SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengembanganBahan Ajar MenyusunTeks Cerita Proseduruntuk Siswa SMP.

Claudia Bunga Kasih

Abstrak


ABSTRAK

 

Kasih, Claudia Bunga. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menyusun Teks Cerita Prosedur untuk Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Yuni Pratiwi, M.Pd, (2) Dra. Ida Lestari, M. Si.

 

Kata kunci: bahan ajar, teks cerita prosedur, gambar, siswa SMP

 

Menyusun teks cerita prosedur merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa SMP kelas VIII. Menyusun teks cerita prosedur dapat dilaksanakan dengan kegiatan menulis. Dengan menulis, siswa dapat menghasilkan teks cerita prosedur yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada pembelajaran menyusun teks cerita prosedur, bahan ajar merupakan instrumen utama yang dibutuhkan. Akan tetapi, banyak buku paket siswa yang memiliki beberapa kekurangan, baik dari segi isi, sajian, bahasa, serta tampilan. Hal ini membuat proses belajar siswa kurang efektif karena kurang mengatasi materi secara mendalam. Oleh karena itu, diperlukan adanya bahan ajar yang layak dari aspek isi, sajian, bahasa, serta tampilan untuk pembelajaran menyusun teks cerita prosedur dengan memanfaatkan media gambar prosedur.

Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar menyusun teks cerita prosedur. Adapun tujuan khususnya yaitu menghasilkan bahan ajar menyusun teks cerita prosedur sebagai berikut, (1) menghasilkan bahan ajar dengan kelayakan isi, (2) menghasilkan bahan ajar dengan kelayakan penyajian, (3) menghasilkan bahan ajar dengan kelayakan bahasa, dan (4) menghasilkan bahan ajar dengan kelayakan tampilan.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick dan Carey yang dimodifikasi dengan langkah berikut, (1) tahap prapengembangan, (2) tahap pengembangan produk, (3) tahap uji coba produk, dan (4) tahap pasca pengembangan (revisi). Uji produk dilaksanakan dengan beberapa tahap, yaitu (1) uji ahli menulis teks Bahasa Indonesia, (2) uji ahli pembelajaran menyusun teks cerita prosedur, (3) uji praktisi guru Bahasa Indonesia, (4) uji lapangan dengan siswa Kelas VIII SMPK Budi Mulia.

Jenis data penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil uji dengan ahli menulis teks Bahasa Indonesia memperoleh persentase 81,2% dan produk dinyatakan layak dan diimplementasikan. Hasil uji dengan ahli pembelajaran menulis teks cerita prosedur memperoleh persentase 87,5% dan produk dinyatakan sangat layak dan diimplementasikan. Hasil uji dengan praktisi memperoleh persentase 77,5 dan produk dinyatakan layak dan diimplementasikan. Hasil uji lapangan memperoleh persentase 88,7 dan produk dinyatakan sangat layak dan diimplementasikan.

Berdasarkan komentar dan saran dari ahli dan praktisi ada beberapa bagian bahan ajar yang harus diperbaiki, yaitu (1) referensi contoh teks, (2) ukuran gambar, (3) penomoran daftar isi, (4) warna latar, (5) model huruf miring (italic) dan garis bawah (underline), dan (6) pemenggalan teks. Referensi contoh teks harus dicantumkan secara rinci. Ukuran gambar, penomoran daftar isi, model huruf, dan warna latar harus disesuaikan. Pemenggalan teks dilakukan untuk menyatukan teks secara tepat.

Produk bahan ajar yang telah dikembangkan dan direvisi memiliki kriteria sebagai berikut. Isi bahan ajar meliputi (1) materi pengenalan hakikat teks cerita prosedur yang singkat, (2) langkah-langkah menulis teks cerita prosedur disajikan dengan tahapan yang jelas, (3) langkah-langkah menelaah dan merevisi teks cerita prosedur, dan (4) latihan-latihan yang disajikan memudahkan siswa dalam proses menulis dan merevisi teks cerita prosedur. Penyajianbahan ajar meliputi (1) materi, contoh, dan latihan yang disusun secara sistematis, (2) penyajian dan pembahasan mengembangkan keterampilan proses. Bahasa bahan ajar yang digunakan meliputi (1) kekomunikatifan dalam penyampaian materi dan latihan dan (2) tidak mengandung makna ganda. Tampilan bahan ajar meliputi (1) tampilan menarik untuk menarik minat siswa dalam proses pembelajaran, (2) sajian gambar prosedur yang menarik, dan (3) pemilihan ilustrasi, gambar, dan jenis huruf yang menarik.

