SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KARAKTERISTIK BAHASA INDONESIA DALAM TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN AJARAN 2014/2015

HENDRIK SELLY

Abstrak


ABSTRAK

 

Selly, Hendrik. 2014. Karakteristik Bahasa Indonesia Dalam Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Suyono. M,Pd.

 

Kata kunci: bahasa Indonesia, teks berita

 

Pembelajaran merupakan suatu kegiatan atau upaya membantu para siswa mengembangkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan dalam suatu bidang tertentu. Pembelajaranmembutuhkan interaksi antara guru dan siswa sehingga dalam interaksi tersebut guru dapat melakukan kegiatan yang di sebut mengajar, sedangkan siswa melakukan interaksi kegiatan yang disebut belajar.

Secara umum tujuan pembelajaran bahasa Indonesia adalah agar peserta didik  memiliki kemampuanberbahasa. Beberapakemampuanberbahasatersebut, yakni (1) berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku,baik lisan maupun tulisan, (2) menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia di sekolah sebagai bahasa persatuan, (3) memahami bahasa Indonesia dan menggunakan dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan, (4) menggunakan bahasa Indonesia untuk kemampuan intelektual serta kematangan emosi, (5) menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.

Secaraumum tujuan penelitian ini adalah karakteristikbahasa Indonesia dalamteks berita siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan ini dirinci sebagai berikut 1), mendeskripsikan karakteristik pilihan kata dalam teks berita siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang, 2) mendeskripsikan karakteristik pengembangan kalimat siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang, 3) mendeskripsikan karakteristik pengembangan paragraf siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang, 4) mendeskripsikan karakteristik penggunaan ejaan dan tanda baca siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode penelitian deskriptif memusatkan perhatian pada penemuan fakta-fakta (fact Fanding) yang ditemukan pada keadaan sebenarnya. Selain itu, rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan deskriptif kualitatif, dimana hasil penelitian tersebut berupa kata-kata atau pernyataan-pernyataan (yang diperoleh melalui observasi dan tes) data tersebut dianalisis dengan tujuan untuk menemukan makna dibalik berbagai gejala/peristiwa yang tampak. Instrumen penelitian yang digunakan dalam proses penelitian yakni tes tulis berupa tulisan berita siswa.

Berdasarkan penelitian, ditemukan penggunaan pilihan kata dari keseluruhan data yang diteliti, pilihan kata yang sering digunakan siswa dalam menulis berita bervariatif dan dirinci sebagai berikut (1) makna denotatif dan konotatif terdapat 15 kata,  (2) makna umum dan makna khusus terdapat 11 kata, (3) kata abstrak dan kata konkret terdapat 16 kata, (4) penggunaan kata bersinonim terdapat 5 kata, (5) kata ilmiah dan kata popular terdapat 9 kata. Berdasarkan temuan data, diketahui bahwa pilihan kata yang digunakan siswa dalam menulis teks berita paling banyak digunakan adalah kata (denotative dan konotatif) dalam menulis berita. Paparan data penggunaan pilihan kata dalam menulis berita siswa, dapat disimpulkan siswa lebih cenderung menggunakan pilihan kata yang digunakan dalam menulis teks berita. Hasil paparan data menunjukan bentuk kalimat yang digunakan siswa adalah kalimat sederhana. Kalimat yang digunakan pun bervariasi, ditemukan (lima) kalimat tidak lengkap tidak didapati unsur yang melekat, (lima) kalimat lengkap yang disertai unsur (lima) kalimat sederhana, kalimat susun tertib (lima) dan kalimat susun terbalik (empat) kalimat. Kalimat-kalimat ini didapati setelah data hasil kerja siswa berupa teks berita diteliti dan analisis oleh peneliti. Dari temuan data yang diteliti, paragraph dalam teks berita ditemukan bervariatif, terdapat (tiga belas) kutipan kesatuan berita dalam paragraf, (empat belas) kutipan kepaduan berita dalam paragraf, dan (delapan) kutipan berita dalam kelengkapan paragraf. Penggunaan ejaan dalam tulisan berita siswa, dari data yang telah diteliti didapati siswa kurang memahami penggunaan ejaan dan tanda baca dalam menulis berita. Seharusnya siswa lebih paham betul cara penggunaan ajaan dan tanda baca sehingga, dalam penulisan kalimat penempatan ejaan dan tanda baca tepat pada sasarannya.