SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Malang

Ferina Desuatin

Abstrak


ABSTRAK

 

Desuatin, Ferina. 2015. Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Malang. Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd., (2) Indra Suherjanto, S.Pd., M.Sn.

 

Kata Kunci: Pembelajaran menulis, menulis teks, teks Ulasan

 

Pembelajaran menulis teks ulasan merupakan salah satu kompetensi baru dalam penerapan Kurikulum 2013 sehingga masih sedikit penelitian yang terkait dengan pembelajaran menulis teks ulasan. Meskipun teks ulasan bukan merupakan teks baru dan dikenal dengan nama resensi, akan tetapi dalam pembelajaran Kurikulum 2013 penyajiannya berbeda dengan pembelajaran resensi di Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 tersebut maka dilakukan penelitian dengan judul Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam pembelajaran menulis teks ulasan.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan dekriptif. Data penelitian ini berupa perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Data perencanaan berupa teks yaitu komponen-komponen rencana pelaksanaan pembelajaran. Data pelaksanaan berupa data verbal yang berisi informasi mengenai aktivitas kegiatan belajar mengajar pada kegiatan awal, inti, dan akhir. Data penilaian berupa angka dan data verbal berisi catatan hasil nilai yang dihasilkan dari pembelajaran menulis teks ulasan, perangkat evaluasi, dan informasi mengenai jenis dan pedoman penilaian serta tuturan pendidik yang dilaksanaan pada saat interaksi di kelas dalam melakukan penilaian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumen, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti sebagai instrumen kunci, pedoman wawancara, pedoman analisis data, pedoman observasi pelaksanaan dan penilaian, serta alat bantu rekam yang berupa kamera digital. Untuk menjaga kebahsahan data, dilakukan dengan teknik triangulasi data dengan sumber, metode, dan teori. Kegiatan analisis data dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga hasil penelitian sebagai berikut.  Pertama, perencanaan pembelajaran menggambarkan proses guru dalam menyusun RPP yaitu berpedoman pada KI dan KD. Identitas yang dituliskan dalam RPP sudah ditulis dengan lengkap. Alokasi waktu yang direncanakan disesuaikan dengan alokasi mata pelajaran. Kompetensi Inti ditulis sesuai dengan Permendikbud, kompetensi dasar berisi kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa, indikator telah memuat aspek yang harus diukur akan tetapi kurang dijelaskan secara spesifik. Tujuan dan metode pembelajaran masih dicantumkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sehingga tidak sesuai dengan Kurikulum 2013. Materi yang direncanakan memuat fakta, konsep, dan prosedur yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Media yang dicantumkan oleh pendidik tidak dapat menjadi perantara penyampaian materi pembelajaran. rencana kegiatan pembelajaran yang dicantumkan pendidik terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir. Rencana penilaian terdiri dari penilaian proses dan penilaian hasil yang dilakukan dengan teknik dan instrument yang dilengkapi dengan kriteria dan deskriptor penilaian. RPP yang disusun oleh guru terdapat upaya untuk menumbuhkan KI 1, membentuk KI 2, mengembangkan KI 3, dan mengaktifkan KI 4. Selain itu, RPP yang disusun oleh guru menerapkan pendekatan saintifik berupa aktivitas membentuk jejaring, mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengumpulkan informasi, dan mengomunikasikan.

Kedua, deskripsi pelaksanaan yaitu pada kegiatan awal pendidik tidak melakukan aktivitas penyampaian lingkup materi dan teknik penilaian yang akan dilakukan. Pada kegiatan inti terjadi aktivitas pengaturan pola duduk peserta didik, menyanyi bersama agar peserta didik tidak jenuh, penggunaan model diskusi untuk memudahkan siswa dalam menyelesaikan tugas, pendidik memberikan penjelasan dan bimbingan kepada peserta didik, pendidik menggunakan media berupa teks ulasan dan lembar kerja siswa tanpa menggunakan media lainnya, dan aktivitas pendidik  memberikan penguatan dengan penghargaan dan menegur siswa yang mengganggu berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Pada kegiatan penutup pendidik menyampaikan rencana kegiatan tindak lanjut tanpa melakukan refleksi dan penyimpulan pembelajaran. Dalam pelaksanaan terjadi upaya untuk menumbuhkan KI-1 sikap religius, KI-2 sikap sosial, KI-3 pengetahuan, dan KI-4 keterampilan. Selain itu, dalam pelaksanaan pembelajaran juga terjadi pengimplementasian metode saintifik yaitu membentuk jejaring, mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengumpulkan informasi, menganalisis, mencipta, dan mengomunikasikan.

