SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Ragam Teks dalam Buku Pelajaran SMA

Rini Endang Miasih

Abstrak


ABSTRAK

 

Miasih, Rini Endang. 2015. Ragam Teks dalam Buku Pelajaran SMA. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyono, M. Pd., (II)Dr. H. Nurhadi, M.Pd.

 

Kata kunci: ragam teks, buku pelajaran SMA

Buku pelajaran sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran. Keberadaan buku pelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran karena di dalam buku teks terdapat materi, tugas, dan teks-teks yang dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran. Teks sebagai bahan ajar selalu digunakan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung baik dari mata pelajaran Bahasa Indonesia maupun mata pelajaran lain. Teks sebagai sumber belajar pada umumnya sesuatu yang harus dipelajari.Teks berisi satuan bahasa yang mengandung makna, pikiran, dan gagasan yang lengkap secara tertulis.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ragam teks dalam buku pelajaran SMA berdasarkan (1) isi, (2) penyampaian gagasan, dan (3) genre.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan desain penelitian deskriptif.

Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pengodean,tabel pengumpuldata, dan pedoman analisis. Data penelitian ini berwujud teks dalam bentuk gagasan-gagasan dan kalimat dalam buku pelajaran SMA.Sumber data penelitian ini adalah buku pelajaran SMA kelas X, XI, dan XII program IPA-IPS sebanyak 47 buku pelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca secara mendalam buku pelajaran SMA kelas X, XI, dan XII program IPA-IPS. Kegiatan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan data dilakukan dengan berdiskusi dengan ahli atau pakar, membaca berulang-ulang data yang diteliti,melakukan teknik ketekunan pengamatan, pengecekan kesesuaian antara data yang diperoleh dengan teori yang menjadi landasan penelitian, dan diskusi dengan teman sejawat yang mengerti dengan topik masalah penelitian.

Berdasarkan hasil analisis data ragam teks buku pelajaran SMA diperoleh tiga hasil penelitian. Pertama, ragam teks dalam buku pelajaran SMA berdasarkan isinya ditemukan delapan ragam teks yang terdiri atasteks sosial, ekonomi, hukum, olahraga, teks agama, budaya, industri, dan pemerintahan. Ragam teks yang tidak ditemukan dalam buku pelajaran SMA, yaitu teks politik dan militer. Kedua, ragam teks dalam buku pelajaran SMA berdasarkan penyampaian gagasan ditemukan lima ragam teks yang terdiri atas teks narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. Ketiga, ragam teks dalam buku pelajaran SMA berdasarkan genreditemukanditemukan sebanyak 23 ragam yang terdiri atas 17ragam teks faktual dan 6 ragam teks sastra. Tujuh belas ragam teks faktual tersebut, yakni (1) teks cerita ulang, (2) laporan hasil observasi, (3) prosedur kompleks, (4) negosiasi, (5) berita, (6) biografi, (7) eksplanasi, (8) kuis, (9) resensi, (10) esai, (11) iklan, (12) lamaran pekerjaan, (13) laporan informasi, (14) laporan diskusi, (15) pidato, (16) diskusi, dan (17) proposal. Sementara enam ragam teks sastra yang ditemukan, yaitu(18) teks drama, (19) anekdot, (20) pantun,(21) cerpen, (22) puisi, dan (23) lirik lagu.

Berdasarkan hasil penelitian ragam teks dalam buku pelajaran SMA, terdapat saran yang ditujukan kepada guru dan penulis buku teks. Pertama, guru disarankan untuk menambah topik teks politik dan militer agar wawasan siswa bertambah. Hal ini karena pada hasil pembahasan ragam teks berdasarkan isinya, tidak ditemukan teks politik dan militer.Kedua, penulis buku tekssebaiknya lebih memperbanyak jenis teks kuis agar isi dalam buku teks lebih bervariasi. Hal ini karena pada hasil pembahasan ragam teks berdasarkan genre ditemukan teks kuis tetapi dalam jumlah yang sedikit.