SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Karangan Narasi Siswa Kelas I SMP Negeri 1 Klakah kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2005/2006

Lukita Purnamasari

Abstrak


Narasi merupakan jenis paparan yang digunakan untuk menceritakan tentang peristiwa-peristiwa yang berkembang melalui waktu. Kekhasan narasi terdapat pada alur (urutan waktu), tema, tokoh dan penokohan, dan setting. Karangan narasi adalah hasil pengungkapan ide/pikiran melalui bahasa tulis yang menceritakan peristiwa-peristiwa yang berkembang melalui waktu. Ide/pikiran yang dimaksud dapat berupa pengalaman, pendapat, pengetahuan, keinginan, perasaan sampai gejolak kalbu seseorang. Penelitian ini berusaha mengetahui hasil karangan narasi yang dibuat siswa kelas I SMP Negeri 1 Klakah Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2005/2006.

            Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh deskripsi tentang urutan peristiwa  pada karangan narasi yang dibuat oleh siswa kelas I SMP Negeri 1 Klakah, (2) memperoleh deskripsi tentang tema pada karangan narasi yang dibuat oleh siswa kelas I SMP Negeri 1 Klakah, (3) memperoleh deskripsi tentang pelaku pada karangan narasi yang dibuat oleh siswa kelas I SMP Negeri 1 Klakah, (4) memperoleh deskripsi tentang tempat (latar) pada karangan narasi yang dibuat oleh siswa kelas I SMP Negeri 1 Klakah.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data berupa karangan narasi siswa kelas I SMP Negeri 1 Klakah kabupaten Lumajang. Data berwujud karangan narasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penugasan kepada siswa. Analisis data dilakukan dengan (1) mengidentifikasi hasil karangan berdasarkan rumusan masalah (aspek narasi yang diteliti), (2) menentukan indikator dari aspek narasi yang diteliti, (3) mengklasifikasi aspek narasi berdasarkan indikator, (4) menafsirkan aspek narasi berdasarkan indikator, dan (5) menyimpulkan aspek narasi.

            Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) dalam menulis karangan narasi siswa kelas I SMP Negeri 1 Klakah Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2005/2006 menggunakan alur maju. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya penahapan peristiwa yang urut mulai dari tahap awal, tahap tengah, dan tahap akhir. Dalam karangan siswa peristiwa-peristiwa tersebut dikembangkan dengan menunjukkan peristiwa sampingan dan peristiwa utama dalam cerita; (2) tema yang diangkat oleh siswa kelas I SMP Negeri 1 Klakah Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2005/2006 dalam karangan narasi yang dibuat mengarah pada perjuangan, sikap waspada, dan pengalaman indah; (3) siswa menggunakan kata ganti “saya” untuk menggambarkan pelaku dalam karangan narasi yang dibuat; dan (4) tempat/latar yang disajikan siswa kelas I SMP Negeri 1 Klakah Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2005/2006 dalam karangan narasi yang dibuat menggunakan tempat yang berhubungan dengan lingkungan sekitar.

Berdasarkan penelitian ini, dapat disarankan kepada siswa untuk meningkatkan mengembangkan kemampuan dalam menulis karangan narasi. Siswa selalu berlatih mengarang agar dapat lebih mengembangkan kreativitasnya dalam menulis karangan narasi. Kepada guru Bahasa Indonesia agar dapat meningkatkan dan mengembangkan prestasi siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Guru diharapkan juga dapat memberikan motivasi kepada siswa agar siswa dapat terus mengasah kemampuan yang telah dimiliki. Guru diharapkan lebih banyak memberikan pengetahuan tentang karangan narasi kepada siswa. Kepada pelaksana penelitian selanjutnya untuk mengadakan penelitian terhadap kegiatan menulis karangan narasi dengan metode penelitian atau rumusan masalah yang berbeda. Hal ini perlu dilakukan agar dapat diketahui bagaimana hasil karangan siswa siswa jika dilihat dari kriteria penilaian yang berbeda dengan penelitian ini.


Teks Penuh: DOC