SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MALANG TAHUN AJARAN 2014-2015

Grecindya Puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari, Grecindya. 2015. Pembelajaran Menyusun Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Malang Tahun Ajaran 2014-2015. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Kusubakti Andajani, S.Pd., M.Pd., (II) Dr. H. Nurhadi, M.Pd.

 

Kata Kunci: pembelajaran menulis, menulis, teks ulasan

 

Menulis adalah kegiatan seseorang menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan yang hasil akhirnya berupa karangan. Pembelajaran menulis sering dianggap sebagai pembelajaran yang sulit untuk diajarkan oleh pendidik. Menyusun teks ulasan adalah salah satu kegiatan menulis yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII berdasarkan Kurikulum 2013. Kompetensi dasar untuk pembelajaran menyusun teks ulasan adalah 4.2 menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan teks ulasan sesuai dengan karakteristik teks  yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Dengan adanya kompetensi dasar tersebut peserta didik dituntut untuk dapat menuliskan teks ulasan secara individu.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menyusun teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang. Sejalan dengan tujuannya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian perencanaan berupa komponen RPP, data pelaksanaan berupa informasi dan tuturan kegiatan pembelajaran, dan pada penilaian berupa informasi mengenai penilaian yang dilakukan pendidik. Sumber data perencanaan berupa RPP, sumber data pelaksanaan berupa kegiatan interaksi pembelajaran dan catatan hasil observasi, sedangkan sumber data penilaian berupa interaksi penilaian di dalam kelas. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung yang digunakan adalah panduan analisis RPP, pedoman observasi, dan pedoman wawancara

Hasil penelitian ini memuat perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran menyusun teks ulasan. Perencanaan yang disusun oleh pendidik bahasa Indonesia meliputi (1) identitas RPP, (2) kompetensi inti, (3) kompetensi dasar dan indikator, (4) tujuan pembelajaran, (5) materi pembelajaran, (6) metode pembelajaran, (7) media, alat, dan sumber belajar, (8) langkah-langkah kegiatan pembelajaran, serta (9) penilaian. Identitas RPP berisi satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, dan alokasi waktu. Kompetensi inti memasukkan empat kompetensi, yaitu aspek spiritual, sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi dasar dan indikator yang tercantum didasarkan pada kompetensi inti yang sudah ada. Tujuan pembelajaran memasukkan tujuan dari aspek pengetahuan dan keterampilan. Materi yang dicantumkan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan berlangsung. Metode yang digunakan mendukung peserta didik untuk menghasilkan suatu karya atau tulisan. Media, alat, dan sumber belajar mendukung pembelajaran menyusun teks ulasan menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan membuat peserta didik aktif. Langkah-langkah pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan juga memunculkan pendekatan saintifik. Penilaian yang dicantumkan pendidik meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, serta penumbuhan KI-1, KI-2, KI-3, KI-4, dan implementasi pendekatan saintifik meskipun belum benar-benar membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran. Media yang digunakan pendidik sederhana, namun mampu membuat pembelajaran berlangsung secara aktif. Metode yang digunakan berupa pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan dengan cara menyusun teks ulasan secara berkelompok. Pada penilaian pembelajaran terdapat penilaian sikap (proses) dan penilaian keterampilan (hasil). Penilaian sikap dilakukan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Kegiatan ini diperoleh dari keaktifan peserta didik ketika kegiatan belajar menyusun teks ulasan. Penilaian keterampilan dilakukan ketika tulisan peserta didik sudah selesai dibuat.

 

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat dua saran yang dapat disampaikan yakni, (1) pendidik bahasa Indonesia, disarankan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang memenuhi kriteria penyusunan RPP dan memanfaatkan segala sesuatu yang berguna dalam pembelajaran yang akan berlangsung. Pada pelaksanaan pembelajaran, pendidik diharapkan dapat memberikan ruang yang cukup bagi peserta didik untuk mengeksplorasi pengetahuannya dalam menemukan sesuatu yang baru. Pada penilaian, pendidik diharapkan dapat memberikan nilai individu untuk penilaian hasil agar peserta didik lebih terbiasa bersikap mandiri dalam mengerjakan tugas, (2) peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan referensi bagi peneliti selanjutnya untuk merancang pembelajaran yang lebih baik, khususnya dalam pembelajaran menyusun teks ulasan. Persiapan dan pelaksanaan pembelajaran yang matang akan meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Dalam mengadakan penelitian pembelajaran, disarankan dapat mengetahui kebutuhan pembelajaran yang ada di lapangan.