SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Instrumen Asesmen Menulis Tembang Macapat SMA/MA

Vina Dwi Novitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Novitasari, Vina Dwi. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Menulis Tembang Macapat SMA/MA. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunoto, M.Pd, (II) Dr. Nita Widiati, M.Pd.

 

Kata kunci: menulis tembang macapat, instrumen asesmen, validitas, reliabilitas, kepraktisan

 

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh penilaian kemampuan menulis tembang macapat di SMA yang memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut, yaitu (1) instrumen asesmen penilaian observasi masih belum jelas, (2) rendahnya validitas isi, (3) reliabilitas masih kurang, dan (4) instrumen yang digunakan masih belum memenuhi syarat kepraktisan. Dengan adanya hal tersebut, maka menyebabkan terhambatnya proses evaluasi dalam pembelajaran.

Penelitian ini akan menghasilkan seperangkat instrumen asesmen menulis tembang macapat untuk SMA/MA. Produk ini dikemas menjadi dua buku, yaitu buku pedoman dan buku instrumen asesmen menulis tembang macapat. Pedoman instrumen asesmen berisi (1) karakteristik, (2) kisi-kisi, dan (3) petunjuk penggunaan. Instrumen asesmen menulis tembang macapat berisi (1) tes 1, (2) tes 2, (3) rubrik pedoman observasi, (4) rubrik pedoman penyekoran tes 1, dan (5) rubrik pedoman penyekoran tes 2.

Tujuan dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mewujudkan instrumen asesmen menulis tembang macapat siswa SMA/MA. Secara khusus, tujuan penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini dirumuskan menjadi dua tujuan dengan memperhatikan syarat instrumen yang baik. Kedua tujuan tersebut adalah (1) terwujudnya instrumen asesmen menulis tembang macapat SMA/MA dengan memperhatikan validitas isi, validitas konstruk, reliabilitas, dan kepraktisan instrumen dan (2) terwujudnya pedoman instrumen asesmen menulis tembang macapat dengan memperhatikan kepraktisan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Model pengembangan yang dipakai adalah model Borg dan Gall yang dipadukan dengan teori pengembangan alat penilaian dari Harsiati. Terdapat empat tahap yang diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall, yaitu tahap prapengembangan, tahap pengembangan produk, tahap uji coba produk, dan tahap revisi. Tahap prapengembangan dihasilkan spesifikasi produk. Tahap pengembangan dilakukan sesuai dengan teori pengembangan Harsiati (2011:201—202) dan spesifikasi produk yang sudah dirumuskan. Tahap tersebut meliputi (1) memahami SK/KD, (2) menjabarkan kompetensi, (3) menentukan indikator produk, (4) menentukan alat penilaian, (5) menentukan indikator soal, (6) menyusun tugas kontekstual, dan (7) menyusun rubrik. Tahap uji coba melalui uji validasi ahli dan lapangan untuk menjawab tujuan penelitian. Tahap revisi dilakukan sampai instrumen asesmen menulis tembang macapat mencapai tahap final.

Pada analisis data Buku Instrumen Asesmen, hasil rata-rata uji coba ahli dan praktisi instrumen asesmen menulis tembang macapat pada aspek validitas isi mencapai persentase 86%. Hasil rata-rata uji coba ahli dan praktisi instrumen asesmen menulis tembang macapat pada aspek validitas konstruk mencapai persentase 82%. Hasil rata-rata uji coba ahli dan praktisi instrumen asesmen menulis tembang macapat pada aspek kepraktisan mencapai persentase 86%. Hasil rata-rata uji coba lapangan pada siswa instrumen asesmen menulis tembang macapat pada aspek kepraktisan mencapai persentase 86% . Hasil uji reliabilitas interrater pada tes 1 adalah sebesar 0,96 dan pada tes 2 sebesar 0,94. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat diketahui bahwa Buku Instrumen Asesmen Menulis Tembang Macapat layak untuk diimplementasikan.

Pada analisis data hasil wawancara Buku Pedoman Instrumen Asesmen Menulis Tembang Macapat dari ahli evaluasi, ahli materi sastra Jawa, dan praktisi produk layak untuk diimplementasikan. Produk telah memenuhi syarat kepraktisan. Walaupun demikian masih terdapat revisi yang perlu dilakukan demi kesempurnaan produk. Terdapat 2 bagian yang menjadi dasar revisi. Beberapa saran untuk dasar revisi meliputi perbaikan pada bagian (1) Buku Instrumen Asesmen dan (2) Buku Pedoman Instrumen Asesmen.

Saran pemanfaatan produk di antaranya adalah (1) praktisi disarankan untuk menggunakan instrumen untuk menilai keterampilan menulis tembang macapat, (2) disarankan bagi peneliti lain untuk menjadikan produk ini sebagai pedoman untuk melakukan penelitian serupa, (3) diseminasi produk ini disarankan melalui media internet dan MGMP, (4) produk instrumen asesmen ini disarankan untuk dipelajari dan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang memerlukan.