SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Motivasi Membaca dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP di Kota Malang

Muliyawati .

Abstrak


ABSTRAK

 

Muliyawati. 2015. Hubungan Motivasi Membaca dengan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Imam Agus Basuki, M.Pd, dan (II) Dr. Martutik, M.Pd.

 

Kata kunci: motivasi membaca, kemampuan menulis teks eksposisi

 

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat menuntut setiap orang untuk mengembangkan kemampuan dalam mendapatkan berbagai informasi secara cepat dan sebanyak-banyaknya. Salah satu cara mendapatkan informasi yaitu melalui membaca. Oleh sebab itu, pembelajaran di sekolah seharusnya diarahkan untuk mendorong siswa mendapatkan berbagai informasi dengan membaca. Salah satu faktor yang memengaruhi kemampuan membaca adalah psikologi yang di dalamnya ada aspek motivasi. Motivasi mempunyai peranan penting dalam membaca. Motivasi dalam membaca perlu ditumbuhkembangkan untuk mencapai hasil yang maksimal. Hasil dari membaca bisa diwujudkan dengan menulis. Seseorang yang sebelum menulis teks eksposisi mengawalinya dengan membaca terlebih dahulu akan mempunyai informasi tambahan yang lebih akurat dalam menyusun argumen daripada yang tidak membaca. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi membaca siswa kelas VII SMP di Kota Malang, (2) kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP di Kota Malang, dan (3) hubungan motivasi membaca dengan kemampuan menulis teks ekspsosisi siswa kelas VII SMP di Kota Malang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai hubungan motivasi membaca dengan kemampuan menulis teks eksposisi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Malang. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu motivasi membaca sebagai variabel bebas dan kemampuan menulis teks eksposisi sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di Kota Malang, sedangkan sampelnya menggunakan tiga sekolah di Kota Malang. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kota Malang. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP di Kota Malang dengan sampel 182 siswa dari tiga sekolah, yaitu SMPN 1 Malang, SMPN 20 Malang, dan SMPN 26 Malang. Data yang diperoleh ada dua, yaitu (1) data motivasi membaca berupa pilihan-pilihan jawaban yang disediakan dalam angket yang diwujudkan dalam bentuk skor motivasi membaca dan (2) data kemampuan menulis teks eksposisi berupa tes menulis teks eksposisi yang diwujudkan dalam bentuk skor. Kedua data termasuk dalam data kuantitatif, sehingga menggunakan teknik analisis korelasi product-moment dari Pearson.

Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, motivasi membaca siswa kelas VII SMP di Kota Malang tergolong tinggi dengan rentang skor 77—87  (42,86%). Kedua, kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP di Kota Malang tergolong sangat tinggi dengan rentang skor 88—98 (60,99%). Ketiga, ada hubungan motivasi membaca dengan kemampuan menulis teks eksposisi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar    0,021 < 0,05. Besarnya korelasi yaitu 0,171 menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara kedua variabel tersebut sangat rendah dan bertanda positif. Hal tersebut menunjukkan bahwa bentuk hubungan kedua variabel tersebut adalah berbanding lurus, yaitu jika motivasi membaca tinggi, maka kemungkinan kemampuan menulis teks eksposisi juga tinggi dan berlaku pula sebaliknya.

 

Berdasarkan hasil penelitian disampaikan saran sebagai berikut. Pertama, guru diharapkan mampu mempertahankan motivasi membaca dan kemampuan menulis teks eksposisi siswa. Kedua, siswa disarankan dapat mengelola motivasi membaca yang ada di dalam dirinya sendiri secara baik dan bijak karena motivasi membaca terbukti mempunyai hubungan dengan kemampuan menulis teks eksposisi. Ketiga, Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian mengenai motivasi membaca dengan kemampuan menulis teks eksposisi dengan wilayah populasi lain atau mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi membaca dan kemampuan menulis teks eksposisi siswa.