SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Video Pembelajaran Memproduksi Teks Eksposisi Kelas X SMA.

LIA ROSALITA RAGIL

Abstrak


ABSTRAK

 

Ragil, Lia Rosalita. 2015. Pengembangan Video Pembelajaran Memproduksi Teks Eksposisi Kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., (2) Dr. Nita Widiati, M.Pd.

 

Kata Kunci: multimedia pembelajaran, teks eksposisi

 

Upaya peningkatan kualitas pendidikan dapat tercapai secara optimal apabila dilakukan pengembangan dan perbaikan terhadap komponen pendidikan itu sendiri. Berbagai upaya untuk meningkatkan suatu pendidikan telah dilakukan oleh pemerintah antara lain dengan jalan melengkapi sarana dan prasarana dan perlu adanya pengembangan media pembelajaran sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Salah satu jenis media yang dapat digunakan adalah video. Media video sangat berguna sebagai sarana untuk melatih siswa mengamati, menelaah, dan menangkap materi secara jelas melalui tayangan yang disajikan dalam media. Pembelajaran teks eksposisi mengajarkan kepada siswa bagaimana cara menggali informasi melalui pengamatan, bertanya, kemudian menangkap informasi, menyajikan informasi, dilanjutkan dengan menganalisis, menalar, menyimpulkan, dan mencipta teks eksposisi melalui pengamatan yang dilakukan sebelumnya. Media ini sangat cocok untuk menerapkan metode saintifik yang diberlakukan pada Kurikulum 2013.

Tujuan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan media video yang layak berdasarkan aspek isi untuk pembelajaran memproduksi teks eksposisi kelas X SMA, (2) menghasilkan media video yang layak berdasarkan aspek sistematika penyajian untuk pembelajaran memproduksi teks eksposisi kelas X SMA., (3) menghasilkan media video yang layak berdasarkan aspek tampilan untuk pembelajaran memproduksi teks eksposisi kelas X SMA, dan (4) menghasilkan media video yang layak berdasarkan aspek bahasa untuk pembelajaran memproduksi teks eksposisi kelas X SMA.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall (1983). Model pengembangan ini dimodifikasi menjadi tujuh tahapan, yakni (1) observasi awal, (2) pembuatan produk awal, (3) evaluasi para ahli, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk, (6) uji coba kelompok besar, dan (7) tahap penyempurnaan produk akhir.

Uji coba produk dilakukan melalui empat tahapan, yakni (1) uji ahli media dan uji ahli materi, (2) uji praktisi, (3) uji kelompok kecil (5 siswa), dan (4) uji kelompok besar (30 siswa). Instrumen pengumpulan data hasil uji coba menggunakan pedoman wawancara dan angket uji produk. Data uji coba yang dihasilkan berupa data kuantitatif yang dihasilkan dari skor angket dan data kualitatif yang dihasilkan dari saran dan komentar responden.

Berdasarkan hasil uji coba produk yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, praktisi, dan siswa menunjukkan bahwa multimedia ini layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru di sekolah. Multimedia pembelajaran teks eksposisi dilihat dari struktur isi mendapat persentase kelayakan sebesar 88%, dilihat dari struktur sistematika penyajian mendapat persentase kelayakan sebesar 85,5%, dilihat dari struktur tampilan mendapat persentase kelayakan sebesar 81,8%, eksposisi dilihat dari struktur bahasa mendapat persentase kelayakan sebesar 90,5%. Hasil uji coba berdasarkan keempat aspek kelayakan  tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran teks eksposisi ini dapat digunakan dan diimplementasikan sebagai media pembelajaran. Meskipun tergolong layak dan dapat diimplementasikan, data kualitatif berupa komentar dan saran yang terdapat dalam angket tetap dijadikan acuan untuk memperbaiki produk ini.

Multimedia pembelajaran teks eksposisi ini dirancang menggunakan program Adobe Flash CS5 sebagai program utama dan Format Factory sebagai program pendukung.  Media pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru sebagai sumber belajar untuk mendampingi penggunaan buku teks di sekolah. Siswa dapat memanfaatkan media interaktif ini secara mandiri untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang teks eksposisi. Produk media ini diwujudkan dalam bentuk CD (Compact Disk), sehingga siap digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik dan praktis.

Media pembelajaran ini memiliki keunggulan dari media pembelajaran lain. Media  pembelajaran ini berjalan secara sekunsial atau otomatis tanpa memerlukan operator. Media pembelajaran memproduksi teks eksposisi terdiri atas 9 menu utama, yakni (1) kompetensi dasar, (2) tujuan pembelajaran, (3) contoh video, (4) pengertian teks eksposisi, (5) struktur teks eksposisi, (6) ciri bahasa teks eksposisi, (7) langkah-langkah menulis teks eksposisi, (8) latihan menulis teks eksposisi, dan (9) daftar rujukan.

Media pembelajaran memproduksi teks eksposisi ini menjadi salah satu alternatif sumber belajar dalam menulis teks eksposisi. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan, guru disarankan untuk menggunakan media ini dan siswa dapat menggunakan media ini secara mandiri. Pengembangan media ini dapat dijadikan pertimbangan dan sumber inspirasi dalam mengembangkan media pembelajaran menulis teks eksposisi yang lebih baik lagi. Selanjutnya, produk pengembangan dapat disebarluaskan melalui jurnal dan Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia.