SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi di Kelas VII SMPN 4 Malang

HENY GASTIANA DEWI

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Heny Gastiana. 2015. Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi di Kelas VII SMPN 4 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Nurchasanah, M.Pd., (II) Dewi Pusposari, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: pembelajaran menulis, teks eksposisi, menulis teks

 

Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan proses belajar yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Akan tetapi, dewasa ini kondisi pembelajaran bahasa Indonesia berada dalam keadaan mengkhawatirkan, sehingga dapat mengakibatkan kebiasaan-kebiasaan yang tidak layak ditiru, salah satunya adalah plagiarisme dalam bidang kepenulisan, terutamadalamteks eksposisi. Pembelajaran menulis teks eksposisi di sekolah harus lebih diperhatikan karenaempat faktor. Pertama, pembelajaran menulis teks eksposisi dilakukan dua kali, yaitu di SMP dan SMA. Kedua, pembelajaran menulis teks eksposisi dapat memberikan keterampilan siswa dalam menulis teks eksposisi, sehingga nantinya siswa tersebut dapat mengirimkan tulisannya ke media massa. Ketiga, berdasarkan wawancara dengan guru bahasa Indonesia, teks yang paling sulit adalah teks eksposisi karena siswa sulit dalam mengembangkan argumen. Keempat, berdasarkan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang masih berjalan tiga semester dan wawancara dengan guru yang masih merasa kesulitan dalam pelaksanannya, peneliti menduga masih terdapat kendala dalam pembelajaran tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas VII SMPN 4 Malang. Kegiatan pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis teks eksposisi yang dilakukan oleh guru dan siswa kelas VII E SMPN 4 Malang. Pada perencanaan pembelajaran dideskripsikan mengenai komponen yang terdapat dalam RPP, informasi tentang pendekatan saintifik, informasi tentang penumbuhan KI-1 dan KI-2, sertainformasi hasil wawancara perencanaan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran dideskripsikan mengenai kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan informasi hasil wawancara pelaksanaan pembelajaran. Pada penilaian pembelajaran dideskripsikan mengenai alat penilaian proses, alat penilaian hasil, dan informasi hasil wawancara penilaian pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Data yang dihimpun dari kegiatan penelitian ini dibedakan menjadi tiap fokus penelitian. Data yang dihimpun dari perencanaan pembelajaran meliputi (1) informasi tentang komponen RPP, (2) informasi tentang pendekatan saintifik, (3) informasi tentang penumbuhan KI-1 dan KI-2, (4) informasi tentang pembelajaran KI-3 dan KI-4, serta (5) informasi hasil wawancara perencanaan pembelajaran. Data yang dihimpun dari pelaksanaan pembelajaran berupa transkrip pelaksanaan yang meliputi (1) kegiatan pembuka, (2) kegiatan inti, (3) kegiatan penutup, dan (4) informasi hasil wawancara pelaksanaan pembelajaran. Data yang dihimpun dari penilaian pembelajaran meliputi (1) alat penilaian proses, (2) alat penilaian hasil, dan (3) informasi hasil wawancara penilaian pembelajaran. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu (1) RPP, (2) peristiwa pembelajaran, (3) rekaman video pelaksanaan, (4) guru, dan (5) peneliti.

Hasil penelitian pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas VII SMPN 4 Malang yang didasarkan pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaianterdapat tiga hasil penelitian. Pertama, perencanaan pembelajaran menulis teks eksposisi memunculkan pola berupa komponen RPP, bentuk pendekatan saintifik, penumbuhan kompetensi inti pertama dan kedua, serta pembelajaran kompetensi inti ketiga dan keempat tetapi belum tampak adanya langkah-langkah pembelajaran yang mencerminkan model pembelajaran berbasis masalah.Kedua, pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas VII SMPN 4 Malang memunculkan pola berupa kegiatan pendahuluan, inti, penutup, implementasi pendekatan saintifik dan model pembelajaran berbasis masalah, penumbuhan KI-1 dan KI-2, pembelajaran KI-3 dan KI-4. Ketiga, penilaian yang dilakukan pada pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas VII SMPN 4 Malang berupa penilaian proses dan penilaian hasil.

Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini dibagi menjadi tiga hal, yaitu untuk (1) siswa, (2) guru, dan (3) peneliti selanjutnya. Pertama, saran untuk siswa. Siswa diharapkan lebih aktif dan mandiri dalam menulis teks eksposisi, misalnya menggunakan bahan pustaka lain yang dapat mempermudah dalam menulis teks eksposisi. Kedua, saran untuk guru. Materi ajar yang terdapat dalam RPP guru hanya memuat materi jenis konsep dan prosedur, sehingga disarankan untuk menambahkan materi jenis fakta dan prinsip. Langkah-langkah pembelajaran dalam RPP guru belum tampak adanya model pembelajaran berbasis masalah, sehingga disarankan untuk membuat langkah-langkah yang tampak adanya model pembelajaran berbasis masalah sesuai dengan model yang dirancang. Guru tidak tepat dalam mengisikan jenis teknik dalam penjabaran alat penilaian, sehingga disarankan untuk lebih teliti dalam mengisikan teknik yang dipilih. Selain itu, guru disarankan untuk harus lebih bervariasi dalam memberikan latihan-latihan siswa dalam membuat argumen. Ketiga, peneliti selanjutnya. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan metode penelitian yang berbeda.