang tersebar dan kodefikasi data. Kedua, penyajian data dilakukan dalam bentuk membuat uraian singkat dan tabel yang disesuaikan dengan fokus penelitian. Ketiga, kesimpulan dan verifikasi data, yakni melakukan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, kemudian melakukan pengecekan kesesuaian terhadap hasil analisis dengan sumber data yang telah diperoleh.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur isi teks eksposisi yang dibuat oleh siswa terdiri dari tesis, argumentasi, dan simpulan. Aspek tesis ditemukan dua pola, yakni tesis lengkap dan tidak lengkap. Tesis lengkap berisi gambaran umum topik, sedangkan tesis tidak lengkap merupakan tesis yang tidak menggambarkan topik. Berdasarkan hasil analisis ditemukan 16 data merupakan tesis lengkap dan 5 data merupakan tesis tidak lengkap. Aspek argumentasi ditemukan tiga pola, yakni (1) paparan penjelas tesis yang didukung dengan pendapat ahli, (2) paparan penjelas tesis yang didasarkan pada pengamatan penulis tetapi tanpa didukung oleh pernyataan ahli, dan (3) paparan penjelas yang tidak berhubungan dengan tesis. Argumentasi pola satu ditemukan sebanyak 3 data, pola dua ditemukan sebanyak 13 data, dan argumentasi pola tiga ditemukan sebanyak 5 data. Aspek simpulan ditemukan dua pola, yakni pola analitis dan hortatori. Pola analitis ditemukan sebanyak 8 data, sedangkan pola hortatori ditemukan sebanyak 13 data.

Susunan paragraf ditemukan empat pola, yakni susunan deduktif, induktif, campuran, dan paragraf tidak jelas. Paragraf deduktif cenderung lebih banyak digunakan oleh siswa, yakni ditemukan sebanyak 14 data. Paragraf induktif dan campuran masing-masing ditemukan 1 data. Paragraf tidak jelas atau paragraf yang susunan kalimatnya tidak tepat ditemukan sebanyak 4 data.

Penggunaan bahasa meliputi kalimat efektif dan penulisan ejaan. Aspek kalimat efektif yang digunakan adalah kelengkapan, kelogisan, dan kehematan. Berdasarkan temuan penelitian unsur kelengkapan kalimat ditemukan sebanyak 14 data, sedangkan kalimat tidak lengkap sebanyak 7 data. Kelogisan kalimat ditemukan pada 12 data dan kalimat tidak logis 9 data. Kehematan kalimat ditemukan 9 data, sedangkan kalimat tidak hemat 12 data. Penulisan ejaan terdiri atas huruf kapital, kata baku, tanda baca koma, dan kurung. Penulisan ejaan huruf kapital yang sesuai dengan kaidah EYD ditemukan pada 18 data, sedangkan yang tidak sesuai berjumlah 3 data. Kata baku yang sesuai dengan EYD ditemukan 9 data, sedangkan yang tidak sesuai EYD ditemukan 12 data. Penulisan tanda baca koma, yakni digunakan untuk memisahkan unsur-unsur perincian sebanyak 11 data , digunakan di belakang kata hubung antarkalimat sebanyak 4 data, digunakan untuk memisahkan anak kalimat dengan induk kalimat sebanyak 2 data, dan digunakan untuk menghindari salah baca sebanyak 4 data. Penggunaan tanda baca kurung hanya ditemukan sebanyak 5 data, yakni digunakan untuk mengapit tambahan keterangan sebanyak 2 data, digunakan untuk mengapit keterangan yang bukan bagian utama kalimat sebanyak 2 data, dan digunakan untuk mengapit huruf yang kehadirannya dapat dihilangkan sebanyak 1 data.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada guru bahasa Indonesia, perlu memperhatikan siswa dalam kegiatan menulis teks ekspsosisi terutama pada aspek struktur isi, susunan/organisasi paragraf, dan penggunaan bahasa yang merupakan aspek penyusun teks eksposisi. Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mengadakan penelitian sejenis sehingga penelitian ini dapat dikembangkan menjadi penelitian pengembangan maupun eksperimen yang berkaitan dengan materi komposisi penyusun teks eksposisi.