SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KESALAHAN PENGEMBANGAN PARAGRAF SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 1 KOTA MALANG

Lutfiana .

Abstrak


ABSTRAK

 

Lutfiana. 2014. Analisis Kesalahan Pengembangan Paragraf Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Suyono, M. Pd, (2) Dr. Imam Agus Basuki, M. Pd.

 

Kata Kunci: analisis kesalahan, pengembangan paragraf, pembelajaran menulis.

 

Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terdapat empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan membaca, keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, dan keterampilan menulis. Menulis memerlukan kreativitas berpikir karena harus merealisasikan gagasan yang dimiliki dalam sebuah paragraf. Selain itu, dalam menulis dituntut untuk berpikir sistematis dan logis sehingga pembaca dapat memahami isi yang diungkapkan oleh penulis, termasuk dalam menulis paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dalam pengembangan paragaraf siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang ditinjau dari syarat kelengkapan, kesatuan, kepaduan, dan ejaan.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan desain yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian kualitatif ini termasuk analisis dokumen karena peneliti menganalisis dokumen dan mendeskripsikan hasil penelitian tersebut.Data penelitian ini berupa kesalahan pengembangan paragraf. Data tersebut diperoleh dari tes menulis dan dianalisis berdasarkan pedoman analisis kesalahan paragraf yang terdiri atas kesalahan pengembangan paragraf ditinjau dari syaratkelengkapan, kesatuan, kepaduan, dan ejaan. Sumber data penelitian ini adalah teks paragraf.

Berdasarkan analisis data, ditemukan empat kesalahan dalam menulis paragraf siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kota Malang yaitu(1) kesalahan pengembangan paragraf ditinjau dari syarat kelengkapan, (2)kesalahan pengembangan paragraf ditinjau dari syarat kesatuan, (3)kesalahan pengembangan paragraf ditinjau dari syarat kepaduan, dan (4)kesalahan pengembangan paragraf ditinjau dari syarat ejaan.Kesalahan dalam pengembangan paragraf ditinjau dari syarat kelengkapan meliputi 1) dalam paragraf terdapat gagasan pokok tetapi tidak terdapat gagasan penjelas dan 2) dalam paragraf tidak terdapat gagasan pokok tetapi terdapat gagasan penjelas.  Kesalahan pengembangan paragraf ditinjau dari syarat kesatuan meliputi(1) tidak terdapat gagasan pokok yang sesuai, 2) terdapat dua atau lebih gagasan pokok dalam paragraf, 3) terdapat satu gagasan penjelas yang menyimpang dari gagasan pokok, dan 4) terdapat dua atau lebih gagasan penjelas yang menyimpang dari gagasan pokok. Kesalahan dalam pengembangan paragraf ditinjau dari syarat kepaduan meliputi (1) kesalahan penggunaan kata gantidan (2) terdapat satu kalimat yang tidak berkaitan.Kesalahan penggunaan ejaan dalam mengembangkan paragraf mencakup(1) kesalahan penggunaan huruf kapital, (2) kesalahan penggunaan kata depan, (3) kesalahan penggunaan tanda titik, dan (4) kesalahan penggunaan tanda koma.

Berdasarkan temuan hasil penelitian ini, dikemukakan saran(1) guru disarankan untuk preventif atau memikirkan strategi/metode pembelajaran yang meminimalkan terjadinya kesalahan tersebut, (2) siswa siswa disarankan untuk belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut agar tidak terjadi kesalahan di kemudian,dan  (3) disarankan peneliti selanjutnya membahas metode atau strategi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.