SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Instrumen Penilaian Pembelajaran Teks Eksplanasi dalam Kurikulum 2013 Siswa Kelas VII SMPN 1 Malang.

Putri Bayu Pungkasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Pungkasari, Putri Bayu. 2014. Instrumen Penilaian Pembelajaran Teks Eksplanasi dalam Kurikulum 2013 Siswa Kelas VII SMPN 1 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Titik Harsiati, M.Pd, (II) Dr. H. Imam Agus Basuki, M.Pd.

 

Kata Kunci: penilaian, teks eksplanasi, penilaian sikap, penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan.

 

Teks eksplanasi adalah suatu teks yang menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa, baik fenomena alam maupun sosial. Sebagai salah satu pembelajaran bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013, teks eksplanasi bukan hanya menilai pengetahuan, tetapi juga keterampilan dan sikap siswa selama pembelajaran. Penilaian pembelajaran teks eksplansi bukan hanya mengukur pengetahuan tentang teks eksplanasi, tetapi juga keterampilan menyusun teks eksplansi dan sikap siswa selama pembelajaran. Dengan demikian, ketika menyusun dan melaksanakan asesmen, guru perlu memperhatikan cakupannya. Selain itu, guru juga perlu memperhatikan instrumen dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran teks eksplanasi. Berdasarkan hal tersebut, asesmen membantu guru untuk menentukan tindak lanjut penilaian dan sebagai laporan hasil belajar siswa.

Penelitian ini difokuskan pada (1) instrumen penilaian ranah sikap pembelajaran teks eksplanasi kelas VII SMP 1 Malang, (2) instrumen penilaian ranah pengetahuan pembelajaran teks eksplanasi kelas VII SMP 1 Malang, dan (3) instrumen penilaian ranah keterampilan pembelajaran teks eksplanasi kelas VII SMP 1 Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang perencanaan dan pelaksanaan penilaian ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sumber data dalam penelitian ini adalah RPP, proses pembelajaran teks eksplanasi, dan guru. Untuk menjaga keabsahan data, peneliti melakukan triangulasi. Kegiatan analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan.

Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama instrumen penilaian ranah sikap dalam perencanaan, guru menggunakan lembar observasi yang disertai skala sikap dan rubrik penilaian. Skala sikap yang direncanakan guru dengan rentang nilai D—A atau BT—MM. Adapaun indikator nilai tersebut adalah menghargai orang lain, jujur, bertanggung jawab, dan santun. Perencanaan penilaian ranah sikap tersebut kurang relevan dengan pelaksanaan di kelas, karena aspek penilaian yang direncanakan berbeda dengan pelaksanaan. Dalam perencanaan aspek yang dinilai religius, jujur, tanggung jawab, dan santun, sedangkan dalam pelaksanaannya yang dinilai aspek jujur, disiplin,tanggung jawab, gotong royong, santun, dan percaya diri. Kedua instrumen penilaian ranah pengetahuan dalam pembelajaran teks eksplanasi meliputi perencanaan dan pelaksanaan penilaian. Perencanaan penilaian ranah pengetahuan dalam RPP guru, guru merencanakan rubrik penilaian yang disertai rubrik. Adapun dalam pelaksanaan penilaian guru menggunakan pekerjaan rumah dan daftar pertanyaan. Pekerjaan rumah dilakukan dengan memberikan tugas berupa menyusun kalimat dengan konjungsi dan, tetapi, sehingga, karena, dan selain itu, sedangkan daftar pertanyaan merupakan pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa yang kemudian ditanyakan oleh siswa. Ketiga instrumen penilaian ranah keterampilan juga dibedakan menjadi perencanaan dan pelaksanaan penilaian. Perencanaan penilaian ranah keterampilan guru merencanakan alat penilaian berupa skala penilaian yang disertai rubrik. dalam pelaksanaannya guru sesuai dengan perencanaan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tertulis guru. Instrumen penilaian yang digunakan berupa skala penilaian yang disertai rubrik dengan rentang nilai 1—4. Instrumen penilaian tersebut digunakan untuk  menilai ranah keterampilan siswa berupa tes praktik berupa menyusun kerangka teks eksplanasi dengan rangsang buku.

Dari serangkaian penilaian pembelajaran teks eksplanasi, guru melakukan penilaian sikap mencakup aspek jujur, disiplin, tanggung jawab, gotong royong, santun, dan percaya diri. Guru menilai ranah sikap siswanya satu per satu, sehingga memudahkan guru untuk menilai sikap siswa. Temuan lain dalam penelitian ini adalah penilaian ranah sikap dalam pembelajaran teks eksplanasi dilakukan di akhir kegiatan pembelajaran selama beberapa pertemuan. Instrumen penilaian yang digunakan adalah skala sikap yang disertai rubrik. Instrumen penilaian ranah pengetahuan, guru menggunakan pekerjaan rumah dan daftar pertanyaan. Instrumen penilaian yang diguanakan untuk menilai ranah keterampilan siswa adalah skala penilaian yang disertai rubrik. Instrumen tersebut untuk menilai tes praktik menyusun kerangka teks eksplanasi yang bersumber dari bacaan di buku siswa.

Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan dapat dipaparkan beberapa saran untuk guru dan peneliti lain. Berikut beberapa saran untuk guru, yaitu (1) guru disarankan untuk merencanakan penilaian dengan sebaik-baiknya, sehingga dalam pelaksanaan penilaian berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dan (2) seharusnya guru melaksanakan aspek penilaian sesuai dengan keterampilan produktif dan reseptif agar penilaian sesuai dengan sasaran.