SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Karakteristik Alur dan Gaya Bahasa Cerpen Mahasiswa Universitas Negeri Malang tahun 2014.

Sripitajeng Retnaning Arimbi

Abstrak


ABSTRAK

 

Arimbi, Sripitajeng Retnaning. 2015. Karakteristik Alur dan Gaya Bahasa Cerpen Mahasiswa Universitas Negeri Malang tahun 2014. Skripsi,Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd, Pembimbing (II) Dr. Gatut Susanto, M.M., M.Pd

 

Kata Kunci: cerita pendek, alur, gaya bahasa

 

Cerpen atau cerita pendek merupakan salah satu bentuk prosa fiksi. Cerpen merupakan karangan fiksi singkat, sederhana, dan berisi masalah tunggal, yang habis dibaca sekali duduk. Terdapat dua unsur pembangun cerpen, yakni unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik meliputi tema, tokoh, perwatakan, alur, latar, gaya bahasa, dan amanat. Delapan unsur tersebut saling berkaitan sehingga menjalin sebuah cerita yang lengkap. Menurut beberapa ahli, alur dan gaya bahasa merupakan unsur intrinsik yang penting dan menarik untuk dikaji.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik alur dan gaya bahasa cerpen Mahasiswa Universitas Negeri Malang tahun 2014.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kajian teks atau dokumentasi. Data penelitian ini merupakan kutipan teks cerpen yang memenuhi aspek deskripsi tentang karakteristik alur dan gaya bahasa cerpen mahasiswa Universitas Negeri Malang tahun 2014. Sumber data  penelitian ini adalah 32 cerpen karya mahasiswa Universitas Negeri Malang tahun 2014 hasil lomba menulis cerpen yang diselenggarakan HMJ Sastra Indonesia tahun 2014. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung yang digunakan adalah tabel analisis. Kegiatan analisis data dimulai dari (1) reduksi data, meliputi kegiatan memilih data-data yang diperlukan, kemudian mengklasifikasikan sesuai dengan rumusan masalah dan memberikan kode pada setiap data, (2) penyajian data , meliputi penyajian temuan data karakteristik alur dan gaya bahasa ke dalam tabel, (3) penarikan kesimpulan, peneliti mengemukakan simpulan simpulan dari analisis data yang telah dilakukan pada tahapan sebelumnya.

Hasil penelitian ini adalah karakteristik alur dan gaya bahasa cerpen mahasiswa Universitas Negeri Malang tahun 2014. Pada karakteristik alur, dibahas mengenai dua aspek yakni dari segi pola pengembangan alur dan jenis alur. Pada segi pola pengembangan alur, terdapat lima pola pengembangan alur yakni (1) pola pengembangan alur lengkap, (2) pola pengembangan alur tanpa komplikasi, (3) pola pengembangan alur tanpa klimaks, (4) pola pengembangan alur tanpa peleraian, dan  (5) pola pengembangan alur tanpa adanya tahap komplikasi, klimaks, dan peleraian. Dari segi jenis alur, ditemukan tiga alur dalam cerpen mahasiswa Universitas Negeri Malang tahun 2014 yakni alur progresif, sorot balik, dan campuran.

Karakteristik gaya bahasa yang ditemukan dalam cerpen mahasiswa Universitas Negeri Malang tahun 2014 meliputi penggunaan pemajasan, penyiasatan struktur, dan citraan. Pertama, pada pemajasan, mahasiswa menggunakan majas simile, metafora, personifikasi, hiperbola, paradoks,  metonimia dan sinekdoke. Kedua, pada penyiasatan struktur mahasiswa menggunakan repetisi, anafora, polisindenton, asindenton, alitrasi, dan klimaks. Ketiga, pada citraan ditemukan citraan yang meliputi citraan penglihatan, citraan pendengaran, citraan pendengaran dan penciuman, citraan gerak dan penglihatan, citraan pendengaran dan gerak, dan citraan gerak, pendengaran, dan penglihatan.

 

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga saran yang dapat disampaikan kepada beberapa pihak, yakni (1) mahasiswa Universitas Negeri Malang, disarankan untuk mempertahankan kreativitas dalam menulis cerpen agar cerpen yang dihasilkan tetap bersifat utuh dan menarik. Dari segi gaya bahasa, mahasiswa disarankan lebih terampil dalam menggunakan gaya bahasa yang mengandung unsur keindahan dan citraan agar cerpen lebih menarik, (2) HMJ Sastra Indonesia, disarankan supaya memperbanyak latihan kepenulisan terutama cerpen. HMJ Sastra Indonesia juga dapat mengadakan lomba menulis setiap bulan bahasa namun dalam karya sastra yang berbeda misalnya puisi, dan (3) peneliti selanjutnya, disarankan  melakukan penelitian sejenis dengan subjek Mahasiswa Universitas Negeri Malang namun dengan jenis karya yang berbeda agar dapat mengetahui bagaimana hasil karya mahasiswa Universitas Negeri Malang terutama dalam ketrampilan menulis.