SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks untuk SMA Kelas X

ARIFFA HUSNUL HUDA

Abstrak


ABSTRAK

 

Huda, Ariffa Husnul. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif  Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks untuk SMA Kelas X. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Maryaeni, M.Pd., (II) Dr. Gatut Susanto, M.M., M.Pd.

 

Kata Kunci: multimedia interaktif, menulis, teks prosedur kompleks

 

Teknologi di Indonesia berkembang begitu pesat. Akan tetapi, perkembangan teknologi tersebut tidak banyak dimanfaatkan dalam pembelajaran. Padahal terdapat teknologi yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.Salah satu jenis media pembelajaran yang dalam pengoperasiannya memanfaatkan kecanggihan teknologi adalah multimedia interaktif. Pada kehidupan sehari-hari, tentunya siswa tidak terlepas dari penggunaan teknologi. Pada penggunaan teknologi tersebut diperlukan langkah-langkah dalam pengoperasiannya. Siswa menerapkan salah satu jenis teks dalam penggunaan teknologi tersebut, yakni teks prosedur. Teks prosedur berisi langkah-langkah melakukan sesuatu. Apabila dalam langkah-langkah tersebut terdapat sublangkah atau keterangan yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan maka disebut dengan teks prosedur kompleks. Dikaitkan dengan dunia pembelajaran bahasa Indonesia, pembelajaran mengenai teks prosedur kompleks pada kurikulum 2013 terdapat pada jenjang SMA dan sederajat kelas X. Pada kurikulum tersebut, siswa diharapkan mampu menulis teks prosedur kompleks.

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia kelas X SMAN 3 Bangkalan, proses pembelajaran menulis teks prosedur kompleks di sekolah tersebut masih konvensional. Siswa tampak bosan dan kurang bersemangat. Oleh sebab itu, guru perlu melakukan inovasi untuk menarik minat dan motivasi siswa dalam kegiatan belajar. Media pembelajaran menulis teks prosedur kompleks berbasis multimedia interaktif  bisa menjadi salah satu cara untuk membangkitkan minat dan motivasi siswa serta membuat pembelajaran menjadi inovatif.Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan tersebut, peneliti mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran menulis teks prosedur kompleks karena belum ada di lapangan dan keberadaannya dibutuhkan untuk penunjang proses pembelajaran menulis teks prosedur kompleks.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan multimedia interaktif pembelajaran menulis teks prosedur kompleks yang layak dari segi isi, bahasa, dan tampilan untuk siswa SMA kelas X. Prosedur penelitian dalam pengembangan multimedia interaktif pembelajaran menulis teks prosedur kompleks ini menggunakan prosedur Plomp yang disederhanakan menjadi empat fase, yakni (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/konstruksi, dan (4) fase tes, evaluasi, dan revisi. Fase kelima dalam prosedur Plomp, yakni fase implementasi tidak dilakukan karena adanya keterbatasan waktu dan biaya serta perlunya kajian yang lebih mendalam untuk eksperimen lebih lanjut.

Pengembangan multimedia interaktif ini membutuhkan uji kelayakan. Uji kelayakan produk diujikan kepada ahli media pembelajaran, ahli pembelajaran, guru Bahasa Indonesia kelas X SMAN 3 Bangkalan, dan siswa SMA kelas X IPS 4 SMAN 3 Bangkalan sebanyak 25siswa. Kelayakan produk dilihat dari tigaaspek, yakni aspek isi, bahasa, dan tampilan. Pada aspek isi memperoleh persentase kelayakanmencapai 88,5%/. Pada aspek bahasa memperoleh persentase kelayakan mencapai 91,8%. Pada aspek tampilan memperoleh persentase kelayakan mencapai86,12%. Perolehan persentase pada setiap aspek tersebut menunjukkan produk ini sangat layak dan bisa diimplementasikan.

