SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH DENGAN METODE PENGAMATAN OLEH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANDAAN TAHUN 2013/2014

Nanang Slamet Riadi

Abstrak


ABSTRAK

Riadi, Nanang Slamet. 2014. Kemampuan Menulis Karya Ilmiah dengan Metode Pengamatan oleh Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pandaan. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd, (II) Drs. Pidekso Adi, M.Pd.

 

Kata kunci: kemampuan menulis, karya ilmiah, metode pengamatan.

Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA mencakup berbagai materi yaitu keterampilan berbahasa dan keterampilan bersastra. Pembelajaran bahasa Indonesia meliputi empat aspek, yaitu keterampilan membaca, keterampilan menulis, keterampilan menyimak, dan keterampilan berbicara. Keempat aspek tersebut erat kaitannya satu sama lain dan merupakan satu kesatuan untuk mencapai keterampilan berbahasa. Salah satu keterampilan yang memiliki peranan penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah keterampilan menulis. Menulis adalah proses mengungkapkan atau menuangkan atau memaparkan dan menyampaikan gagasan melalui bahasa tulis berdasarkan tatanan tertentu sesuai dengan kaidah bahasa yang digunakan penulis kepada pembaca untuk dipahami. Melalui tulisan, pesan penulis tersampaikan kepada pembaca. Semua tujuan tersebut dapat dicapai oleh penulis dengan menyusun ide, pikiran, gagasan, dan perasaannya, kemudian mengutarakannya dengan jelas.

Salah satu kegiatan menulis siswa adalah menulis karya ilmiah. Karya ilmiah adalah bentuk komunikasi tulisan mengenai hal tertentu yang menggunakan kaidah-kaidah penulisan yang sistematis sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Tulisan tersebut dipaparkan sesuai kaidah-kaidah yang baku dan menggunakan metode tertentu. Menulis karya ilmiah adalah kegiatan untuk menyampaikan gagasan-gagasan, ekspresi, dan pesan kepada orang lain (pembaca) mengenai masalah-masalah tertentu yang ditinjau dari segi keilmuan (ilmiah) dan disusun berdasarkan hasil pengamatan atau penelitian yang telah dilakukan. Pada penelitian ini, pembelajaran menulis karya ilmiah di SMA adalah menulis makalah. Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan siswa menentukan topik karya ilmiah berdasarkan pengamatan, (2) bagaimana kemampuan mengembangkan kerangka karangan karya ilmiah berdasarkan pengamatan, dan (3) bagaimana kemampuan menulis karya ilmiah dengan metode pengamatan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan siswa menentukan topik karya ilmiah berdasarkan pengamatan, (2) mengetahui kemampuan mengembangkan kerangka karangan karya ilmiah berdasarkan pengamatan, dan (3) kemampuan menulis karya ilmiah dengan metode pengamatan.

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pandaan pada bulan Juni 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perintah dan petunjuk menulis karya ilmiah yang meliputi (1) instrument cara menentukan topik karya ilmiah, (2) instrument cara mengembangkan kerangka karangan karya ilmiah, dan (3) instrumen menulis karya ilmiah. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif atau angka-angka. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik penskoran dan pencatatan data. Acuan rentangan skornya yaitu skor 1-4. Untuk skor 1 siswa memperoleh predikat kurang, skor 2 memperoleh predikat cukup, skor 3 memperoleh predikat baik, dan skor 4 memperoleh predikat sangat baik.

Hasil penelitian ini dilihat pada tiga aspek. Pertama, siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pandaan telah mampu pada aspek menentukan topic karya ilmiah. Hal ini dilihat rata-rata siswa memperoleh skor 3 yang termasuk kategori baik. Kedua, siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pandaan telah mampu pada aspek mengembangkan kerangka karangan. Hal ini dilihat sebagian besar siswa mampu menyusun sistematika secara runtut dari bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir disertai daftar rujukan. Skor rata-rata siswa adalah 3 yang termasuk kategori baik. Ketiga, siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pandaan telah mampu pada aspek menulis karya ilmiah. Hal ini dilihat sebagian besar siswa dapat menentukan topic dari hasil pengamatan, mengembangkan kerangka karangan disertai daftar rujukan, dan penggunaan bahasa, ejaan dan tandabaca yang tepat dalam penulisan karyailmiah. Skor rata-rata siswa adalah 3 yang termasuk kategori baik.