Simpulan penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar menyusun teks cerita prosedur untuk siswa kelas VIII SMP dinyatakan sangat layak dari unsur isi, sajian, bahasa, dan tampilan dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran menyusun teks cerita prosedur.

Pemanfaatan produk bahan ajar ini, guru disarankan untuk menggunakan bahan ajar ini pada pembelajaran menyusun teks cerita prosedur karena bahan ajar ini dapat memudahkan guru dalam memberikan penjelasan mengenai tahapan-tahapan menulis teks cerita prosedur secara tepat. Siswa disarankan menggunakan bahan ajar ini sebagai tambahan referensi buku ajar menyusun teks cerita prosedur untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Peneliti lain disarankan untuk mengikuti langkah-langkah pengembangan untuk kompetensi lain. Penyebaran produk dilakukan dengan penyebaran artikel ilmiah yang dilaksanakan dan dikoordinasi oleh Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dengan memanfaatkan media internet.

ABSTRACT

 

Kasih, Claudia Bunga. 2015. Developing Teaching Materials of Composing Procedure Narration Text for SMP Students. Sarjana’s Thesis, Indonesian Literature Department, Faculty of Letters, State University of Malang. Advisors: (I) Dr. Hj. YuniPratiwi, M.Pd., (II) Dra. Ida Lestari, M.Si.

 

Keywords: teaching materials, procedure narration text, pictures, SMP students

 

Composing procedure narration text is one of some basic competences should be mastered by 8th graders of SMP. Composing procedure text can be done by writing. By writing, the students are able to produce a useful procedure narration text for their daily live. Teaching material is a prominent instrument for teaching and learning process of procedure narration text. However, the current textbooks have some lacks in the matter of content, presentation, language and display. This makes the learning process less effective since the students lack a much deeper understanding. Thus, a suitable teaching material in the matter of content, presentation, language and display to enhance students’ learning outcome in producing procedure narration text by using pictures is significant.

Generally, this study aims at producing teaching materials of composing procedure narration text. Moreover, the special objectives are to produce teaching materials of composing procedure narration text with (1) suitable content, (2) suitable presentation, (3) suitable language and (4) suitable displays.

This study uses Dick and Carey model of development which is modified to be the following steps: (1) pre-development, (2) product development, (3) product try out and (4) post-development (revision). The process of product try out is conducted by doing several tests: (1) expert of writing Bahasa Indonesia text validation, (2) expert of teaching procedure narration text validation, (3) practitioner (Bahasa Indonesia teacher) validation and (4) field testing conducted to 8th graders of SMPK Budi Mulia.

The types of the resulted data are qualitative and quantitative data. The result of the expert of writing Bahasa Indonesia text validation gains 81.2% and the product is suitable to implement. The result of the expert of teaching procedure narration text validation gains 87.5% and the product is very suitable to implement. The result of practitioner validation gains 77.5% and the product is suitable to implement. The result of field testing gains 88.7% and the product is suitable to implement.

Based on experts and practitioner’s comments and suggestions, there are several parts must be revised: (1) text example reference, (2) picture size, (3) table of contents numbering, (4) background color, (5) italic and underline font type and (6) text segmentation. Reference of text example should be mentioned in detail. Picture size, table of contents numbering, font type and background color should be adjusted. Text segmentation is done in order to unite sentences properly.

The developed and revised product has the following criteria. The content of teaching material covering (1) short introduction of the essence of procedure narration text, (2) clear steps of writing procedure narration text, (3) steps to investigate and revise procedure narration text and (4) exercises to ease the students to write and revise procedure narration text. The presentations of teaching materials are: (1) materials, examples and systematically exercises and (2) presentation of discussion. The used language consists of (1) communicative language to deliver the material and exercises and (2) the non-existence of ambiguous sentence. The display of the teaching material covering (1) interesting display to attract students’ learning interest, (2) interesting pictures of procedure and (3) interesting illustration, images and appropriate font types.

Concisely, teaching materials of composing procedure narration text for 8th graders of SMP is very suitable reviewed from the content, presentation, language and display and it can be used during the teaching and learning process of composing procedure narration text.

During the utilization of the product, the teachers should use this teaching material since it eases them to explain the steps of writing procedure narration text properly. The students should use this product as an additional reference besides textbooks to enhance their activities and learning outcomes. The other researchers should follow the stages of developing a product for other competences. Dissemination of the product is conducted by doing online distribution of article which is coordinated by Indonesian Literature Department of Faculty of Letters by using internet.