Produk Multimedia Interaktif Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks untuk SMA Kelas Xini bisa dimanfaatkan oleh guru Bahasa Indonesia, siswa, dan peneliti lain. Pertama, guru bisa menggunakan produk tersebutuntuk mempermudah penyampaian materi pembelajaran menulis teks prosedur kompleks. Kedua, produk tersebut bisa dimanfaatkan siswa untuk dijadikan sumber belajar selain buku teks pelajaran dan bisa menggunakannya secara mandiri. Ketiga, produk tersebut bisa dimanfaatkan oleh peneliti lain untuk dijadikan bahan referensi dan bandingan dalam mengembangkan multimedia interaktif selanjutnya. Produk multimedia interaktif ini bisa disebarluaskan melalui forum MGMP, jurnal penelitian, dan kepada sesama mahasiswa.Produk ini masih belum sempurna dan perlu perbaikan. Pengembang lain diharapkan untuk mengujicobakan produk ke subjek yang lebih besar lagi dan juga menguji keefektifan produk karena dalam penelitian ini hanya sebatas mengembangkan produk yang diujicobakan kepada kelompok terbatas. Pengembang produk lebih lanjut hendaknya memperhatikan beberapa hal, antara lain (1) alokasi waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan produk, (2) keterampilan pengembang, dan (3) peralatan saat pembuatan produk maupun peralatan yang dibutuhkan saat uji coba dilaksanakan.

ABSTRACT

 

Huda, Ariffa Husnul. 2015. The Development of Interactive Multimedia Learning to Write Complex Procedures Text for X Grade High School. Thesis, Indonesian Departement, Faculty of Literature, State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Dr. Maryaeni, M.Pd., (II) Dr. Gatut Susanto, M.M., M.Pd.

 

Keywords: interactive multimedia, writing, complex procedures text

 

The development of technology in Indonesia is fast. However, the development of technology is not really well-utilized for educational aims. In fact, there have been some technologies used as learning media. In regular basis, technology is closely related for students necessities. There are always some operational procedures to function technology. Students use procedure texts to explain how to use technology. In brief, procedure text is the text to explain the steps or the mechanisms to do or function things. Apart from the regular procedures, if there are some sub-steps or other additional details used to do/function something, it is entitled complex procedure text. In assent with Bahasa Indonesia learning, complex procedure text learning is embedded on curriculum 2013 for X graders of senior high school. The objective of the curriculum is that students are expected to be able to write complex procedure texts.

In view of the interview result with Bahasa Indonesia teacher of SMAN 3 Bangkalan, the learning process of the complex procedure text was still conventional. The students seemed bored and unmotivated. Hence, teacher should come up with some innovations to make students interested and motivated to learn. Learning media based on interactive multimedia can be a solution to motivate the students to learn and make the learning process more innovative. With regard to the discovered problem, the researcher develops interactive multimedia for complex procedure text writing learning owing to the fact that the method has not been discovered at the field and its significance to facilitate the learning of complex text procedure writing.

The objective of the study is to create a good interactive multimedia for the learning of complex text procedure writing in terms of content, language, and visual for X graders. The procedures for this study use Plomp procedure simplified and compartmented into 4 stages: (1) initial investigation, (2) design, (3) construction and realization, and (4) tryout, evaluation, and revision. The fifth procedure was not brought off due to the constraints of time and budget as well as the need of another more in-depth study for further experiment.

The development of interactive multimedia requires tryout. The tryout is given to the learning media expertise, field expertise, Bahasa Indonesia teacher of X graders at SMAN 3 Bangakalan, and the  X-4 social students of SMAN 3 Bangkalan comprising 25 students. The tryout was assessed in three aspects: content, language, and visual. The results for content, language, and visual aspects are 88.5%, 91.8%, and 86.12% respectively. The result of the tryout signifies that the product is very good and it can be implemented.

The media of Interactive Multimedia for the learning of complex text procedure writing for X graders can be use by Bahasa Indonesia teachers, students, and further researchers. Firstly, the teachers can use the media to help them explain the materials of complex procedure text writing. Secondly, aside from the formal coursebook, this product can be used as an extra learning source for the students. Thirdly, this product can be used by further researchers as their reference and comparison to develop the next interactive multimedia. Moreover, this multimedia interactive product can be shared to other teachers through MGMP (subject teacher association) forum, research journal, and othe fellow students. This product has not been perfect and it still needs some improvements. Further researchers are expected to carry out the tryout with wider scope of research subjects and test the effectiveness of the product owing to the fact that this study is tried out in a limited group. Further researcher is highly suggested to take into account some matters: (1) time and budget allocation to deveop the product, (2) the skill of the developer, and (3) the product-making items ought to be tested ahead of the tryout and the implementation.