SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Asesmen Pembelajaran Teks Cerpen SMK Kelas XI

Izzatu Khoirina

Abstrak


ABSTRAK

 

Khoirina, Izzatu. Pengembangan Instrumen Asesmen Pembelajaran Teks Cerpen SMK Kelas XI. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd, (II) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd.

 

Kata kunci: instrumen asesmen, pembelajaran berbasis teks, teks cerpen.

 

Instrumen asesmen pembelajaran merupakan alat-alat atau seperangkat alat yang digunakan dalam proses mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi mengenai kemampuan siswa dalam belajar. Instrumen asesmen yang digunakan guru dalam menilai kemampuan belajar siswa pada pembelajaran teks cerpen di SMK Negeri 12 Malang berupa rubrik penilaian pengetahuan dan keterampilan, unjuk kerja, dan ulangan harian. Akan tetapi, instrumen asesmen pembelajaran yang digunakan tersebut masih memilikikelemahan.

Tujuan umum dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan instrumen asesmen Kompetensi Dasar 3.1 Memahami Stuktur dan Kaidah Teks Cerpen, 4.1 Menginterpretasi Makna Teks Cerpen, dan 4.2 Memproduksi Teks Cerpen. Tujuan khusus dari penelitian pengembangan ini adalah (1) mendeskripsikan produk, (2) mendeskripsikan hasil uji coba, dan (3) mendeskripsikan revisi produk.

Metode penelitian yang digunakan adalah teori Borg dan Gall, dengan melakukan modifikasi menjadi empat langkah, yaitu:(1) analisis kebutuhan,(2) pembuatan produk awal,(3) uji coba ahli dan lapangan, dan (4) produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Subjek uji yang menjadi sasaran adalah ahli asesmen, praktisi pendidikan, dan siswa.

Hasil uji validitas tes uraian Kompetensi Dasar 3.1 Memahami Struktur dan Kaidah dan 4.1 Menginterpretasi Makna Teks Cerpen diperoleh nilai rata-rata dari ahli asesmen (75% dan 75%). Akan tetapi, pada tes uraian Kompetensi Dasar 4.1 Menginterpretasi Makna Teks Cerpen pada soal menafsirkan informasi tersirat dari watak tokoh memperoleh nilai 50%. Hasil uji validitas tes praktik pada Kompetensi Dasar 4.1 Menginterpretasi Makna dan 4.2 Memproduksi Teks Cerpen diperoleh nilai rata-rata dari ahli asesmen (75% dan 75%). Hasil uji validitas rubrik penilaiantes uraian Kompetensi Dasar 3.1 Memahami Struktur dan Kaidah dan 4.1  Menginterpretasi Makna Teks Cerpen diperoleh nilai rata-rata dari ahli asesmen (75% dan 75%). Hasil uji validitas rubrik penilaian tes praktik Kompetensi Dasar 4.1 Menginterpretasi Makna dan 4.2 Memproduksi Teks Cerpen diperoleh nilai rata-rata dari ahli asesmen (83% dan 75%).

Hasil uji reliabilitastes Kompetensi Dasar 3.1 Memahami Struktur dan Kaidah Teks Cerpen (0,887). Hasil uji reliabilitas tes Kompetensi Dasar 4.1 Menginterpretasi Makna Teks Cerpen (0,859). Hasil uji reliabilitas tes Kompetensi Dasar 4.2 Memproduksi Teks Cerpen (0,805).

Hasil uji kepraktisan tes uraian Kompetensi Dasar 3.1 Memahami Struktur dan Kaidah dan 4.1 Menginterpretasi Makna Teks Cerpen diperoleh nilai rata-rata dari ahli asesmen (75% dan 75%), dari praktisi pendidikan (100% dan 100%), dan dari siswa (82% dan 83%). Hasil uji kepraktisan tes praktik Kompetensi Dasar 4.1 Menginterpretasi Makna dan 4.2 Memproduksi Teks Cerpen diperoleh nilai rata-rata dari ahli asesmen (75% dan 50%), dari praktisi pendidikan (100% dan 75%), dan dari siswa (81% dan 84%). Hasil uji kepraktisan rubrik penilaian tes uraian Kompetensi Dasar 3.1 Memahami Struktur dan Kaidah dan 4.1 Menginterpretasi Makna Teks Cerpen diperoleh nilai rata-rata dari ahli asesmen (75% dan 75%) dan dari praktisi pendidikan (100% dan 75%). Hasil uji kepraktisan rubrik penilaian tes praktik Kompetensi Dasar 4.1 Menginterpretasi Makna dan 4.2 Memproduksi Teks Cerpen diperoleh nilai rata-rata dari ahli asesmen (50% dan 75%) dan dari praktisi pendidikan (75% dan 75%).

Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku instrumen asesmen pembelajaran teks cerpen yang dilengkapi dengan buku pedoman penggunaan. Buku Instrumen Asesmen Pembelajaran Teks Cerpenberisi tes uraian, tes praktik, dan rubrik penilaian dari Kompetensi Dasar 3.1 Memahami Struktur dan Kaidah Teks Cerpen, 4.1 Menginterpretasi Makna Teks Cerpen, dan 4.2 Memproduksi Teks Cerpen, sedangkan buku pedoman penggunaan berisi karakteristik, kisi-kisi, dan petunjuk pelaksanaan dari Kompetensi Dasar 3.1 Memahami Struktur dan Kaidah Teks Cerpen, 4.1 Menginterpretasi Makna Teks Cerpen, dan 4.2 Memproduksi Teks Cerpen.Produk ini memenuhi aspek validitas, reliabilitas, dan kepraktisan yang membantu guru dalam menilai kemampuan siswa dalam pembelajaran memahami struktur dan kaidah, menginterpretasi makna, dan memproduksi teks cerpen.