SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Video Fenomena Alam terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Malang

Sella Budiarty

Abstrak


ABSTRAK

 

Budiarty, Sella. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Video Fenomena Alam terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd, (II) Musthofa Kamal, S.Pd., M.Sn.

 

Kata Kunci: Media video fenomena alam, kemampuan menulis, teks eksplanasi   kompleks.

 

Teks eksplanasi kompleks merupakan teks yang bertujuan untuk menginformasikan kepada pembaca mengenai proses terjadinya suatu peristiwa. Bagi siswa, menulis teks eksplanasi kompleks bukanlah hal yang mudah karena siswa harus benar-benar paham terlebih dahulu mengenai proses terjadi atau terbentuknya suatu peristiwa. Oleh karena itu, diperlukan adanya media yang menarik dan dapat merangsang siswa untuk menulis teks eksplanasi kompleks. Salah satu media yang dianggap sesuai yaitu media video fenomena alam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video fenomena alam terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks, baik secara keseluruhan maupun dari aspek struktur, isi, dan ciri bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang dan sebagai sampelnya yaitu kelas XI-MIA 2 dan kelas XI-MIA 4. Kelas XI-MIA 2 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI-MIA 4 sebagai kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes yang berupa perintah dan petunjuk menulis teks ekspalanasi kompleks beserta rubrik penyekorannya. Sumber data yang digunakan adalah hasil karangan teks eksplanasi kompleks dari siswa. Data penelitian ini berupa skor kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks secara keseluruhan maupun dari aspek struktur, isi, dan ciri bahasa.  Data tersebut diperoleh melalui langkah-langkah pengumpulan data yang berupa pelaksanaan pretes dan postes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik dengan bantuan program SPSS 16,0 for Windows dengan taraf signifikansi 0,05.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media video fenomena alam terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks, baik secara keseluruhan maupun pada aspek struktur, isi, dan ciri bahasa. Berdasarkan hasil penelitain tersebut, dikemukakan dua saran yakni sebagai berikut. Pertama, bagi guru Bahasa Indonesia diharapkan dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk menggunakan media video fenomena alam dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks. Kedua, bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan dalam mengadakan penelitian sejenis pada aspek lain dan diharapkan pula dapat mengadakan penelitian sejenis yang kemudian dikembangkan menjadi penelitian pengembangan.