SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Media Pembelajaran Menulis Berita untuk Ekstrakulikuler Jurnalistik bagi Siswa SMP

Annisa Ariyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ariyani, Annisa. Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Berita untuk Ekstrakulikuler Jurnalistik bagi Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd., (II) Dr. Martutik, M.Pd.

 

Kata kunci: pembelajaran menulis berita, media pembelajaran, aplikasi autoplay media studio 8.3          

 

Kegiatan ekstrakulikuler merupakan sarana pengembangan bakat dan minat siswa di sekolah. Kini keberadaan ektrakulikuler jurnalistik mulai diminati di berbagai jenjang pendidikan, terutama siswa SMP. Hasil capaian kegiatan ekstrakulikuler jurnalistik SMP adalah mampu meliput dan menulis berita, untuk mengisi rubrik majalah sekolah.

Kegiatan ekstrakulikuler jurnalistik membutuhkan media sebagai alat bantu siswa dalam pembelajaran menulis berita. Dalam penelitian pengembangan ini, produk yang dikembangkan menulis berita berupa aplikasi autoplay media studio 8.3. Aplikasi autoplay media studio 8.3 merupakan aplikasi atau program yang mampu mengintegrasikan gambar, suara, animasi, video, dan teks yang dikemas dalam bentuk kepingan DVD. Sementara itu, materi pembelajaran menulis berita ini dikhususkan untuk ekstrakulikuler jurnalistik SMP.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan tampilan, isi, dan kelayakan kelayakan produk media pembelajaran menulis berita untuk ekstrakulikuler jurnalistik SMP. Tampilan yang dihasilkan dalam produk autoplay menyajikan tema playfull yang menunjukkan sisi intertaiment, sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar menulis berita. Isi produk yang dihasilkan berupa materi manulis berita yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Kelayakan produk yang dihasilkan akan disebarluaskan pada sekolah-sekolah yang membutuhkan media pembelajaran untuk ekstrakulikuler jurnalistik.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari langkah-langkah penelitian pengembangan ADDIE dari Branch yang telah disederhanakan. Hasil penyederhanaan langkah-langkah ADDIE yaitu, (1) analisis, (2) rancangan, dan (3) pengembangan. Uji produk dilakukan dengan melibatkan ahli materi jurnalistik, ahli media pembelajaran, pembina/guru ekstrakulikuler jurnalistik, dan siswa/peserta ekstrakulikuler jurnalistik.

Berdasarkan hasil uji coba produk memperoleh hasil sebagai berikut. Hasil uji produk kelayakan aspek tampilan memperoleh skor 89 (sangat valid), aspek materi memperoleh skor 95 (sangat valid), aspek bahasa memperoleh skor 92 (sangat valid), aspek video memperoleh persentase 92 (sangat valid), aspek audio/musik memperoleh skor 87 (sangat valid), gambar dan animasi memperoleh skor 92 (sangat valid), aspek pengoperasian media memperoleh skor 76 (cukup valid), aspek latihan memperoleh skor 88 (sangat valid), aspek fungsi dan kegunaan memperoleh skor 88 (sangat valid), dan  aspek minat siswa memperoleh skor 92. Berdasarkan data penilaian kesepuluh aspek tersebut, secara keseluruhan media pembelajaran ini memperoleh skor 89,1 (sangat valid), sehingga dapat dinyatakan bahwa media ini layak digunakan dan disebarluaskan.

Adapun ketiga saran yang diberikan untuk pengembang selanjutnya, yaitu (1) disarankan produk media pembelajaran menulis berita dikemas lebih praktis dan ringan sebab kapasitas media pembelajaran ini mencapai 4,12 GB; (2) media pembelajaran menulis berita disarankan menggunakan aplikasi populer (android) yang sesuai dengan perkembangan zaman, kebutuhan siswa, dan karakteristik siswa; dan (3)  media pembelajaran menulis berita mampu diakses secara online, agar memudahkan guru dan siswa dalam mengakses informasi yang dibutuhkan terkait dengan kegiatan menulis berita.