SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015

Yanuar Qisti Adillah

Abstrak


ABSTRAK

 

Adillah, Yanuar Qisti. 2015. Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widodo Hs, M.Pd., (II) Dr. Gatut Susanto, M.M., M.Pd.

 

Kata kunci: Teks eksplanasi, karakteristik, struktur isi, ciri bahasa, kualitas teks eksplanasi.

 

Teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang berisi penjelasan tentang proses terjadinya peristiwa atau fenomena. Teks eksplanasi merupakan teks baru yang tercantum dalam kurikulum 2013 dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Teks ini tergolong teks ilmiah karena menjelaskan suatu proses terjadinya sesuatu secara alami. Terdapat beberapa aspek pembangun teks eksplanasi yang benar. Aspek tersebut merupakan struktur isi dan ciri bahasa. Ketika menulis teks eksplanasi, setiap siswa pasti memiliki karakter penulisan yang berbeda dalam mengembangkan struktur isi maupun menggunakan ciri bahasa. Oleh karena itu, secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas teks eksplanasi siswa kelas VII dalam menulis teks eksplanasi. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik teks eksplanasi siswa dilihat dari struktur isi meliputi pernyataan umum, deret penjelas, dan paragraf penutup, (2) mendeskripsikan karakteristik teks eksplanasi siswa dilihat dari penggunaan ciri bahasa yang meliputi istilah teknis, konjungsi sebab-akibat, dan penjelasan peritiwa, dan (3) kualitas teks eksplanasi siswa dilihat dari struktur isi dan ciri bahasa teks.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi atau menggabungkan dua metode yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 21 Malang tahun pelajaran 2014/2015. subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 berjumlah 36 siswa dan kelas VII-8 berjumlah 37 siswa. Data dari penelitian ini berupa teks eksplanasi siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan analisis dan rubrik penilaian. Tahap yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian.

Hasil dari analisis karakteristik teks eksplanasi siswa kelas VII muncul beberapa pola penulisan yang digunakan oleh siswa setelah dipaparkan dan dilakukan pembahasan. Berdasarkan tujuan penelitian pertama, karakter struktur isi teks eksplanasi berupa pernyataan umum, terdapat empat pola penulisan yang ditulis oleh siswa, yaitu (1) berisikan definisi, (2) menyebutkan jenis metamorfosis, (3) menggabungkan deret penjelas dengan pernyataan umum, (4) pernyataan umum yang kurang ringkas atau kurang jelas. Kemudian, dalam penggunaan deret penjelas terdapat tiga pola penulisan yang digunakan oleh siswa, yaitu (1) menggunakan konjungsi urutan waktu, (2) penggunaan urutan waktu yang tidak konsisten, dan (3) penyebutan tahapan tanpa menjelaskan bagaimana proses tahapan tersebut. Pada bagian paragraf penutup terdapat dua pola penulisaan siswa, yaitu (1) berisi kesimpulan, (2) saran atau himbauan kepada masyarakat.

Tujuan penelitian kedua, tujuan penelitian berupa penggunaan ciri bahasa muncul beberapa pola penulisan siswa. Pertama, penggunaan istilah teknis, siswa menggunakan istilah biologi dalam teks eksplanasinya. Kedua, penggunaan konjungsi sebab-akibat, terdapat dua konjungsi sebab-akibat yang paling banyak digunakan oleh siswa yaitu konjungsi karena dan konjungsi sehingga. ketiga, penggunaan penjelasan peristiwa yang bukan merupakan waktu lampau. Temuan peneliti dalam penelitian ini menunjukkan bahwa semua siswa sudah menuliskan penjelasan peristiwa dalam teks eksplanasinya. Penjelasan peritiwa yang ditulis oleh siswa merupakan penjelasan tentang proses suatu peristiwa terjadi misalnya tentang tahap awal dari metamorfosis kupu-kupu, tahap ini dimulai telur yang diletakkan oleh kupu-kupu di daun-daunan.

Tujuan penelitian ketiga mendeskripsikan kualitas teks eksplanasi siswa. Pertama, pengembangan pernyataan umum siswa terbanyak mendapat skor 3 atau baik. Kedua, pengembangan deret penjelas perolehan skor terbanyak adalah skor 3 atau baik. Ketiga, pengembangan paragraf penutup siswa terbanyak mendapat skor 4 atau sangat baik. Keempat penggunaan istilah teknis siswa terbanyak mendapat skor 2 atau sangat baik . Kelima, penggunaan konjungsi sebab-akibat siswa terbanyak mendapat skor 2 atau baik. Keenam, penggunaan penjelasan peristiwa siswa terbanyak mendapat skor 2 baik . Berdasarkan nilai yang diperoleh siswa secara keseluruhan dengan berpatokan pada SKM sekolah sebesar 78, yaitu siswa yang mendapat nilai ≥78 adalah sebanyak 35 siswa (87%) dan siswa yang mendapat ≤78 adalah sebanyak 5 siswa (13%). Jadi, dapat ditarik simpulan bahwa secara keseluruhan kualitas teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang peristiwa dikatakan sangat baik.

Hasil penelitian ini ditemukan saran bagi guru bahasa Indonesia untuk memberikan bimbingan lebih lanjut tentang struktur isi teks terutama pada aspek deret penejelas karena masih banyak siswa yang kurang menjelaskan deret penjelas secara rinci, sedangkan untuk ciri bahasa siswa juga perlu dijelaskan kembali tentang pentingnya penggunaan ciri bahasa terutama pada penggunaan konjungsi sebab-akibat. Guru juga disarankan untuk mengoreksi tulisan siswa dengan menggunakan rubrik penilaian yang detail untuk mengetahui kualitas teks eksplanasi siswa. Bagi siswa, peneliti menyarankan agar siswa lebih memperhatikan penggunaan struktur isi teks dan ciri bahasa dalam menulis teks eksplanasi, terutama dalam penggunaan deret penjelas dan penggunaan konjungsi sebab-akibat. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan topik yang sama, peneliti menyarankan untuk melihat kekurangan dari penelitian ini agar menjadi penelitian yang lebih baik.