SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Menyusun, Menelaah dan Merevisi Teks Eksplanasi Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa SMP Kelas VII

Aptia Ardiasri

Abstrak


ABSTRAK

 

Ardiasri, Aptia. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Menyusun, Menelaah dan Merevisi Teks Eksplanasi Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd., (2) Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, menyusun, menelaah dan merevisi, teks eksplanasi, multimedia interaktif

 

Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan berbasis teks. Artinya, Kurikulum 2013 mengarahkan siswa untuk belajar memahami hingga memproduksi teks. Memproduksi teks merupakan salah satu keterampilan menulis serta merevisi. Keterampilan tersebut diajarkan salah satunya pada pembelajaran menyusun, menelaah dan merevisi teks eksplanasi kelas VII. Berdasarkan wawancara dengan guru SMP Kelas VII, hasil pembelajaran menyusun teks eksplanasi pada kelas VII menunjukkan bahwa siswa belum mampu menyusun kalimat yang efektif. Hal tersebut terlihat dari teks eksplanasi yang dihasilkan siswa masih banyak terdapat penyusunan kalimat yang tidak padu serta penggunaan ejaan yang tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan yang berlaku. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempermudah pemahaman siswa terkait materi menyusun, menelaah dan merevisi teks ekplanasi tersebut adalah dengan penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu, media pembelajaran yang menunjang pembelajaran menyusun, menelaah dan merevisi teks eksplanasi diteliti dan dikembangkan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran menyusun, menelaah dan merevisi teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif yang layak dari segi isi, (2) menghasilkan media pembelajaran menyusun, menelaah dan merevisi teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif yang layak dari segi sistematika penyajian, (3) menghasilkan media pembelajaran menyusun, menelaah dan merevisi teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif yang layak dari segi bahasa, dan (4) menghasilkan media pembelajaran menyusun, menelaah dan merevisi teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif yang layak dari segi tampilan.

Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall (1983) yang terdiri atas sepuluh tahapan. Kesepuluh tahapan tersebut dimodifikasi menjadi sembilan tahapan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pembuatan draf produk beserta alat evaluasinya, (4) uji ahli materi dan media, (5) revisi hasil uji ahli, (6) uji praktisi, (7) revisi hasil uji praktisi, (8) uji coba terbatas, dan (9) revisi akhir.

Uji coba produk dilaksanakan secara bertahap dengan urutan (1) uji coba ahli materi dan ahli media, (2) uji coba praktisi, dan (3) uji coba terbatas. Pengambilan data uji coba menggunakan instrumen yang berupa angket tertutup dan terbuka. Angket tertutup digunakan untuk memperoleh data kuantitatif yang berupa skor penilaian, sedangkan angket terbuka digunakan untuk mendapatkan data kualitatif yang berupa catatan untuk saran perbaikan produk. Data yang diperoleh tersebut disajikan dan dianalisis berdasarkan aspek kelayakan produk yang telah ditentukan yang meliputi kelayakan isi, kelayakan sistematika penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan tampilan. Data kuantitatif dianalisis dengan cara dihitung menggunakan pedoman penyekoran, sedangkan data kualitatif dipaparkan sebagai saran untuk perbaikan produk.

Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran interaktif yang menggunakan aplikasi Adobe Director. Kompetensi dasar yang dikembangkan meliputi rangkaian keterampilan berbahasa menulis, yakni menyusun, menelaah dan merevisi teks eksplanasi. Materi tersebut berisi langkah-langkah menyusun, menelaah dan merevisi teks eksplanasi. Penyajian materi dalam media tersebut disertai dengan kuis yang terdiri atas empat level soal sebagai latihan awal bagi siswa sebelum mereka berlatih mandiri menyusun teks eksplanasi beserta menelaah dan merevisinya.

Hasil uji coba produk yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, praktisi, dan siswa disajikan berdasarkan tiap aspek kelayakan produk, yaitu kelayakan isi 83,8% (layak), kelayakan sistematika penyajian 80,2% (layak), kelayakan bahasa 88,1% (sangat layak), dan kelayakan tampilan 82,2% (layak). Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran tergolong layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran menyusun, menelaah dan merevisi. Penilaian media dari segi data kuantitatif tersebut didukung dengan data kualitatif yang berupa catatan sebagai acuan untuk penyempurnaan produk. Catatan perbaikan yang diperoleh, yaitu (1) penyajian indikator dan tujuan yang disusun per-KD serta dinyatakan dalam kondisi, (2) penambahan wacana utuh beserta penjelasan unsur kebahasaan, (3) penjelasan serta pemberian contoh pada setiap petunjuk, (4) penambahan tombol navigasi, (5) pengubahan beberapa simbol navigasi, (6) penyajian KD, indikator, dan tujuan dipaparkan dengan bahasa siswa, (7) perbaikan kesalahan penulisan, (8) penyesuaian tampilan dengan audien yang diacu, (9) penyederhanaan tampilan awal, sampul boks CD, dan buku panduan, dan (10) perbaikan tipografi.

