SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Menyusun Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang Tahun Ajaran 2014/2015.

Hamdan Aziz

Abstrak


ABSTRAK

 

Aziz, Hamdan. 2015. Pembelajaran Menyusun Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Sastra  Indonesia,  Fakultas  Sastra,  Universitas  Negeri  Malang. Pembimbing: (I) Dr. Kusubakti Andajani, M. Pd., (II) Dr. Titik Harsiati, M. Pd.

 

Kata kunci: pembelajaran menyusun teks cerpen, menyusun teks cerpen.

 

Teks yang tersedia dalam Kurikulum 2013 jenjang SMP kelas VII meliputi teks hasil observasi, deskripsi, eksposisi, eksplanasi, dan cerpen.  Namun, dari kelima teks tersebut hanya teks cerpen yang termasuk dalam teks sastra. Cerpen merupakan satu-satunya teks yang paling diminati siswa dibandingkan dengan teks yang lain, karena bentuknya ringkas dan mudah dipahami. Selain itu, melalui pengalaman  menulis  cerpen,  siswa  juga  bisa  mengekspresikan  Ide/Gagasan mereka menjadi lebih indah dan tidak terpaku pada kaidah kebahasaan yang kaku. Oleh karena itu, untuk memaksimalakan kekreatifan siswa maka perlu diberi perhatian  lebih  terhadanp  Pembelajaran  Menyusun  Teks  Cerpen  pada  jenjang SMP.

Tujuan  penelitian  ini  adalah  (1)  mendeskripsikan  perencanaan pembelajaran menyusun teks cerpen, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menyusun teks cerpen, dan (3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran menyusun teks cerpen siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa data kualitatif dari observasi, wawancara  pendokumentasian, dan telaah dokumen, meliputi (1) data perencanaan pembelajaran menyusun teks cerpen, (2) data pelaksanaan pembelajaran menyusun teks cerpen, dan (3) data penilaian pembelajaran menyusun teks cerpen. Instrumen pendukungnya berupa lembar observasi, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dari dokumentasi dalam rangka mengumpulkan data- data untuk keperluan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumusan perencanaan tujuan pembelajaran menyusun teks cerpen didasarkan pada Kurikulum 2013. Dalam identitas RPP, guru mencantumkan nama sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, dan alokasi waktu. Penjabaran indikator dan tujuan pembelajaran mengacu pada KI dan KD dalam Standar Isi. Materi dan media yang dirumuskan guru sesuai dengan tujuan pembelajaran. Metode yang dipilih oleh guru sangat bervariasi,  yakni  metode  curah  pendapat,  diskusi, dan  inkuiri.  Namun,  dalam pelaksanaannya guru lebih menekankan pada metode diskusi. Dalam RPP yang dirancang guru, sumber belajar kurang bervariasi, hal ini disebabkan karena guru kurang kreatif. Penilaian pembelajaran yang dirumuskan secara keseluruhan mencangkup penilain sikap, penilaian ketrampilan, dan penilaian pengetahuan.

 

Pelaksanaan pembelajaran terdiri atas kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pembelajaran dalam kegiatan awal yaitu, pemfokusan tujuan pembelajaran dan curah pendapat. Pemfokusan tujuan dilakukan untuk mengarahkan   pembelajaran,   sedangkan   curah   pendapat bertujuan untuk mengetahui skemata siswa tentang teks cerpen. Namun, guru belum memberikan kaitan antara materi terdahulu dengan materi yang dipelajari. Tahapan yang dilakukan guru pada kegiatan inti yaitu, diskusi dan kelompok belajar untuk menyusun teks cerpen. Kegiatan penutup meliputi  kesimpulan terhadap pembelajaran yang telah berlangsung dan kegiatan tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya. Namun,