SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Teks Negosiasi melalui Menulis-Berbicara untuk Siswa SMK

Nurul Dwi Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Nurul Dwi. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Teks Negosiasi melalui Menulis-Berbicara untuk siswa SMK. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakutas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Imam Suyitno, M. Pd., (II) Drs. Dwi Saksomo, M.Si.

 

Kata Kunci: Multimedia, teks negosiasi, menulis, berbicara, siswa SMK

 

Kompetensi berbicara dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu kompetensi berbicara yang perlu dikuasai bagi siswa SMK adalah kemampuan bernegosiasi. Dalam Kurikulum 2013, terdapat kompetensi dasar memproduksi teks negosiasi sesuai kaidah baik secara lisan maupun tulis. Kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran diantaranya menulis teks negosiasi dan praktik bernegosiasi. Untuk lebih dapat mencapai kompetensi tersebut, dibutuhkan multimedia pembelajaran. Multimedia untuk pembelajaran teks negosiasi melalui menulis-berbicara dikembangkan karena belum pernah ada di lapangan dan keberadaannya dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran.

Tujuan pengembangan multimedia pembelajaran ini adalah (1) menghasilkan multimedia pembelajaran teks negosiasi melalui menulis-berbicara untuk siswa SMK kelas X semester 2 sehingga dapat memotivasi siswa dalam kegiatan menulis teks negosiasi dan praktik bernegosiasi sesuai kaidah yang baik dan benar, (2) mendeskripsikan kelayakan multimedia pembelajaran teks negosiasi melalui menulis–berbicara untuk siswa SMK kelas X semester 2.

Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian pengembangan. Langkah-langkah penelitian pengembangan yang disimpulkan meliputi (1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) perancangan media, (3) pengembangan produk media, (4) uji produk media, dan (5) revisi produk. Data yang dihasilkan dari penelitian ini adalah data kualitatif berupa kritik dan saran dari ahli materi, ahli media, praktisi (guru) dan siswa. Data kuantitatif dihasilkan dari uji kelayakan media dengan rentang skor 4,3,2, dan 1 pada tiap pertanyaannya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan angket.

Media yang dikembangkan mencakup spesifikasi sebagai berikut. (1) kompetensi dasar yaitu memproduksi teks negosiasi sesuai kaidah baik secara lisan maupun tulis; (2) produksi media mencakup aplikasi dan spesifikasi hardware dan software yang digunakan; (3) isi media meliputi (a) pembuka terdiri atas pengantar, petunjuk, dan identitas pembelajaran, (b) materi terdiri atas (i) contoh video negosiasi, (ii) kuis berisi pertanyaan interaktif mengenai struktur isi negosiasi, kaidah kebahasaan negosiasi, dan perilaku dalam negosiasi, (iii) kegiatan negosiasi berisi materi tentang menulis teks negosiasi dan praktik bernegosiasi, dan (iv) latihan berisi pilihan tema, (c) penutup terdiri atas biodata pengembang dan menu “keluar”; (4) tampilan media mencakup desain tampilan, komunikasi visual, dan kemudahan navigasi; (5) Hasil produk akhir dikemas dalam bentuk CD dengan format executable (*.exe.)

Berdasarkan hasil uji produk diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil uji produk dari aspek kelayakan isi rata-rata diperoleh persentase 83,67%, aspek tampilan media rata-rata diperoleh persentase 87,16%, aspek sajian media diperoleh persentase rata-rata 80,96%, dan aspek bahasa diperoleh persentase rata-rata 85,83%. Keseluruhan hasil uji produk menunjukkan media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan dapat diimplementasikan.

 

Berdasarkan pengembangan media ini, disarankan agar dilakukan pengembangan multimedia pembelajaran untuk materi negosiasi atau materi-materi lain yang lebih interaktif dan inovatif. Media ini juga dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk melakukan pengkajian dan pengembangan yang lebih lanjut sehingga diperoleh media sejenis yang lebih baik. Adapun pembuatannya sebaiknya juga memperhatikan kelemahan-kelemahan multimedia pembelajaran yang sudah ada.