SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Deskriptif Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Malang

Haslika Dwi Rahmananingtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmananingtyas, Haslika Dwi. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Deskriptif Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, FS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd., (2) Musthofa Kamal, S.Pd, M.Sn.

 

Kata Kunci: model pembelajaran inkuiri, kemampuan menulis, teks tanggapan deskriptif

 

Pada Kurikulum 2013 tingkat SMP, teks tanggapan deskriptif merupakan teks yang diajarkan di kelas VII. Salah satu kemampuan yang diharapkan dapat dikuasai oleh siswa adalah kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif. Agar siswa dapat menulis dengan baik, diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu siswa agar dapat menulis dengan mudah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif di kelas VII. Selain mengetahui kemampuan siswa secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa SMP Negeri 10 Malang pada setiap aspek.

Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Malang dengan sampel siswa kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian dan rubrik penyekoran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif secara keseluruhan. Pada setiap aspek, model pembelajaran inkuiri memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis struktur, isi, dan bahasa teks tanggapan deskriptif. Hal ini terbukti dari rata-rata skor akhir yang didapat kelas eksperimen yaitu 54,66 lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang mendapatkan rata-rata skor 47,41.

Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang didapatkan secara umum adalah 0,000 yang artinya