SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KARAKTERISTIK PUISI KARYA SISWA KELAS XII SMKN 11 MALANG

Yunita Titik Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Yunita Titik. 2015. Karakteristik Puisi Siswa Kelas XII SMKN 11 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd. , (II) Indra Suherjanto, S. Pd. , M.Sn.

 

Kata Kunci :unsur fisik puisi, unsur batin puisi, siswa kelas XII SMKN 11 Malang

 

Puisi adalah salah satu bentuk kesusastraan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengosentrasikan kemampuan bahasa, unsure fisik, dan unsure batinnya. Menulis puisi merupakan kegiatan belajar yang mampu mengaktifkan siswa untuk menggali dan meningkatkan potensi berperan secara kritis, kreatif, dan produktif. Berkaitan penulis melakukan penelitian yang berjudul Karakteristik Puisi Karya Siswa Kelas XII SMKN 11 Malang.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan karakteristik puisi karyasiswa kelas XII SMKN 11 Malang. Pertama ialah unsur fisik puisi yang meliputi diksi, pengimajian, dan majas. Kedua unsur batin puisi yang meliputi tema dan amanat.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan strktur fisik dan struktur batin puisi siswa diperoleh dari 30 Siswa kelas XII TKJ 3 SMKN 11 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Analisis data peneliti menggunakan analisis struktral. Analisis structural bertujuan untuk membongkar dan memaparkan secermat, seteliti, semendetail, dan mendalam mungkin terkait dengan keterjalinan semua analisis dan aspek karya sastra yang sama-sama menghasilkan makna menyuluruh.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut terdapat dua kesimpulan. Pertama unsur fisik yaitu diksi, siswa kebanyakan menggunakan kata denotasi dalam puisinya, sedangkan kata konotasi jarang digunakan siswa. Kedua adalah pengimajian, hamper semua siswa menggunakan pengimajian dalam puisinya baik imaji visual, auditif, dan cita rasa. Ketiga ialah majas, hamper semua siswa menggunakan empat majas dalam puisinya yaitu majas perbandingan, personifikasi, sinekdok, dan hiperbola. Kedua yaitu struktur batin (makna per bait, totalitas makna, tema, dan amanat) puisi siswa mempunyai lima jenis tema yaitu ketuhanan, kepahlawanan, kemanusiaan, cinta, dan alam. Ada banyak amanat yang ingin disampaikan seperti, selalu bersyukur kepada Tuhan, selalu menyayangi orang tua (Ayah danIbu), selalu menjaga cinta dengan baik, dan selalu menghargai jasa para pahlawan ,dan pentingnya menjaga alam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Rahayu, YunitaTitik. 2015. KarakteristikPuisiSiswaKelas XII SMKN 11 Malang. Thesis, Department of Indonesian Literature, Faculty of Letters, State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. WahyudiSiswanto, M.Pd. , (II) IndraSuherjanto, S. Pd. , M.Sn.

 

Keywords: physical structure of the poem, the inner structure of the poem, the students of class XII SMK 11 Malang

 

Poetry is a form of literature that expresses the poet's thoughts and feelings imaginatively and arranged with language skills, physical elements, and the inner element. Writing puis is capable of learning activities enable students to explore and enhance the potential role is critical, creative, and productive. Relating authors conducted a study entitled Characteristics Poetry Work Class XII SMKN 11 Malang.

This research was conducted with the objective of weeks to describe the characteristics of poems by students of class XII SMK 11 Malang, the first is the physical structure of a poem that includes the diction, imagination, and figure of speech, and the second is the inner structure of the poem that includes a theme and mandate.

This study uses descriptive qualitative research design. The research data in the form of exposure to physical and inner structure structurestudent poetry was obtained from 30 students of class XII TKJ 3 SMKN 11 Malang. Data collected by means of documentation. Researchers used data analysis structural analysis. Structural analysis aims to unpack and explain as carefully, as precisely as, in as much detail, and depth may be related to the entanglement of all aspects of the analysis and literary works together to produce meaning.

Based on analysis of these data, there are two conclusions. The first is the physical structure, the first is diction or choice of words in this case students rarely use the word choice connotative meaning, students mostly use words that are denotative. The second is imagination, all students use in his poetry imagination good visual image, auditory, and taste. Third is the figure of speech, all students use four figure of speech in his poetry that figure of speech comparison, personification, sinekdoc, and hyperbole. The fourth is a concrete word, it is also present in all poetry students because one of the requirements imagination is said concrete..The second conclusion is that the inner structure (theme and mandate) poetry student has five kinds of themes, namely the Godhead, heroism, humanity, love, and nature.