SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Paragraf Skripsi Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang

Ririn Mufaridah

Abstrak


ABSTRAK

 

Mufaridah, Ririn. 2015. Penggunaan Paragraf Skripsi Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryo H.S, S.H, M.Hum. (II) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd.

 

Kata Kunci: Penggunaan paragraf, skripsi, mahasiswa Jurusan Seni dan Desain

 

Salah satu persyaratan menyelesaikan program sarjana di perguruan tinggi adalah menulis skripsi. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang ditulis dengan memperhatikan penggunaan bahasa, yaitu bahasa yang baik dan benar. Skripsi sebagai karya ilmiah terdiri atas paragraf-paragraf yang berhubungan satu dengan yang lain. Penggunaan paragraf merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan terkait dengan penulisan skripsi. Paragraf yang memiliki kesatuan dan kepaduan akan menjadi perantara bagi penulis menyampaikan gagasannya kepada pembaca. Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan paragraf skripsi mahasiswa Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang. Penelitian ini difokuskan pada unsur-unsur, kepaduan, dan pengembangan paragraf.

Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih karena sesuai dengan rumusan masalah, yaitu mendeskripsikan penggunaan paragraf dalam skripsi mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif karena penelitian ini mendeskripsikan paragraf skripsi mahasiswa berdasarkan struktur, kepaduan, dan pengembangannya. Instrumen penelitian ini adalah peneliti dan alat bantu berupa panduan analisis. Data penelitian ini adalah paragraf-paragraf yang dilihat dari unsur-unsur, kepaduan, dan pengembangan paragraf skripsi mahasiswa Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang. Sumber data penelitian ini adalah skripsi mahasiswa Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang tahun 2014. Analisis data pada penelitian ini melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, pemeriksaan, penyimpulan, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pengonsultasian kepada dosen pembimbing.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, banyak ditemukan unsur-unsur paragraf skripsi mahasiswa Jurusan Seni dan Desain yang tidak jelas dilihat dari ide pokok, kalimat topik, dan kalimat-kalimat penjelasnya. Kedua, banyak ditemukan paragraf yang tidak padu disebabkan oleh perbedaan ide pada kalimat-kalimat penyusunnya, masalah kebahasaan, dan adanya kalimat sumbang. Ketiga, model pengembangan paragraf yang paling banyak digunakan adalah model pengembangan umum-khusus atau deduktif. Model pengembangan lain pada paragraf skripsi mahasiswa Jurusan Seni dan Desain yaitu model pengembangan kontrastif, proses, klimaks, dan analogi.

Berdasarkan hasil temuan dan simpulan, dikemukakan empat saran. Pertama, bagi pengajar Bahasa Indonesia Keilmuan hasil temuan ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi pembelajaran. Kedua, bagi dosen pembimbing disarankan lebih memerhatikan penggunaan paragraf yang meliputi, unsur-unsur, kepaduan, dan pengembangan paragraf. Ketiga, bagi peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian pada aspek lain, misalnya hubungan antarparagraf, jenis-jenis paragraf, dan sebagainya. Keempat, bagi mahasiswa Jurusan Seni dan Desain disarankan untuk menggunakan temuan penelitian ini sebagai rujukan dalam mengerjakan skripsi yang lebih baik. Hal yang bisa dilakukan, misalnya latihan menulis paragraf yang baik, memperbaiki paragraf yang kurang padu, dan mengembangkan paragraf dengan variatif.