SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Video Pendek Fenomena Alam dan Sosial terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI SMKN 5 Malang

Vita Devi Susanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Susanti, Vita Devi. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Video Pendek Fenomena Alam dan Sosial terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI SMKN 5 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd., (II) Drs. Dwi Saksomo, M.Si.

 

Kata Kunci: Video pendek, teks eksplanasi kompleks, pembelajaran menulis

 

Menulis teks eksplanasi kompleks merupakan salah satu kompetensi dasar di SMA/MA/SMK kelas XI. Teks eksplanasi kompleks merupakan teks yang menjelaskan proses mengapa atau bagaimana suatu peristiwa terjadi. Mengacu pada kriteria tulisan teks eksplanasi kompleks yang menitikberatkan pada proses terjadinya suatu peristiwa serta merupakan wacana ilmiah, maka dibutuhkan bantuan media agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pendek fenomena alam dan sosial terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks pada 4 aspek, yaitu (1) kelengkapan isi, (2) keruntutan dan kelengkapan tahapan, (3) kalimat sebab-akibat, dan (4) kualitas ejaan dan tanda baca.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 5 Malang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 2 (kelas eksperimen) dan TKJ 3 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah video, tes untuk menulis teks eksplanasi kompleks, dan rubrik penilaian. Teknik pengumpulan data dengan tes menulis teks eksplanasi kompleks. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan video pendek fenomena alam dan sosial dalam menulis teks eksplanasi kompleks, sedangkan kelas kontrol tanpa video. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney U dengan bantuan SPSS 16.0  for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media video pendek fenomena alam dan sosial terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks. Penggunaan media video pendek fenomena alam dan sosial berpengaruh pada empat aspek, yaitu (1) kelengkapan isi, siswa mampu menulis teks eksplanasi kompleks sesuai dengan kelengkapan isi yang meliputi pernyataan umum, semua tahapan dari proses terjadinya fenomena, dan simpulan yang berisi opini atau simpulan dari teks; (2) keruntutan dan kelengkapan tahapan, siswa mampu menuliskan semua tahapan dari suatu fenomena secara runtut dan lengkap; (3) kalimat sebab-akibat, kalimat sebab-akibat tersebut memiliki konjungsi sebab atau akibat, seperti karena, akibatnya, dan disebabkan oleh; dan (4) kualitas ejaan dan tanda baca. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata nilai kelas eksperimen pada waktu postes adalah 91, sedangkan kelas kontrol 81. Selain itu, rata-rata skor tiap aspek dalam menulis teks eksplanasi kompleks kelas eksperimen juga lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata tiap aspek tersebut, yaitu (1) kelengkapan isi kelas eksperimen memiliki rata-rata 3,7, sedangkan kelas kontrol 3,4; (2) keruntutan dan kelengkapan tahapan kelas eksperimen memiliki rata-rata 3,9, sedangkan kelas kontrol 3,5; (3) kalimat sebab-akibat kelas eksperimen memiliki rata-rata 3,7, sedangkan kelas kontrol 3,4; dan (4) kualitas ejaan dan tanda baca kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 3,1, sedangkan kelas kontrol 2,6.

 

Saran yang diajukan peneliti meliputi (1) guru sebagai pendidik dapat menggunakan video pendek fenomena alam dan sosial sebagai salah satu alternatif media dalam menulis teks eksplanasi kompleks agar pembelajaran lebih menarik, (2) siswa disarankan untuk selalu berlatih menulis teks eksplanasi kompleks dengan baik dan benar, (3) peneliti lain dapat melakukan penelitian dengan menggunakan media video pendek fenomena alam dan sosial untuk mengetahui kemampuan siswa pada kompetensi dasar yang lain selain kompetensi dasar memproduksi teks eksplanasi kompleks, dan (4) hasil penelitian ini hanya berlaku di SMKN 5 Malang, oleh karena itu perlu penelitian di sekolah lain.