Media yang telah dikembangkan ini dapat dimanfaatkan oleh guru, siswa, dan peneliti sejenis. Guru dapat menggunakan media ini sebagai perangkat pembelajaran, khusunya pelengkap buku teks pelajaran. Siswa dapat memanfaatkan media ini sebagai sarana belajar mandiri. Penelitian lanjutan dapat menjadikan media ini sebagai bahan pertimbangan untuk mengembangkan produk yang lebih baik. Penelitian dan pengembangan media ini idealnya dapat disebarluaskan melalui artikel ilmiah dan seminar dalam forum MGMP.

 

 

ABSTRACT

 

Ardiasri, Aptia. 2015. Developing Multimedia-Based Instructional Media for Explanatory Text Writing, Reviewing and Revising for Junior High School Seventh Graders. Thesis, Department of Indonesian Literature, Faculty of Letters, State University of Malang. Supervisor: (1) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd., (2) Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd.

 

Key words : learning media, composing, reviewing and revising, explanation text, interactive multimedia

 

The teaching learning of Indonesian Language in Curriculum 2013 uses Text Base Approach. And one of competences taught in this curriculum is text-base writing skill. This skill covers producing to revising text. The teaching learning process of this skill can be found in the VII grade in composing, reviewing and revising explanation text. Based on the interview with the seventh graders' teachers, the teaching learning result of composing explanation text of grade seven shows that the students have not been able to compose effective sentences. It can be seen from the explanation texts that are composed by the students, in which there are still so many sentence compositions that are not cohesive and punctuation that is not appropriate with the language principle. One of some ways that can be used to facilitate the students' understanding related to the materials of composing, reviewing and revising explanation text is by using teaching learning media. Therefore, teaching learning media that can support teaching learning for composing, reviewing and revising an explanation text are researched and developed.

This research is intended to (1) produce proper teaching learning media for composing, reviewing and revising an explanation text in term of content, (2) produce proper teaching learning media for composing, reviewing and revising an explanation text in term of systematical presentation, (3) produce proper teaching learning media for composing, reviewing and revising an explanation text in term of language feature, (4) produce propper teaching learning media for composing, reviewing and revising an explanation text which is proper in term of appearance.

The method used in the research for developing the media was adapted from the Borg and Gall developing model (1983) which consists of ten stages. And the ten stages are modified into nine ones, namely (1) research and collecting information, (2) planning, (3) draft-making of the product and the evaluation instrument as well, (4) materials and media-expert test, (5) result revision from the expert, ( 6) practitioner test, (7) result revision from the practitioner, (8) limited trial, and (9) the final revision.

The product trials were conducted in stages with the order of (1) matter and media experts trial, (2) practitioner trial, and (3) limited trial. The data taking of the trial used the instruments which are in the form of closed and open questionnaire. The closed questionnaire is used to obtain quantitative data in the form of assessment scores, while the open questionnaire is used to obtain qualitative data in the form of notes for product improvement recommedation. The obtained data are presented and analyzed based on the determined aspects, namely proper content, proper systematical presentation, proper language feature, and proper appearance of the product. The quantitative data were analyzed by calculating the score in the scoring guidelines, while qualitative data is presented as recommendation for product improvement.

Products developed in this research is an interactive learning media using Adobe Director. Basic competencies developed in this media involve a range of writing skills namely composing, reviewing and revising explanation text. The materials contain steps on composing, reviewing and revising explanation text. The presentation of the materials in the media is along with quizes that consist of four levels as an initial practice for students before they practice them independently.

The test results of each aspect of the product obtained from matter expert, media expert, practitioner, and students are 83.8% (proper) for the content, 80.2% (proper) for systematical presentation, 88.1% (very proper) for language feature, and 82.2% (proper) for the appearance. Based on these results, it can be concluded that the product is considered suitable to be implemented in composing, reviewing and revising explanation text. The data above are also supported by qualitaive data in the form of notes for product improvement. The recommendations cover (1) the presentation of indicators and learning objectives must be set in each basic competence and stated under condition, (2) adding complete text with explanation of language feature, (3) giving clear explanation and example on each instruction, (4) adding navigation button, (5) changing some symbols of navigation, (6) the basic competence, indicators and objective of learning must be presented in students’ level, (7) giving correction on wrong writing, (8) adjusting the display to the targetted audiences, (9) symplifying opening feature, CD cover box, and the manual, and (10) typography improvement.

The media which has been developed can be used by teachers, students, and researchers alike. Teachers can use it as a teaching media, especially supplementary textbooks. And students can take advantage of this media as a means of self-learning. The next research can make this medium as a consideration to develop a better product. The research and development of this medium ideally can be disseminated through scientific articles and seminars in MGMP forum.