SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Motivasi Sebagai Dasar Perencanaan Lakuan dan Vokal dalam Naskah Drama "Pada Suatu Hari" karya Arifin C. noor

Laili Ulfia Puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari, Laili Ulfia. 2013. Motivasi Sebagai Dasar Perencanaan Lakuan dan Vokal dalam Naskah Drama “Pada Suatu Hari” Karya Arifin C. Noor. Skripsi, Jurusan Sastra, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. H. Abdul Syukur Ghazali, M.Pd, (II) Indra Suherjanto, S.Pd., M.Sn

 

Kata  kunci : jenis motivasi, sifat motivasi, teknik dialog, lakuan dan movement

 

Drama merupakan salah satu bentuk kesenian di Indonesia. Dalam bermain drama tidak bisa lepas dari akting. Akting adalah peragaan, penampilan satu peran yang menyebabkan penonton dapat tersangkut pada ilusi yang dibangun aktor. Salah satu unsur atau sarana dalam berakting adalah movement. Movement terjadi sebagai pemenuhan motivasi.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yang mencakup jenis motivasi, sifat motivasi, vokal yang dihasilkan berdasarkan motivasi, dan lakuan/movement yang dihasilkan berdasarkan motivasi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kepustakaan. Data penelitian yang berupa teks dialog dan petunjuk lakuan dalam penelitian ini diperoleh dari naskah drama  “Pada Suatu Hari” karya Arifin C. Noor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode studi dokumentasi. Instrument yang diguanakan oleh peneliti berupa tabel analisis unit naskah dan gambar lakuan dan movement. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap identifikasi data, klasifikasi data, tahap interpretasi dan tahap penarikan kesimpulan data.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, jenis motivasi yang didapatkan oleh masing-masing tokoh. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat dua jenis motivasi yang didapatkan tokoh yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal.

Kedua, sifat motivasi yang menjadi dasar tokoh dalam mengucapkan dialog dan melakukan movement. Sifat motivasi yang didapatkan tokoh dalam naskah “Pada Suatu Hari” karya Arifin C. Noor ini adalah motivasi kuat dan motivasi lemah. 

Ketiga, teknik dialog yang diucapkan oleh masing-masing tokoh. Teknik dialog yang diucapkan tokoh bisa kuat dan bisa lemah. Kuat dan lemahnya dialog yang diucapkan meliputi volume, nada, dan tempo saat berdialog. Apabila sifat motivasi tokoh untuk mengucapkan dialog tersebut kuat, maka dialog yang diucapkan mempunyai volume suara yang keras, nada tinggi, dan tempo yang cepat. Demikian sebaliknya.

 

Keempat, lakuan/movement yang dilakukan oleh tokoh. Kuat dan lemahnya lakuan/movement juga dipengaruhi oleh sifat motivasi. Motivasi tersebut adalah motivasi yang bersifat kuat atau lemah. Kuat lemahnya lakuan/movement yang dilakukan meliputi ekspresi, gesture, dan cara tokoh berjalan. Apabila motivasi yang didapatkan tokoh adalah kuat, maka lakuan/movement tokoh tersebut kuat.