SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH PUISI UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Vita Zulfiah

Abstrak


ABSTRAK

 

Zulfiah, Vita. 2014. Pengembangan Modul Pelatihan Keterampilan Membaca Indah Puisi untuk Siswa Kelas VII SMP, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Dr. Hj. Yuni Pratiwi, M.Pd., dan Pembimbing II:  Prof. Dr. Maryaeni, M.Pd.

 

Kata kunci: Pengembangan Modul, membaca, puisi.

 

Penelitian pengembangan ini merujuk pada salah satu standar kompetensi pembelajaran sastrakelas VII dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),yaitu memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak.Kemampuan membaca puisi SMP terdapat dalam kompetensi dasar 15.1membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinesik sesuai dengan isi puisi. Kompetensi dasar ini diukur dengan indikator (1) mampu menentukan isi puisi, dan (2) mampu membaca indah puisi.

Berdasarkan hasil observasi prapenelitian,pembelajaran membaca indah puisi sering kali mengalami keterbatasan yang disebabkan oleh kurangnya sumber belajar yang relevan, dan kurangnya minat siswa karena sumber belajar yang digunakan kurang menarik.Oleh karena itu, dibutuhkan sumber belajar yang relevan untuk membuat siswa belajar secara aktif dan kreatif.Melalui penelitian pengembangan ini, sumber belajar berupa modul membaca indah puisi dihasilkan.Modul pelatihan keterampilan membaca indah puisi ini disusun untuk siswa kelas VII SMP, dengan harapan setelah menggunakan modul ini siswa dapat memiliki pemahaman dan penjiwaan terhadap isi puisi, terampil membaca indah puisi, serta dapat memetik manfaat dalam kegiatan membaca indah puisi.Tujuan dari penelitian pengembangan Modul Pelatihan Keterampilan Membaca Indah Puisi untuk Siswa Kelas VII SMP yaitu (1) menghasilkan deskripsi modul pelatihan keterampilan membaca indah puisi untuk kelas VII SMP, (2) menghasilkan sistematika penyajian modul pelatihan keterampilan membaca indah puisi untuk siswa kelas VII SMP, (3) menggunaan bahasa yang efektif pada  modul pelatihan keterampilan membaca indah puisi untuk siswa kelas VII SMP, (4) menghasilkan kemenarikan tampilan modul pelatihan keterampilan membaca indah puisi untuk siswa kelas VII SMP.

Penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Prosedur penelitian dilakukan dengan cara (1) persiapan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji ahli dan praktisi, (5) uji lapangan, dan (6) revisi. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data verbal dan nonverbal. Data verbal berupa komentar dan saran secara lisan dan tulisan dari hasil uji coba produk, sedangkan data nonverbal berupa skor penilaian.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan enam instrumen, yaitu lembar observasi untuk siswa, lembar observasi untuk guru, lembar angket uji ahli membaca puisi, lembar angket uji ahli pembelajaran membaca puisi, lembar angket praktisi, dan angket uji siswa.Analisis data hasil uji coba dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari hasil wawancara, angket, observasi, dan catatan lapangan, (2) menghimpun, menyeleksi, dan mengklasifikasi data verbal tulis berdasarkan kriteria penilaian, dan (3) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindakan terhadap produk yang dikembangkan.