SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Latar Belakang Biografis Royyan Julian dalam Karya-Karyanya

Vryda Eka Tryasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Tryasari, Vryda Eka. 2014. Latar Belakang Biografis Royyan Julian dalam Karya-Karyanya. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widodo H.S., M.Pd., (II) Dr. Roekhan, M.Pd.

 

Kata kunci: latar belakang biografis, karya-karya Royyan Julian, apresiasi sastra

Karya sastra lahir berkat pengarangnya sendiri dengan mengimajinasikan pengalaman, perasaan, identitas, kepribadian, pemikiran, ide, semangat, dan keyakinan pengarang, sehingga setiap karya sastra hasil ciptaan pengarang akan selalu mencerminkan diri pengarang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan latar belakang biografis Royyan Julian, yang meliputi latar belakang sosiologis dan latar belakang psikologis yang tercermin dalam karya-karyanya.

Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan ekspresif. Data penelitian ini adalah paparan bahasa yang berbentuk monolog, dialog tokoh, dan narasi pengarang dalam karya-karya Royyan Julian yang diduga mencerminkan latar belakang biografis Royyan Julian. Data kedua penelitian ini adalah paparan bahasa dalam transkrip hasil wawancara dengan pengarang dan teman dekat pengarang terkait latar belakang biografis Royyan Julian yang digunakan untuk mengonfirmasi data cerpen yang ditemukan. Sumber data penelitian ini adalah (1) cerpen-cerpen Royyan Julian yang pernah dimuat di media massa antara tahun 2010-2013, (2) transkrip hasil wawancara dengan Royyan Julian, dan (3) transkrip hasil wawancara dengan teman dekat Royyan Julian. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca secara intensif karya-karya Royyan Julian. Instrumen penelitian ini adalah pedoman pengumpulan data, pedoman analisis, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan rancangan ekspresif yang memahami dan menafsirkan aspek kesejarahan dan kehidupan Royyan Julian.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama, latar belakang sosiologis pengarang yang meliputi asal sosial, jenis kelamin, pendidikan, dan keluarga Royyan Julian tercermin dalam karya-karyanya. Tempat kelahiran Royyan Julian di Madura dan suasana pesisir pantai sering menjadi latar tempat dalam karya-karyanya. Pengalaman tentang jenis kelamin Royyan Julian yang memikul fungsi dan kodratnya tercermin dalam karya-karyanya. Pendidikan yang pernah dijalani oleh Royyan Julian baik pendidikan formal, nonformal, maupun informal muncul dalam karya-karyanya dalam bentuk pendidikan para tokohnya. Pengalaman-pengalaman yang pernah dialami Royyan Julian bersama keluarganya digambarkan dalam peristiwa-peristiwa dalam karyanya.

Kedua, latar belakang psikologis Royyan Julian yang meliputi kepercayaan, perasaan, dan sifat Royyan Julian tercermin dalam karya-karyanya. Kepercayaan Royyan Julian tentang agama dan hal-hal gaib tercermin dalam kepercayaan tokohnya. Perasaan-perasaan Royyan Julian dalam dunia nyata tercermin dalam perasaan tokoh-tokohnya. Sifat Royyan Julian juga muncul menjadi sifat tokoh dalam karya-karyanya.

Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber inspirasi mahasiswa Sastra Indonesia dan para pengarang dalam menulis cerpen dengan mempelajari biografi Royyan Julian. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber rujukan guru Bahasa Indonesia dalam menyusun sumber belajar, perangkat pembelajaran, dan media pembelajaran untuk mempermudah pemahaman siswa dalam pelajaran menulis cerpen. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber rujukan bagi peneliti lain dalam meneliti tentang kehidupan pengarang yang tercermin dalam karya sastranya.