SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STRUKTUR DAN CIRI BAHASA TEKS FABEL DALAM KARANGAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MALANG

ANITAH KARISMA ZAKI

Abstrak


ABSTRAK

 

Zaki, Anitah Karisma. 2015. Struktur dan Ciri Bahasa Teks Fabel dalam Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nita Widiati, M. Pd., (II) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M. Pd.

 

Kata kunci: struktur teks fabel, ciri bahasa teks fabel, fabel, pembelajaran menulis

 

Mengarang sebagai salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa sebagai salah satu aspek yang dipelajari dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Mengarang merupakan kegiatan menggunakan bahasa tulis untuk menyatakan isi hati secara menarik kepada pembaca. Salah satu kegiatan mengarang yang dilakukan siswa yaitu mengarang atau menulis teks fabel. Menganalisis kebahasaan pada teks fabel berarti memaparkan kelengkapan teks fabel hasil karangan siswa berdasarkan struktur teks fabel dan ciri bahasa teks fabel.

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kelengkapan struktur teks fabel karangan siswa kelas VIII SMP Negeri Malang dan kelengkapan ciri kebahasaan teks pada teks fabel karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Kelengkapan struktur teks dalam penelitian ini diuraikan dalam beberapa aspek yaitu judul, orientasi (perkenalan), komplikasi (muncul permasalahan), rangkaian peristiwa, resolusi, dan koda. Ciri bahasa teks fabel dalam penelitian ini diuraikan dalam beberapa aspek yaitu memuat tokoh, menggunakan kata-kata yang menunjukkan urutan kronologis peristiwa, menggunakan kata kerja untuk menggambarkan perilaku, dan menggunakan kata sifat untuk mendeskripsikan watak atau perilaku tokoh.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa analisis isi. Kehadiran peneliti pada kegiatan penelitian bertindak sebagai instrumen kunci yang terlibat sejak perencanaan penelitian, pelaksanaan pengumpulan data, analisis, menafsir data, dan peneliti menjadi pelapor hasil penelitiannya. Kegiatan penelitian dilakukan di SMP Negeri 8 Malang dengan mengamati kelas VIII. Data penelitian ini terdiri atas (1) struktur teks pada teks fabel karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang dan (2) ciri bahasa teks pada teks fabel karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Data yang telah diperoleh kemudian dilakukan penyeleksian yang disesuaikan dengan kriteria. Sumber data diperoleh dari kumpulan teks fabel karangan siswa kelas VIII. Peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa tabel analisis dengan memuat struktur serta ciri kebahasaan teks fabel. Data yang telah diperoleh, dibaca, diidentifikasi, dilakukan pengkodean data dari hasil analisis. Penganalisisan data telah dilakukan, data diperiksa keabsahan datanya dengan tiga teknik, yaitu triangulasi, ketekunan pengamat, pemeriksaan teman sejawat yang berkompeten. Tahap akhir penelitian dilakukan pelaporan dalam bentuk laporan penelitian.

Penelitian ini telah ditemukan dua hal utama. Pertama, dari 24 teks fabel karangan siswa jika dilihat dari kelengkapan struktur, terdapat  2 buah karya siswa yang tidak memenuhi kelengkapan struktur teks. Kekurang yang ada pada teks siswa terdapat pada aspek koda. Siswa tidak mencantumkan aspek koda pada karya mereka. Kekurangan dari segi kelengkapan struktur teks maka akan menjadikan karangan tersebut tidak memiliki kemenarikan ketika dibaca. Kerterkaitan antara struktur berpengaruh untuk menghasilkan sebuah teks yang menarik. Kedua, dilihat dari kelengkapan ciri kebahasaan teks. Teks fabel hasil karangan siswa kelas VIII yang berjumlah 24 telah ditemukan bahwa karya siswa telah memenuhi kelangkapan ciri bahasa dari empat aspek yang ada dalam teks fabel. Siswa telah mencantumkan keempat ciri kebahasaan teks fabel dengan baik meskipun ciri kebahasaan yang dicantumkan oleh siswa banyak memiliki kesamaan pada beberapa ciri kebahasaan.

 

Hasil penelitian ini adalah memberikan deskripsi mengenai teks fabel karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang dari segi kelengkapan struktur teks dan kelengkapan ciri bahasa teks fabel. Hasil tersebut diharapkan dapat digunakan oleh guru, peneliti, dan praktisi pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan mengarang teks fabel di kelas VIII SMP Negeri 8 Malang agar kelak hasil karangan siswa dapat meningkat lebih baik lagi dari sebelumnya.