Ketiga, deskripsi penilaian. Pendidik melakukan penilaian proses dan penilaian hasil. Pada penilaian proses pendidik menggunakan teknik observasi dan instrumen yang berupa lembar observasi. Hal yang dinilai dalam penilaian proses yaitu santun, jujur, dan percaya diri. Pada penilaian hasil, pendidik melakukan penilaian dengan teknik produk dan menggunakan instrumen yang berupa rubrik penilaian. Hal yang dinilai dalam penilaian hasil meliputi isi, organisasi, kalimat, pilihan kata, ejaaan, dan tanda baca. Pengonversian nilai pada penilaian proses yang dilakukan oleh guru tidak sesuai dengan Permendikbud No 104 Tahun 2013. Pengonversian nilai pada penilaian hasil sesuai dengan Permendikbud No 104 Tahun 2013.

 

ABSTRACT

 

Desuatin, Ferina. 2015. Teaching Writing Review Text in Students of 2nd Gradeat SMP Negeri 9 Malang. Thesis, Language Education Major, Indonesian and Region Literature. Indonesian Department. Faculty of Letters. State University of Malang. Advisors: (1) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd., (2) IndraSuherjanto, S.Pd. M.Sn.

 

Keywords: writing learning, writing text, text review

 

Learning writing review text is one of a new competencies in the application of 2013 curriculum so there is still minimal research conducted related to it. Although the kind of review text is not common and popular to be called as a book review, but in the learning of 2013 curriculum, it is presented in different way compared to 2006 Curriculum (KTSP). In order to realize the learning according to the 2013 curriculum, thus it is conducted this research entitled Learning Writing Review Textin Students of 2nd Gradeat SMP Negeri 9 Malang.This study is aimed to describe the learning planning for writing review text, to describe the implementation of learning writing review text, and to describe the assessment of learning writing review text.

This research uses qualitative research and descriptive approach. The data collection are in the form of planning data, implementation data, and data assessment. Planning data such as text which is namely the components of the implementation planning of learning. Implementation data in the form of verbal data that contains any information about the activities of teaching and learning such as initial activity, core activities, and end activities. Data assessment is in the form of numeric and verbal data that contains some notes of the result from learning writing review text, evaluation tools, and the information about the types and guidelines for assessment and teachers speech which is done at the time of interaction in class in doing the assessment. The data collection was done by using a document study technique, observation, interview, and documentation.The instrument used in this study relies on the researcher herself as thekey instrument, guideline for interview, guideline for doing data analysis, guideline for implementation and assessment observation, as well as other tools to record such as digital camera. To keep the validity of the data, the researcher conducted data triangulation technique. To analyze the data, it begins with reduction data, presentation data, and inference data.

Based on the result of analyzing the data, the researcher obtained three conclusions as follows. First, the learning planning describes the process of teachers in preparing the lesson plans based on the KI (Core Competency) and KD (Basic Competency). The identities written in the lesson plan have been written completely. The planned time allocation was adjusted to the allocation of the subjects. The core competency is written in accordance with Permendikbud, the basic competency consists of some skills which are supposed to be mastered by the students, the indicators have aspects that must be measured but, in fact, it is less specifically described. The objectives and learning methods are still included in the lesson plan so that it is not in accordance with the 2013 curriculum. The planned materials includes facts, concepts, and procedures that support the application of the learning objectives. Media listed by the teachers have not been able to mediate the delivery of learning materials. The learning activities planning inserted by the teachers consists of initial activities, core, and closing. The assessment planning consists of the assessment process and the assessment results conducted with the techniques and instruments which are equipped with assessment criteria and descriptors. There was an attempt to make KI 1, to form KI 2, to develop KI 3, and to enable KI 4 from the lesson plan compiled by teachers. In addition, the lesson plan prepared by teachers has implemented the scientific approach in the form of a networking activity, observing, asking, trying, reasoning, collecting information, and communicating something.

Second, the description of the implementation is the initial activity on whichthe teachers did not undertake the delivery of the material scope and assessment techniques to be performed. At the core activity, there wasan activity to set the learners sitting pattern, sing together so that studentsdo not feel bored, the use of discussion models to facilitate the students in completing the task, the teachers provide explanations and guidance to the students, the teachers simply using media such as review text and students worksheet without using other media, and the activity on which the teachers provide reinforcement to reward and reprimand the students who disrupt the course of teaching and learning. At the closing activity, the teachersconveyed the next planning for follow-up activities without reflection and inference learning. In the implementation, there has also been an attempt to grow the KI-1 religious attitude, KI-2 social attitudes, KI-3 knowledge, and KI-4 skills. Then, in the implementation of learning, it happens also the implementation of the scientific method of forming a network, observing, asking, trying, reasoning, collecting information, analyzing, creating, and communicating something.

 

Thirdly, a description for teacher assessment in doing the assessment process and the assessment results. In the assessment process, the teachers uses observation techniques and instruments such as observation sheet. The thing which is assessed in the assessment process included polite, honest, and confident. In the assessment of the results, the teacher did an assessment techniques and products using the instrument in the form of scoring rubric. The thing which is assessedin the assessment of the result included the results of content, organization, sentence and word choice, spelling and punctuation. The conversion value in the assessment process carried out by the teachers is not in accordance with Permendikbud No. 104 Tahun 2013. The conversion value in the assessment of the results carried out by the teachers is in accordance with PermendikbudNo. 104 Tahun2013.