SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Iklan terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Krembung Kabupaten Sidoarjo

Vitri Andriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Andriani, Vitri. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Iklan terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Krembung Kabupaten Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, FS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd., (II) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd.

 

Kata kunci: media audio visual iklan, pembelajaran menulis, teks  deskripsi

 

Menulis teks deskripsi merupakan salah satu kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013 pada jenjang SMP kelas VII. Teks deskripsi adalah sebuah teks yang menggambarkan atau mendeskripsikan sebuah objek secara detail sehingga seolah-olah pembaca dapat melihat, mendengar, dan merasakan objek tersebut secara nyata. Mengacu pada kriteria teks deskripsi tersebut dibutuhkan media yang dapat membantu siswa dalam menulis teks deskripsi. Media audio visual iklan dapat menjadi salah satu media alternatif dalam pembelajaran menulis teks deskripsi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media audio visual iklan terhadap aspek kelengkapan isi, kerincian objek deskripsi, dan pilihan kata deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Krembung Kabupaten Sidoarjo tahun ajaran 2014/2015. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana (simple random sampling). Berdasarkan teknik tersebut, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A (kelas eksperimen) dan kelas VII-B (kelas kontrol). Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan media audio visual iklan, sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan media audio visual iklan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) instrumen pretes dan postes menulis teks deskripsi, (2) media audio visual iklan, dan (3) pedoman penilaian. Analisis data dilakukan dengan uji statistik menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Uji statistik tersebut menggunakan uji statistik nonparametrik Two Independent Sample Test dengan uji Mann Whitney U.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media audio visual iklan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 2 Krembung Kabupaten Sidoarjo. Hasil uji statistik Mann Whitney U diperoleh nilai signifikansi 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima atau media audio visual iklan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi. Rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol, yaitu 92,48>74,80. Secara khusus, penggunaan media audio visual iklan berpengaruh terhadap tiga aspek teks deskripsi, yaitu kelengkapan isi, kerincian objek deskripsi, dan pilihan kata deskriptif. (1) Hasil uji statistik Mann Whitney U terhadap skor aspek kelengkapan isi diperoleh nilai signifikansi 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha1 diterima atau media audio visual iklan berpengaruh secara signifikan pada aspek kelengkapan isi. Rata-rata skor aspek kelengkapan isi kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol, yaitu 3,97>3,37. Siswa yang dibelajarkan menggunakan media audio visual iklan mendeskripsikan semua bagian objek secara lebih lengkap daripada siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media audio visual iklan. (2) Hasil uji statistik Mann Whitney U terhadap skor aspek kerincian objek deskripsi diperoleh nilai signifikansi 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha2 diterima atau media audio visual iklan berpengaruh secara signifikan pada aspek kerincian objek deskripsi. Rata-rata skor aspek kerincian objek deskripsi kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol, yaitu 3,90>2,80. Siswa yang dibelajarkan dengan media audio visual iklan (kelas eksperimen) mendeskripsikan objek lebih rinci dengan mendeskripsikan ciri-ciri objek secara detail. (3) Hasil uji statistik Mann Whitney U terhadap skor aspek pilihan kata deskriptif diperoleh nilai signifikansi 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha3 diterima atau media audio visual iklan berpengaruh secara signifikan pada aspek pilihan kata deskriptif. Rata-rata skor aspek pilihan kata deskriptif kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol, yaitu 3,07>2,60. Siswa yang dibelajarkan dengan media audio visual iklan menggunakan pilihan kata deskriptif lebih variatif dan sesuai dengan deskripsi objek dibandingkan siswa yang dibelajarkan tanpa media audio visual iklan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini, yakni (1) bagi guru, media audio visual iklan dapat dijadikan sebagai media alternatif yang variatif dan menarik dalam pembelajaran, (2) salah satu media yang dapat dipilih adalah media audio visual iklan yang dapat digunakan untuk pembelajaran pada kompetensi dasar menulis teks deskripsi atau kompetensi dasar yang lain, dan (3) bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian serupa agar lebih memperhatikan waktu.