SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Teks dalam Buku Pelajaran SD

Chalifatus Sahliyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sahliyah, Chalifatus. 2015. Ragam Teks dalam Buku Pelajaran SD. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyono, M.Pd, (II) Dr. Roekhan, M.Pd.

Kata Kunci: ragam teks, buku pelajaran SD

Buku pelajaran adalah sarana belajar yang digunakan di sekolah untuk menunjang suatu proses pembelajaran. Dalam buku pelajaran disajikan berbagai macam teks. Tidak dapat dihindari bahwa siswa harus menghadapi teks dalam semua buku pelajaran yang dipelajari. Ragam teks yang dihadapi siswa tidak hanya ragam teks berdasarkan isi, tetapi juga ragam teks berdasarkan tujuan dan genre. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan ragam teks dalam buku pelajaran SD berdasarkan isi, (2) mendeskripsikan ragam teks dalam buku pelajaran SD berdasarkan tujuan, dan (3) mendeskripsikan ragam teks dalam buku pelajaran SD berdasarkan genre.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu instrumen pengumpulan dan analisis data. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa tabel pengumpul data, sedangkan instrumen analisis data berupa tabel panduan analisis data dan tabel analisis data. Data pada penelitian ini adalah teks pada buku pelajaran SD kelas I sampai kelas VI. Sumber data pada penelitian ini yaitu buku pelajaran SD kelas I sampai kelas VI. Buku pelajaran yang digunakan siswa kelas I, II, IV, dan V yaitu buku pelajaran terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kurikulum 2013, sedangkan buku pelajaran yang digunakan siswa kelas III dan VI yaitu buku pelajaran terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional kurikulum 2006.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, ditemukan lima belas ragam teks berdasarkan isi dalam buku pelajaran SD, yaitu teks olahraga, teks sosial, teks ekonomi, teks budaya, teks kesehatan, teks militer, teks politik, teks agama, teks lingkungan, teks moral, teks kerajinan, teks sains, teks pahlawan, teks pertanian, dan teks pendidikan.Kedua, ditemukan lima ragam teks dalam buku pelajaran SD berdasarkan tujuan, yaitu teks narasi, teks deskripsi, teks argumentasi, teks eksposisi, dan teks persuasi. Ketiga, ditemukan tujuh belas ragam teks berdasarkan genre dalam buku pelajaran SD, yaitu teks cerita (teks fabel, teks cerpen, teks legenda, teks cerita sejarah), teks prosedur, teks puisi (teks lirik lagu, teks syair, teks pantun), teks kitab, teks buku harian, teks berita, teks eksplanasi, teks cerita ulang, teks biografi, teks feature, teks tabel, teks laporan informasi, teks diskusi, teks surat permintaan, teks pidato, teks drama, teks resensi buku.

Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat dikemukakan tiga saran. Saran yang pertama ditujukan untuk guru. Guru sebagai pendidik tidak hanya menyuruh siswa untuk membaca berbagai macam teks tetapi juga disarankan untuk menjelaskan beragam teks dalam buku pelajaran yang dipelajari. Guru juga dapat memanfaatkan berbagai jenis teks dalam buku pelajaran untuk dijadikan contoh dalam pembelajaran. Saran yang kedua ditujukan untuk penyusun buku pelajaran. Penyusun buku pelajaran berperan penting dalam memilih teks dalam buku pelajaran. Oleh karena itu, berdasarkan temuan tentang ragam teks berdasarkan isi, tujuan, dan genre disarankan untuk lebih memperkaya teks pada penyusunan buku pelajaran selanjutnya. Saran yang ketiga ditujukan untuk peneliti selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti tingkat kesulitan yang dihadapi siswa terhadap keragaman teks yang dipelajari.