SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015

Yuli Andari Syamsiati

Abstrak


ABSTRAK

 

Syamsiati, Yuli Andari. 2015. Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd (II) Dr. Sunaryo HS., S.H., M.Hum

 

Kata Kunci: teks deskripsi, menulis, pancaindra.

 

Teks deskripsi salah satu teks yang diajarkan pada Kurikulum 2013, teks tersebut sudah ada pada kurikulum sebelumnya sehingga teks deskripsi dianggap penting. Teks deskripsi merupakan tulisan yang memaparkan suatu objek tertentu berdasarkan pancaindra (penglihatan, penciuman, pendengaran, peraba, dan perasa) yang bertujuan agar pembaca seolah-olah melihat, mencium, mendengar, meraba dan merasakan objek yang dipaparkan. Pembelajaran teks deskripsi diajarkan di SMP Negeri 9 Malang agar siswa dapat menggambarkan suatu objek dengan baik.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan struktur, kesatuan dan pengembangan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa kata-kata yang membentuk teks deskripsi siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan berupa tugas menulis karangan deskripsi dengan objek yang telah ditentukan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang mampu menulis deskripsi bagian berdasarkan pancaindra (penglihatan, penciuman, pendengaran, peraba, dan perasa). Kesatuan teks deskripsi dapat diukur melalui hubungan antara judul, kalimat topik, deskripsi, dan simpulan. Judul teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang terlalu umum sehingga kurang cocok sebagai judul sebuah teks deskripsi. Ada enam menuliskan judul dengan tepat. Kalimat topik dalam karangan siswa disampaikan secara singkat dan jelas. Siswa menulis deskripsi berdasarkan pancaindra (melihat, mendengar, mencium, meraba, dan merasa). Simpulan teks deksripsi siswa berupa deskripsi bagian. Pengembangan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang dideskripsikan secara ekspositoris, yaitu mendeskripsikan suatu objek secara faktual.

 

Peneliti mengajukan saran kepada tiga pihak yaitu guru, siswa, dan peneliti lain. Bagi guru, disarankan untuk menyampaikan materi teks deskripsi dengan contoh langsung di sekitar lingkungan sekolah agar siswa lebih mudah memahami. Guru disarankan untuk sering memberikan tugas secara terbimbing agar siswa bisa menulis karangan teks deskripsi dengan benar. Bagi siswa, disarankan untuk banyak membaca dan berlatih menulis agar mempunyai banyak pengalaman, memperkaya pembendaharaan kosakata, dan memperoleh banyak referensi. Bagi peneliti lain yang ingin meneliti dengan topik yang sama, disarankan dapat menggunakan jenis penelitian yang lain, misalnya menggunakan penelitian kuantitatif. Jika menggunakan penelitian kualitatif, peneliti menyarankan untuk meneliti berdasarkan kesalahan ejaan, tanda baca, dan ciri bahasa siswa dalam teks deskripsi.