SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Strategi Think-Talk-Write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Malang

Wulandari Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari. 2015. Pengaruh Penggunaan Strategi Think-Talk-Write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd., (II) Dr. Gatut Susanto, M.M., M.Pd.

Kata Kunci: strategi TTW, kemampuan menulis, teks eksposisi

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya pengaruh penggunaan strategi TTW terhadap kemampuan menulis teks eksposisi dari aspek isi, (2) mengetahui adanya pengaruh penggunaan strategi TTW terhadap kemampuan menulis teks eksposisi dari aspek struktur teks, dan (3) mengetahui adanya pengaruh penggunaan strategi TTW terhadap kemampuan menulis teks eksposisi dari aspek bahasa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Malang, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sebagai kelompok kontrol dan kelas VII-2 sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi TTW, sedangkan kelompok kontrol menggunakan strategi konvensional (ceramah). Instrumen yang digunakan berupa tes menulis berbentuk esai beserta rubrik penilaian hasil menulis.

Hasil dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh penggunaan strategi TTW terhadap kemampuan menulis teks eksposisi dari aspek isi. Hal ini berdasar pada hasil analisis statistik uji beda postes menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 (Sig. 2-tailed