SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Bahan Ajar Menulis Teks Fabel Bermuatan Pendidikan Karakter untuk siswa Kelas VIII SMP N 4 Malang.

Liana Rochmatul Wachidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Wachidah, Liana Rochmatul. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Fabel Bermuatan Pendidikan Karakter untuk siswa Kelas VIII SMP N 4 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Yuni Pratiwi, M.Pd., (2) Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, menulis teks fabel, pendidikan karakter.

 

Penelitian pengembangan bahan ajar menulis teks fabel bermuatan pendidikan karakter dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan bahwa saat ini terjadi fenomena penurunan kualitas moral pada usia remaja. Hal tersebut menjadi salah satu alasan pemerintah Indonesia mengadakan progam pendidikan karakter. Implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia yaitu melalui kegiatan menulis teks fabel. Dalam teks fabel termuat pesan moral dan nilai-nilai karakter. Akan tetapi, berdasarkan observasi awal terdapat informasi bahwa siswa mengalami beberapa kesulitan dalam menulis teks fabel. Pada kegiatan menulis siswa mengalami empat kesulitan, yaitu (1) siswa sulit mengembangkan isi cerita dari tema yang ditentukan, (2) siswa masih menggunakan bahasa yang bersifat ujaran dan belum menggunakan bahasa tulis dengan benar, (3) siswa masih ragu-ragu dalam menyusun kalimat yang tepat, dan (4) siswa belum mampu menggunakan ejaan yang sesuai dengan kaidah. Salah satu faktor penyebabnya yaitu bahan ajar yang belum sesuai dengan kebutuhan siswa. Bahan ajar yang digunakan belum memudahkan siswa dalam menulis teks fabel serta belum menekankan pendidikan karakter. Upaya untuk menunjang pembelajaran yaitu diperlukan bahan ajar yang memudahkan siswa dalam menulis teks fabel, sehingga siswa dapat mengatasi kesulitan dan pembelajaran menulis teks fabel dapat berjalan dengan lancar. Selain itu diperlukan pula bahan ajar yang dapat memberikan pendidikan karakter kepada siswa melalui penanaman nilai-nilai karakter pada tokoh dalam teks fabel.

Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis teks fabel bermuatan pendidikan karakter untuk siswa kelas VIII SMP. Tujuan khusus penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar menulis teks fabel bermuatan pendidikan karakter untuk siswa kelas VIII SMP yang valid dari segi isi, sistematika, kebahasaan, dan tampilan yang sesuai dengan Kurikulum 2013.

Penelitian ini menggunakan rancangan pengembangan bahan ajar yang dimodifikasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Berdasarkan model tersebut dalam penelitian ini terdapat tujuh tahapan prosedur, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba produk, (5) revisi hasil uji coba produk, (6) uji coba lapangan, (6) penyempurnaan produk akhir. Uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) ahli menulis teks fabel, (2) ahli pembelajaran menulis teks fabel, (3) praktisi atau guru bahasa Indonesia, dan (4) uji lapangan terbatas melibatkan siswa kelas VIII SMP N 4 Malang.

Jenis data penelitian ini adalah data nonverbal dan verbal. Data nonverbal berupa skor terhadap uji produk bahan ajar yang telah dituliskan oleh ahli, praktisi, dan siswa serta penilaian kegiatan menulis mandiri siswa. Data verbal berupa informasi yang disampaikan kelompok uji yaitu berupa catatan, komentar, dan saran.

Pada penelitian pengembangan ini menggunakan angket penilaian dan pedoman wawancara bebas sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan cara: (1) mengumpulkan data nonverbal yang diperoleh dari angket penilaian, (2) mentranskrip data verbal, (3) mengidentifikasi, mengklarifikasi, memaknai, dan menyimpulkan data verbal berdasarkan kelompok uji, dan (4) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan.

Penyajian data hasil uji produk dengan ahli menulis teks fabel mendapat persentase 89,7%, berarti tergolong sangat valid dan dapat diimplementasikan. Penyajian data hasil uji produk dengan ahli pembelajaran menulis teks fabel mendapat persentase 94,7%, berarti tergolong sangat valid dan dapat diimplementasikan. Penyajian data hasil uji produk dengan praktisi mendapat persentase 85,6%, berarti tergolong sangat valid dan dapat diimplementasikan. Penyajian data hasil uji produk dengan subjek uji terbatas mendapat persentase 88,2%, berarti tergolong sangat valid dan dapat diimplementasikan.

Simpulan penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar menulis teks fabel yang dikembangkan dengan muatan pendidikan karakter menunjukkan bahwa produk tergolong sangat valid dan siap diimplementasikan dalam pembelajaran menulis teks fabel. Saran pemanfaatan produk hasil pengembangan ditujukan kepada guru, siswa, peneliti lain, dan pengembang produk lebih lanjut. Bahan ajar ini dapat dimanfaatkan bagi guru bahasa Indonesia yaitu dengan memilih teks fabel yang memuat nilai-nilai karakter secara selektif dan memanfaatkan bahan ajar sebagai sumber bahan pembelajaran menulis teks fabel dengan optimal sehingga kendala dalam pembelajaran dapat teratasi. Bahan ajar ini dapat dimanfaatkan bagi siswa. Siswa dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran menulis teks fabel karena dengan menggunakan bahan ajar menulis teks fabel bermuatan pendidikan karakter, siswa dapat mengembangkan kreativitas, mudah dalam mengikuti pembelajaran menulis teks fabel, dan memperoleh pendidikan karakter. Peneliti lain disarankan untuk mempertimbangkan bahan ajar menjadi sumber inspirasi dalam mengembangkan bahan ajar yang lebih baik. Bahan ajar ini ini dapat dimanfaatkan bagi pengembang bahan ajar lebih lanjut yaitu dengan mempelajari dan memanfaatkan bahan ajar untuk mengajarkan kompetensi menulis teks fabel.