SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

REKEVANSI DAN KELENGKAPAN STRUKTUR ISI TEKS EKSPOSISI KARYA SISWA KELAS X SMKN 2 MALANG

ZOZANA RAHMASANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmasanti, Zozana. Kelengkapan dan Relevansi Struktur Isi Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumadi, M.Pd, (II) Musthofa Kamal, S.Pd, M.Sn.

 

Kata Kunci: kelengkapan struktur isi, relevansi struktur isi, dan teks eksposisi

 

Kelengkapan struktur isi berkaitan dengan hadir tidaknya isi di dalam sebuah teks. Secara umum, sebuah teks terdiri dari tiga paragraf yang dibedakan menjadi paragraf awal yang merupakan pembuka, paragraf tengah yang merupakan tubuh teks (mungkin terdiri dari beberapa paragraf apabila memiliki banyak pokok-pokok bahasan), dan paragraf akhir yang merupakan bagian penutup teks. Berkaitan dengan kelengkapan isi teks eksposisi, untuk mencapai teks eksposisi yang jelas, tertib, dan memadai, secara tegas atau sekurang-kurangnya mencerminkan sebuah susunan yang terdiri dari tiga bagian, yaitu (1) tesis, (2) argumen, dan (3) simpulan. Khusus untuk bagian penutup atau simpulan, bagian isi ini tidak diwajibkan hadir karena terdapat contoh teks eksposisi yang tidak menyertakan bagian penutup atau simpulan.

Terkait dengan relevansi struktur isi antarbagian teks, judul pada suatu teks melukiskan dengan singkat masalah yang ditulis. Judul harus dirumuskan dengan jelas, singkat, dan relevan dengan isi tulisan tetapi tidak terlalu provoaktif.  Lebih lanjut, judul ditelaah terlebih dahulu agar tidak terjadi salah pemahaman yang dapat berakibat salah dalam mengembangkan isi. Kemudian, tesis (pendahuluan), tesis merupakan bagian yang paling penting di dalam teks, tesis menyatakan topik khusus dan menyatakan adanya subtopik yang akan dibahas pada bagian selanjutnya. Untuk memudahkan penulisan bagian tesis ini, penulis harus mengingat kembali tujuan penulisan teks. Selanjutnya, bagian tubuh (argumen) tidak menyimpang dari pernyataan tesis. Terakhir, bagian simpulan (simpulan), bagian ini dapat disusun dengan menuliskan ringkasan atau mengungkapkan kembali hal-hal yang sangat penting yang dibahas pada bagian tubuh (argumen) dengan kalimat yang berbeda.

Teks eksposisi merupakan salah satu bentuk penuturan untuk memenuhi kebutuhan akan penjelasan mengenai sesuatu hal apa pun. Teks eksposisi mampu menyampaikan penjelasan secara khusus ataupun secara umum. Teks eksposisi berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik. Teks eksposisi memilik sasaran, yaitu memperluas pengetahuan pembaca.

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelengkapan isi dan relevansi isi yang terdapat di dalam teks eksposisi karya siswa kelas X SMKN 2 Malang secara apa adanya dengan menggunakan angka atau presentase. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kajian evaluatif yang berpedoman pada keriteria untuk memberikan penilaian terhadap kelengkapan dan relevansi isi teks eksposisi. Data dalam penelitian ini berupa kelengkapan dan relevansi isi teks eksposisi karya siswa kelas X SMKN 2 Malang.

Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik dokumentasi teks eksposisi karya siswa kelas X SMKN 2 Malang yang diperoleh dari guru bahasa Indoneisa di SMK tersebut. Lebih lanjut, prosedur pengumpulan data yang dilakukan meliputi (1) berkoordinasi dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMKN 2 Malang dan (2) meminjam teks eksposisi karya siswa untuk digandakan sebagai data penelitian.

Pada analisis data digunakan analisis data kualitatif yang terdiri atas tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Reduksi data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi identifikasi, klasifikasi, dan kodifikasi. Penyajian data menunjukkan terdapat (1) kelengkapan isi dan (2) relevansi isi di dalam teks eksposisi karya siswa kelas X SMKN 2 Malang. Penyajian data dapat dilihat pada bab III, yaitu pada paparan data dan temuan penelitian.

Berdasarkan paparan data, ditemukan dua jenis temuan berdasarkan kelengkapan isi yang terdapat di dalam teks eksposisi. Kedua jenis temuan tersebut, yaitu (1) teks eksposisi yang memiliki isi lengkap dan (2) teks eksposisi yang memiliki isi tidak lengkap. Kelengkapan ini dilihat dari kehadiran isi yang membangun sebuah teks eksposisi, yaitu judul, tesis, argumen, dan simpulan (tidak diwajibkan hadir namun disarankan bagi teks yang memiliki paragraf yang panjang). Berikut ini adalah jumlah temuan berdasarkan kelengkapan isi yang terdapat di dalam teks eksposisi karya siswa kelas X SMKN 2 Malang. Berdasarkan 19 teks eksposisi yang diteliti terdapat 1 (5%) teks eksposisi yang memiliki isi tidak lengkap karena tidak menghadirkan judul, sedangkan ke-18 (95%) lainnya memiliki isi yang lengkap, yaitu teks eksposisi yang terdiri atas (1) judul, (2) tesis, (3) argumen, dan (4) simpulan.

Berdasarkan paparan data, ditemukan temuan-temuan sebagai berikut, yaitu (1) judul yang relevan dengan keseluruhan isi (tesis, argumen, dan simpulan), (2) judul yang tidak relevan dengan keseluruhan isi (tesis, argumen, simpulan), (3) tesis yang relevan dengan judul, (4) tesis yang tidak relevan dengan judul, (5) argumen yang relevan dengan tesis, (6) argumen yang tidak semua bagian relevan dengan tesis, (7) argumen yang tidak relevan dengan tesis, (8) simpulan yang relevan dengan keseluruhan isi (tesis, dan argumen), dan (9) simpulan yang tidak relevan dnegan keseluruhan isi (tesis, dan argumen).

Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan penelitian ini, terdapat beberapa saran yang dapat diberikan. Paparan masing-masing saran disajikan sebagai berikut. Pertama, mengingat pentingnya unsur pembangun sebuah teks untuk mencapai kesempurnaan ketika menuliskan sebuah teks, disarankan kepada guru untuk melatih keterampilan menulis siswa terkait dengan kelengkapan isi dan relevansi isi yang terdapat di dalam teks eksposisi, serta disarankan bagi guru untuk mengoreksi kembali karya siswa untuk perbaikan pada proses belajar mengajar selanjutnya. Kedua, siswa disarankan agar banyak berlatih menulis teks eksposisi dengan memperhatikan kelengkapan isi dan relevansi isi yang terdapat di dalam teks eksposisi sehingga teks eksposisi yang ditulis memiliki kelengkapan isi dan relevansi antar isinya.